Visit Indonesia EVERY YEAR

Postcard of Indonesia

[email protected] – Singapore

Ini sih hanya sekedar ide (pemikiran) gila dari si penulis yang tiba-tiba gilanya kumat, dan juga lagi geblek dan tiba-tiba pengen iseng-iseng bikin postcard dengan cara mengambil dari foto-foto travel kemaren. jadi kalo ada kesalahan, kekurangan dalam artikel ini mohon dimaafkan… ataupun pengulangan. (jam 1:39 pagi waktu Singapura boo nulisnya)

note : Selalu bertemu dengan tulisan VISIT Indonesia 2008 trus VISIT Indonesia 2009, paling taun ini VISIT Indonesia 2010… kenapa gak sekalian ditulis seperti di atas… VISIT Indonesia EVERY YEAR… simple, jelas dan gak usah ganti ganti lagi tulisannya… apalagi kalo ditempel di pesawat Garuda Indonesia…. hemat booo….
Hi sobat Baltrya, apa kabar semua. Diharapkan baik baik saja ya baik yang di ujung barat ataupun timur, utara atau selatan.
Sebenernya lagi gak tau mau nulis apaan, cuma pengen nongolin foto-foto postcard aja sih di sini dan sedikit history kenapa tiba-tiba kepikiran bikin ini.
Selama perjalanan kemarin ini, dari Jogjakarta, Bromo, Semarang dan Cirebon saya mencoba berusaha untuk melihat apa yang bisa dilihat dan di abadikan di kamera. Mencoba jepret sana, jepret sini, jalan ke sana dan kemari, dan melihat Indonesia ini sebetulnya sangat luar biasa indah, ramah dan nyaman.
Diriku ini jadi berpikir Apa sih kekurangan dari Indonesia (selain pemerintahan yang geblek dan korupsi yang seabreg-abreg).
Apa betul slogan Malaysia is Truly Asia, jadi kita itu bukan ASIA? Kenapa sih promosi pariwisata di mancanegara sangat luar biasa, menonjolkan tempat-tempat pariwisata yang indah (padahal pas kita berkunjung kesitu ya biasa-biasa aja)… Indonesia itu lebih bagus.
Coba liat hasil foto-foto dari artikel Tanah Toraja, luar biasa bukan… coba bandingkan dengan foto-foto pariwisata kalian di Singapura atau Malaysia…. mana ada sebagus dan seasri Toraja. Jadi kepikiran apakah promosi pariwisata kita sudah benar, adakah yang mempromosikannya? itu salah satu pertanyaan sih. pertanyaan lainnya, adakah yang peduli akan hal ini, kalaupun ada pasti hanya segelintir orang… interopeksi lebih lanjut mengatakan, apakah saya peduli?
Dipikirin… mikir lagi… terus mikir… kalo mikir terus pasti gak ada habisnya, mendingan kita melakukan sesuatu untuk Indonesia saja deh… promosiin Indonesia dikit lah, apalagi kita-kita ini yang berada di luar negeri selalu behubungan dengan orang-orang luar, promosi… promosi… sangat penting (kaya jual asuransi sih).
NAAAAH… kepikiran promosi, bagaimana caranya ya, apakah perlu minta bantuan dari Pemerintah? Mimpi di siang bolong…. Apa kita perlu keluar dana besar? Ngapain juga ya emang duit dapet metik dari taman rumah….. gimana cara yang tepat? Ngomong dari mulut ke mulut? Apa itu efektif? Tidak… mana orang percaya, apalagi pemberitaan terhadap Indonesia begitu parah (bom, racist, dsb)…. yaaah, terpikirlah ini. apalagi kalo bukan dari photo… tapi masa kita kirim photo gitu aja, kaya orang salah kirim photo aja…. dipikir diolah diputar dikit lah, jadilah sebuah ide bikin postcard.
Kenapa postcard, apakah anda pernah mengirim postcard dari tempat dimana anda berwisata ke rumah ataupun ke teman anda? Atau membeli postcard di tempat wisata dan dibawa pulang buat oleh-oleh ataupun dijadikan kenang2an dan disimpan dialbum? Rasanya pernah ya, semua pernah (saya jg pernah).
Kalo di Indonesia, sebetulnya banyak juga tempat yang bisa kita jadikan postcard…  Contoh kalo di Singapura postcard dijual di mana-mana dengan gambar Merlionnya, atau Esplanade, atau Sentosa Island.
Indonesia? Wuiiih lebih rame… lebih banyak…. jaminan mutu deh tempat-tempatnya dan momentnya, tapi kok kemarin ke tempat wisata di Borobudur, Prambanan, Bromo saya tidak melihat adanya postcard, jujur sih kalo menurutku Borobudur dan Prambanan pasti ada, cuma gak ketemu aja kemaren (atau tidak mau mencari). Yah begitulah.
Apa sih syarat bikin postcard? Kayanya nggak ada, asal itu photo bagus, hasil karya sendiri dan mau dipasarkan kenapa tidak…
Yup, di bawah ini adalah hasil karya sendiri, yang sudah dikirim ke beberapa temanku yang di luar negeri… print sendiri di rumah dengan kualitas kertas photo (agak tebal)… gratis :D… Kalaupun kurang berkenan dan jelek… mohon dimaafkan… dan kata-katanya yang kurang menjual banget (asal tulis).
Selamat menikmati hasil karya sendiri…. mari promosikan Indonesia.
Catatan : ada 2 photo yang bukan hasil jepretan saya. satu dari ayahanda tercinta dan satu lagi dari istri… (ini kasus ini, pas keluar dari kamar tiba-tiba kamera menghilang dari tas di Bromo, panik… cari punya cari gak ketemu…. tiba-tiba si doi balik nenteng kamera aye, jalan2 sendiri, nyolong kamera dan gak bilang2… ) ya… selamat menikmati.
Ohhh… saran dan kritikan sangat diterima…. kalo artikel ini mau dihancurin dengan komentar-komentar sableng juga silahkan….
CHERIO

90 Comments to "Visit Indonesia EVERY YEAR"

  1. [email protected]  30 June, 2012 at 13:32

    mas Joko
    photo no 1 & 4 itu diambil dari daerah perbukitan… apa namanya gak inget, kalo tinggal didaerah borobudur situ, bilang sama orang lokal mau ambil borobudur pagi hari, bukan dari dalam tapi dari daerah bukit. mereka semua tau kok, nanti diantar… kira2 20-30 menit naik mobil (kalo bonceng motor mereka lebih cepet)

    Kalo tidak berkabut seperti ini, bisa terlihat gunung merapi jg, jadi borobudur berada diantara 2 gunung dan persis didepan matahari terbit….

  2. joko suloyo  29 June, 2012 at 18:23

    mas tolong donk itu foto yang ke 1 dan ke 4 candi borobudur diambil dari mana..? tempatnya?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.