Kantin Sehat

Cinde Laras

Yes ! Pemerintah sudah menyiapkan dana 10 M untuk membantu penataan kantin sehat. Kabar baik ? Tentu saja . Tapi tunggu dulu, kabarnya belum selesai saya tulis, sesuai yang dimuat di koran hari ini, ternyata dana itu ditujukan untuk sekolah dasar dan sekolah menengah yang jumlahnya 300 buah di 33 propinsi. Jadi kalau dibagi, akan ada 30 juta rupiah untuk masing-masing dari 300 sekolah yang terpilih.

Hmmm…. OK sekali kalau cara pembagiannya didasarkan pada sekolah mana saja yang secara kualitas lebih membutuhkan kantin sehat dari pada sekolah lainnya. Artinya, yang dibantu ya sekolah yang masih minim fasilitas dong. Jangan sekolah yang sudah bagus fasilitasnya. Membantu penataan hanya untuk yang memerlukan, bukan membantu penataan untuk yang sudah mapan. Dan tentu saja tak ada salahnya bila penataan itu tidak hanya menyentuh sekolah negeri saja, tapi juga sekolah swasta yang ada di seluruh penjuru ibu pertiwi ini. Murid-murid yang ada di sekolah swasta juga anak-anak bangsa yang perlu diperhatikan.

10 M untuk 300 sekolah di 33 propinsi. Kalau disebut 10 M-nya saja, rasanya anggaran itu besar sekali. Tapi mengerucut kala keterangan jumlah sekolah yang akan menerima bantuannya menjadi hanya 300 sekolah saja. Alangkah jauhnya bila dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada di seantero bumi nusantara. Bagai menebang pohon dengan sebuah pisau, pastinya perlu lebih dari 10 M untuk menjadikan semua sekolah di negeri ini agar bisa memiliki kantin sehat untuk masing-masing sekolah. Angka 10 M itu terlalu kecil untuk semua kebutuhan yang diperlukan.

Yang dilakukan pemerintah ini tentu saja bisa diartikan sebagai pancingan agar sekolah-sekolah lain yang tidak tersentuh dana bantuan penataan kantin sehat bisa meniru konsep pembangunan kantin sehat dari sekolah yang beruntung mendapatkannya. Artinya, kalau mau punya kantin sehat, ya usaha sendiri dong, biar mutunya gak kalah dengan sekolah yang dapat kucuran dana. Supaya kantin sekolahnya dapat predikat tak kalah sehatnya dengan kantin sehat yang sudah ada.

Dalam hati, saya berdoa semoga pemerintah dengan dibantu para pejabatnya, mampu memilih dan memilah dengan bijaksana, agar keputusan mereka saat menentukan sekolah mana saja yang akan mendapat bantuan itu, adalah sekolah yang pada hakekatnya benar-benar membutuhkan bantuan penataan, bukan sekolah makmur yang akhirnya hanya akan menambah besarnya kesenjangan kesejahteraan.

picture : smp16

24 Comments to "Kantin Sehat"

  1. Mea  7 March, 2010 at 15:38

    NEV: lihat aja foto yg lantainya tegel itu, mana cukup sih 30 Juta, hiks…. mungkin buat tahap awal lantai semen biasa dulu kali yah, setelah dapat byk duit baru ditambahin, hehe…

  2. nevergiveupyo  7 March, 2010 at 12:00

    mea : kalau utk membangun aja cukup me…tapi kalau utk mempertahankan kantin itu sehat sih ya… entahlah…

    tante cinde sudah pesan utk mengelola yg di sekolah mana? ehehehe..becanda yaa…. jgn marah…

  3. Handoko Widagdo  6 March, 2010 at 17:28

    Cinde, semoga program kantin sehat dilaksanakan secara sehat oleh mereka yang berpikiran sehat sehingga bisa membawa kesehatan kepada para siswa. Jika kantin sehat dikerjakan secara tidak sehat oleh mereka yang tidak berpikiran sehat, maka hasilnya malah akan membawa mudhlarat dan tak bermanfaat. Uang yang dikorupsi dari dana kantin sehat semoga menjadi kolesterol bagi pejabat yang memakannya.

  4. Mea  6 March, 2010 at 13:02

    30 juta cukup apa buat membangun kantin sehat?

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)