Nasi Ayam Warung Mardika, Ubud

Febriola Gaby Suroto – Bali

Saya udah pernah bilang kan, kalo ke Ubud, jangan cuma makan yang itu-ituuuu aja (babi guling ibu oka lah, bebek bengil lah), dan nggak mau ‘ngexplore’ daerah lain untuk nemuin tempat makan yang seru, enak, terjangkau. Intinya, jangan males jalan, nyari dan nanya :).

Banyak orang mulai tahu juga sama Warung Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, yang letaknya di Desa Kedewatan, Ubud.

Yang cabangnya ada di Tukad Badung, Denpasar dan di Seminyak. Itu nasi ayam campur pedessss Bali, pokoknya nggak ada menu lain selain nasi ayam. Udah ayamnya pedes punya, sambel matah a la Balinya lebih pedes lagi. HUH HAH deh pasti.

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku di Ubud, emang banyak penggemarnya, turis-turis domestik dari Jakarta suka mampir sini juga saya lihat, kadang bus kecil turis mampir juga, dan kalo jam makan siang selalu ramai, sekitar jam 3 biasanya udah HABISS!! Gile bener…

Nah, karena kebiasaan saya dan Bart untuk selalu hengkang dari tempat yang udah rada ‘touristy’ (seperti pantai, dan tempat wisata alam lainnya juga), kita biasanya juga segera ‘hunting’ tempat makan lain yang sejenis, sama enak dan murahnya, tapi nggak sehiruk pikuk tempat yang biasa dikunjungin orang kebanyak. Biasanya tempat kaya gini lokasinya rada jauh dari tempat yang udah terkenal sebelumnya. Tapi uniknya, tempat ‘alternatif’ kali ini, justru letaknya bersebelahan dengan Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku! Namanya Nasi Ayam Mardika. Selidik punya selidik yang punya masih sodaraan ama Bu Mangku.

Buat saya tempat di Warung Mardika lebih cozy, tenang, nggak gaduh kaya tetangganya. Dan rasanya sedikit lebih ’soft’ alias nggak sekenceng dan berminyak yang di Bu Mangku. Tempat makan favorit, di halaman belakang, lesehan, dibawah teras salah satu bangunan Balinya. Secara arsitekturalpun tempat ini bikin saya kagum. Betah banget.

Es teh paling mantep buat minumnya. Sambel matah khas Balinya minta extra dipisah (cabe, bawang merah, ama garam).

Nasi Campur Lengkap seharga Rp 10,000 terdiri dari :
– Nasi putih
– 1 Tusuk sate ayam lilit
– Sayur kacang panjang dengan kelapa parut bakar
– Ayam suir bumbu Bali
– Jeroan kering ayam
– Kacang tanah goreng

Saya selalu minta TANPA jeroan apapun. Teman makan lain yang seru adalah Rempeyek tempe atau keripik (lagi lagi) ayam dan teman-temannya kriuk kriuk.

Buat yang doyan nasi pedes dijamin nggak nyesel kesini. Alternative wisata kuliner di Ubud juga.

NASI AYAM WARUNG MARDIKA
Jl. Raya Kedewatan
Desa Kedewatan, Ubud
Tel (0361) 974387

NASI AYAM KEDEWATAN BU MANGKU (sebelahnye, adik kakak, kagak ape2 dipromosiin sekaliann)
Jl. Raya Kedewatan
Desa Kedewatan, Ubud
Tel (0361) 974795

NASI AYAM KEDEWATAN BU MANGKU – Cab Denpasar
Jl. Tukad Badung no.11, Renon
Denpasar
Tel (0361) 7427166

NASI AYAM KEDEWATAN BU MANGKU – Cab Seminyak
Jl. Kayu Jati (daerah Oberoi/Laksmana), Seminyak
Kuta
Tel (0361) 7427166

http://www.wisatakulinerbali.com/

22 Comments to "Nasi Ayam Warung Mardika, Ubud"

  1. Juffrey  4 July, 2012 at 10:45

    Thanks Gab, I will try one in Seminyak! It looks yummy
    I will explore you blog too. It’s very informative! Good job!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.