Brazil, Carnaval 2010

Dewi Aichi – Brazil

Hello sahabat Baltyra di seluruh dunia!

Saya hadir kembali untuk menyapa kalian semua dengan berita yang rada sensasional he he…, semoga saja lulus sensor.

Carnaval 2010 di Brasil baru saja usai, setelah diadakan selama 4 malam berturut-turut yaitu Jum'at-Sabtu tanggal 12-13 Februari untuk Sao Paulo dan Minggu-Senin tanggal 14-15 Februari untuk Rio de Janeiro. Kemudian tanggal 16- nya adalah hari untuk menentukan pemenangnya yang disiarkan secara langsung pula.

Saya hanya mengikuti carnaval yang disiarkan secara langsung di TV Globo, ditayangkan mulai hampir tengah malam, dan selesai pagi hari sekitar jam 7 atau 8 pagi. Sebenarnya pengen menyaksikan secara langsung, karena tempatnya dekat, hanya kira-kira 20 menit dari tempat tinggalku. Tapi karena mikir dua kali untuk ikut berjubel-jubel dengan lautan manusia dengan suhu sekitar 35 C, maka lebih baik menonton lewat tayangan televisi, lebih nyaman, lebih kelihatan jelas, dan bisa santai sambil selonjoran di sofa.

Seperti pada umumnya, di sela-sela persiapan para peserta carnaval, pastinya para selebritis yang akan tampil selalu di'interview oleh para wartawan. Karena biasanya, setiap selebriti yang tampil, akan dijadikan super star yang tampil kadang tanpa selembar pakaian, jadi tubuh mereka hanya ditutup dengan make up yang sangat kuat. make up ini biasanya disebut "pintura na cara", atau cat special untuk tubuh. Televisi juga menayangkan bagaimana para juru rias mengecat tubuh para selebritis.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya, dengan tubuh bertelanjang bulat, dirias di bagian-bagian intim mereka, dengan sorotan ratusan camera dan cahaya. Dan mereka dengan lincah akan menari samba di arena carnaval. Bisa di lihat di sini: http://www.carnaval2010.net/ .

Di Sao Paulo diikuti oleh 14 sekolah yaitu : Rosas de Ouro, Mocidade, Vai Vai, Mancha Verde, Gavioes, Vila Maria, Imperio,Tucuruvi, X-9, Perola Negra, Aguia, Tom Maior, Imperador, Leandro. Kali ini dimenangkan oleh sekolah samba Rosas de Ouro. Kemenangan oleh Rosas karena point yang tertinggi dengan mengambil tema Cacao dan Chocolate. Selama 16 tahun tidak pernah memenangkan kompetisi, dan baru kali inilah Rosas berhasil meraih juara satu.

Di Rio de Janeiro diikuti sebanyak 12 sekolah samba yaitu: Mangueira, Tijuca, Beija flor, Mocidade, Imperatriz, Viradoura, Salguero, Portela, Grande rio, Vila Isabel, P da Pedra, U da Ilha. Dan sambil menyelesaikan tulisan ini, sedang berlangsung siaran langsung dari Rio de Janeiro dalam penentuan pemenang. Dengan menunggu beberapa saat, akhirnya sekolah samba Tijuca memenangkannya!

Carnaval do Brasil bener-bener meriah, meski setiap tahun diadakan carnaval, tetapi masyarakat Brasil semakin antusias memeriahkan carnaval. Di Rio de Janeiro juga dimeriahkan oleh kehadiran Madonna dan pacarnya yaitu Jesus Luz, seorang DJ di Brasil, yang usianya pantas sebagai cucunya Madonna. Dan juga pemain bola Ronaldo, yang keseringan turun dari kereta konvoi karena kebelet pipis.

Jesus Luz

Di Sao Paulo, dihadiri oleh Cafu dengan official kostum Brasilnya.

Setiap carnaval, di Brasil libur nasional selama 1 minggu. Karena itulah masyarakat kebanyakan menyempatkan diri ke luar kota atau ke pantai. Dengan panas yang menyengat , aku sendiri memilih untuk di rumah. Sebenarnya ingin sekali liburan ke luar kota, tapi membayangkan macetnya lalu lintas, maka kami sekeluarga berencana untuk liburan setelah carnaval, dengan pertimbangan semuanya lebih murah, termasuk hotel.

Kembali ke carnaval, disebutkan bahwa untuk satu kostum sederhana yang dipakai rata-rata bernilai R$ 3,000 atau sekitar 15 juta rupiah, itu yang paling sederhana. Dalam  satu sekolah samba bisa diikuti sekitar 700 hingga 1000 peserta. Besar sekali dana untuk ajang carnaval ini.

Hanya untuk kostum saja, belum mobil-mobil hias berukuran gigante(raksasa). Dan setiap sekolah pasti akan membayar artis untuk tampil.

http://diversao.terra.com.br/carnaval/2010/fotos/0,,OI116754-EI14621,00.html

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda buka link , dan semua foto yang saya sertakan adalah saya ambil dari msn.com.br. maupun beberapa link carnaval.

Tambahan pictures by Martha A


About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *