Carnaval di Mainz

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

Hallo Saudara Saudari di Baltyra…

Dj. harap anda semua ada dalam keadaan sehat dan bahkan selalu di bawah naungan Kasiih dan Berkat TUHAN. Perkenankan Dj. saat ini untuk sedikit menceritakan apa yang telah terjadi hari ini di Mainz…..

HELLLAAAAAUUUUU…..!!!!  HELLLLAAAAUUUU….!!!!!  HELLLAAAAUUUU…..!!!!

Itu teriakan setiap Meenzer ( orang Mainz ) hari ini….apa maksudnya…??? Benar…hari ini di kota Mainz, Köln, Düsseldorf dan banyak lagi yang merayakan "Carnaval"….

Di Düsseldorf dan Köln… mereka teriak…Köller…!!!  Allaf…!!! Tapi di Mainz, Mainzer ( Meenzer ) teriak  HELLLAAAUUU….!!! 3X terus apa artinya…???

Nah untuk hal ini Dj. sendiri tidak begitu jelas, tapi pernah mendapat keterangan yang kurang akurat, "katanya" dari asal kata " Haleluya !!! "

Karena Carnaval ini memang ada hubungannya dengan Relegius dan mereka menamakan Fastnacht… Nah Fasnach iti, puncaknya adalah hari Senin ini ( yang mana mereka sebut " ROSEN  MONTAG " )

Fasnacht yang dimaksud adalah hari-hari sebelum , menjalani puasa…lho orang Kristen juga ada waktu berpuasa ya…??? Benar…terlebih yang menganut aliran Kristen Katholik, mereka juga ada wajib puasa. Untuk orang Kristen Protestan puasanya tidak ditentukan dengan waktu ( setau Dj. , maaf kalau salah ).

Nah….sebelum menjalani puasa ini, rakyat di Mainz, Düsseldorf, Köln dan yang lainnya, mereka akan berpestapora…Sampai hari Selasa, apa saja boleh mereka lakukan ( katanya ) dan hari Rabu (Rabu Abu ), maka semua akan dibakar dan mulailah mereka berpuasa…. Dj. yakin yang memeluk Kristen Katholik, jauh lebih tau….

Maaf…bukan hal puasa yang ingin Dj. tulis di sini, tapi mengenai Carnavalnya yang sungguh sangat meriah….Kota Mainz semua jalan ditutup, tidak ada mobil, taxi atau bis yang jalan lewat tengah kota Mainz…..

Nah Carnaval ini sangat puanjang, ( 7 Km panjangnya dan 148 kendaraan 25 Drumband yang ikut ) dari yang mulai melewati "Start" sampai yang terachir, sekitar 3 jam lebih, karena jalannya sangat pelan….

Nah ini beberapa foto yang Dj. ambil dan sajikan buat anda semua…. Semoga berkenan….Maaf… Dj.- tidak sanggup menunggu sampai semua nya lewat….kami hanya sanggup 2 jam berdiri di tempat yang sangat dingin..Itupun tangan dan jari, rasanya sudah beku….hahahahaha….

Puji TUHAN….!!!

Sampai rumah Susi, langsung bikin pisang goreng dan susu coklat yang panas….hhhmmm…. walau tanpa alkohol…badan bisa mulai hangat juga…..

Tahun ini mereka tidak begitu beruntung, karena hari inipun masih turun salju….

Jujur…Dj. memang sedikit malas keluar, karena suhu masih menunjukan -2°C….Tapi demi janji sama diri sendiri, akan ambil foto buat Baltyra, maka Susi mau menemani Dj. jalan kaki ke kota. Nah ya….Saljupun tidak menjadi halangan, kami dangan bergandengan tangan jalan kaki melewati salju yang cukup dingin.

Sesampainya di kota….Dj. sangat bersyukur, karena ternyata salju dikota sudah dibersihkan….Tapi sesampainya di Stasiun KA… Dj. sudah melihat orang yang keracunan alkohol dan ditolong oleh palang merah…

Nah namanya manusia, tidak pernah mau belajar dari kesalahanya, masih juga berbuat kesalahan yang sama…Tapi hal ini hanya beberapa orang saja, yang lain banyak yang bersukaria…

Oya…Carnaval di Mainz, mungkin juga sedikit berbeda dengan Carnaval di Rio, yang sangat mewah, karena udaranya juga sangat menunjang…

Carnaval di Mainz, bukan saja yang berjalan atau yang ada diatas kendaraan yang berpakaian yang aneh-aneh…Penontonnyapun mau berpakaian apa juga tidak jadi masalah…..Merka, biasanya sudah menyiapkan jauh sebelumnya dan toko-tokopun mulai jam 11:11 tanggal 11 bulan 11banyak menjual pakaian untuk Carnaval……

Mereka hanya ingin bergembira, tidak ada aturan tertentu…. Jadi…dengan kata lain, semua orang bebas…Mau berpakaian apa saja, mau berbuat apa saja, asal bergembira dan tidak mengganggu orang lain….Mereka banyak minum alkohol, bernyanyi-nyanyi…ya...bahkan menari-nari di jalanan…..Semua Happy!!

Hari ini di Mainz, tidak ada orang yang sedih….. Bahkan yang di Rumah Sakit, baik dokter, maupun perawat juga berpakaian yang aneh-aneh….Anehnya tidak ada yang bertengkar atau marah-marah…..solah, mereka semua bersaudara….. Walu dengan yang tidakmereka kenal…mereka menyapa dengan kala… HELLLAAAAUUUU….!!!! dan melambaikan tangan…


 

Kota penuh sesak dengan yang namanya manusia….Mereka datang dari berbagai kota, hanya karena ingin bersukaria bersama orang Mainz…

Bisa dilihat foto di atas, walau suhu -2°C, ada orang yang tanpa baju ( sebelah kiri ) Jelas, saat carnaval akan lewat, Dj. segera beraksi…. ( foto diambil oleh Susi dengan pocket camera )

Nah ini dia orang-orang yang kuat / tahan dingin….!!!

Foto yang di bawah ini adalah foto penonton yang Dj. anggap sangat bagus, atau sangat kreativ…

Tapi yang inipun tidak mau ketinggalan…

Anak-anak yang menontonpun tidak mau kalah, mereka juga berpakaian yang lucu-lucu. Mereka biasanya membawa tas kresek, untuk mengumpulkan permen yang di lemparkan oleh mereka yang ada di atas kendaraan….Tidak hanya permen saja, tapi juga ada bola, ada mainan, ada coklat dan banyak lagi macamnya….

Maaf kepada Moderator BalTyRa….kalau foto yang Dj. kirimkan sudah terlalu buanyak….Entah berapa ratus gambar yang Dj. ambil…jelas tidak mungkin semua Dj. kirimkan…Semoga anda semua tidak bosan dengan foto-foto di atas…..

Maafkan Dj. bila ada kata-kata yang tidak berkenan…..

Terimakasih Dj. kepada pangasug BalTyRa….bila fotonya terlalu buanyak, silahkan dikurangi ya…Terimakasih Dj. juga kepada anda semua yang telah dengan sabar mau membaca dan melihat Carnaval di Mainz.

Kiranya TUHAN Yang Maha Pengasih, akan mengalirka BerkatNya buat anda semua….!!!

Salam manis dari Mainz….

Dj. 813

 

 

 

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *