56 Etnis Suku di China: Entertainment World

Josh Chen – Global Citizen
 
Beberapa minggu sudah serial ini berlangsung, sedikit variasi masih dalam koridor etnis minoritas di China. Ternyata peran mereka dalam dunia hiburan lokal China dan sekitarnya (Hong Kong, Taiwan dan bahkan Indonesia) cukup banyak.
 
Yang pasti, jika diamati, wajah-wajah para entertainer ini, tidaklah tipikal wajah khas oriental, beberapa ada yang kebule-bulean dan yang jelas sungguh enak dipandang mata.
 
Salah satu hal yang paling membuat frustrasi industri dunia hiburan di era New China adalah "they are not Chinese enough”, kurang klasik khas Chinese. Yang dimaksud berwajah klasik Chinese adalah para bintang seperti Gong Li, Zhang Ziyi, Jet Li, dsb. Para pemain film dan penyanyi di era New China ini lebih bervariasi dan penampilannya mendobrak kaidah-kaidah “chinese-ness” yang umumnya berlaku di era sebelumnya.
 
Does she look Chinese enough to you?
 
Terlebih lagi dengan kebijakan one-child-policy pemerintah China, khususnya berlaku untuk etnis mayoritas, yaitu Etnis Han, dan preference utama anak laki-laki, menyebabkan laju pertumbuhan etnis minoritas di China 7x lipat dari laju pertumbuhan Etnis Han, di mana kelompok etnis minoritas, terutama di pedalaman masih memiliki lebih dari satu anak dan laki-laki ataupun perempuan mereka tidak keberatan.
 
Chen Haiwen, fotografer yang belakangan hasil jepretannya menghiasi Serial 56 Etnis Suku di China, melakukan perjalanan keliling China selama setahun penuh, untuk mengabadikan seluruh kehidupan 56 Etnis Suku ini. Dengan sasaran utama penggambaran keluarga masing-masing etnis, Chen menghasilkan ribuan foto indah dari seluruh penjuru China. Dari perjalanan keliling itu, Chen melihat perkembangan kiprah etnis minoritas yang luar biasa dalam dunia hiburan China.
 
Beberapa yang bisa disebutkan adalah:
 
Dari Etnis Yi: He Jie
 
Dari Etnis Manchu: Tong Dawei. Mungkin banyak pembaca yang sudah pernah kenal wajahnya dalam film Red Cliff, di situ dia bersahabat akrab dengan adik sang raja yang diperankan oleh Vicky Zhao Wei, menyusup ke dalam kamp prajurit Chao-chao.
 
Masih ada lagi aktor Hu Jun; yang suka nonton serial silat, mungkin juga kenal dengan dia. Pemeran Kiau Hong (Qiao Feng) dalam Demi God and Semi Devils (Tian Long Ba Bu 2002), Red Cliff, dan Internal Affairs II.
 
Etnis Miao (Hmong): Song Zuying, salah satu penyanyi folk song papan atas di China
 
Kelompok Shan Ren Yue Dui dari Yunnan terdiri dari etnis yang berbeda Va dan Buyi
 
Etnis Uyghur: Dragon Angel Baha Guli
 
Etnis Tujia: foto model A-duo, For Him Magazine
 
Etnis Tibet: foto model dan bintang Zhaxi Dunzhu
 
Etnis Korea: penyanyi Jin Haixin
 
Etnis campuran: Tan Lina (campuran Chinese dan India)
 
Luo Jing (Afro Asian, yang sering disebut etnis Blasian)
 
Etnis Mongol: Pu Bajia pemenang Hao Nan Er Contest (Good Boys Contest)
 
 
Referensi dan foto:

About J C

I’m just another ordinary writer. Seorang penulis lepas dengan ketertarikan bidang: budaya, diversity, fotografi, ekonomi dan politik.

Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *