Nasi Sapo

Sophie Mou

Masakan ini aku sukai karena praktis dan mengenyangkan, dan lagi masaknya cepat, kurang lebih 40 min sudah jadi. Nasi Sapo , makanan yang biasa kita jumpai di China, ada sapo ayam, sapo ikan asin, sapo sea food. Kalau tidak salah, dalam masakan Korea juga ada nasi ala sapo seperti ini, hmmm namanya lupa.

Karena ini Nasiku jadi isinya suka2 aku. Boleh diganti isinya dengan kesukaan sobat Baltyra, yuk kita mulai masak. Kali ini bahan masaknya tidak ditulis, tapi langsung melalui poto ya, takaran bahannya kira2 semua. 

Sediakan Bokcoy, kira2 seperti ini lalu rebus bokcoy dan iris kecil kecil, sisihkan. Jika sobat Baltyra tidak suka bokcoy boleh ganti dengan sayur lain.

Sediakan beras, cuci bersih lalu tiriskan. Banyaknya beras seperti ini

Isinya bacon, jika tidak suka bacon bisa diganti dengan ayam, udang atau ikan asin.

Panaskan wajan, masukkan bawang putih yang sudah dicingcang, dan setelah itu masukan bacon tumis sampai harum.

Setelah bacon berubah warna menjadi kecoklatan, masukkan nasi dan sayur bokcoy yang sudah diseduh dan diiris kecil. Oh ya aku tambahkan jamur Shiitake atau jamur Hioko yang dicincang kecil. Boleh jamur apa saja, jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing.

Aduk sebentar, masukkan lada, kecap ikan, dan sedikit  maggie blok, aduk lagi biarkan bumbu meresap lalu tuang air, airnya kira2 sampai berasnya terendam.

Biarkan mendidih sampai agak kering. Panaskan sapo yang akan digunakan, lalu tuang nasi kedalam sapo

Masak  nasi sampai matang, dan inilah Nasi Sapo

Dimakan selagi masih hangat, rasanya hmmmm…yummy. Mudahkah masaknya, anak kost juga bisa masak dengan modal wajan dan sapo, jangan lupa beli bahan buat masakan.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.