Bread Pudding dengan Pisang

Mawar – Somewhere

Hallo teman-teman di Baltyra di manapun anda berada, apakabar? Semoga baik-baik saja ya. Kalau membahas masalah makanan ngga akan ada habisnya dan setiap saat selalu muncul sesuatu yg baru, baik itu menyehatkan atau malah tidak baik untuk tubuh kita. Sarapan pagi dengan roti rasanya sudah semakin membudaya.

Tentu saja tidak untuk semua orang, karena ada yg lebih suka sarapan bubur, cereal, mie atau nasi goreng. Kadang kita juga bosan dan tidak tahu harus dibuang atau dibikin apa roti yg tersisa dan mulai kelihatan kering. Rasanya kadang sakit kalau dengar makanan dibuang, sementara di lain tempat masih begitu banyak orang kelaparan karena tidak mempunyai makanan. Kali ini saya ingin berbagi resep soal roti sisa yg di olah menjadi penganan enak baik sebagai pencuci mulut atau utk teman nge-teh di sore hari.

Berikut ini adalah resep olahan saya;

Bread Pudding dengan Pisang

Bahan:

  • 5 lembar roti tawar (biasa atau whole wheat)
  • 4 sendok makan mentega
  • 1/2 cup raisin(kismis)
  • 1 sdt (sendok teh) kayu manis
  • 3 gelas susu (saya pakai low fat)
  • 10 sdm (sendok makan) gula
  • 3 telur (yg besar)
  • 1 sdt vanili
  • 2 buah pisang yg matang sekali

Caranya:
1). Oles piring tahan panas/pyrex, sisikan. Panaskan oven hingga 350F/ 180C
2). Oles semua roti dgn mentega (generously) dan potong tiap lembar menjadi 4.
3). Dasar pyrex taburi dengan raisin, susun potongan roti diatas raisin dgn posisi permukaan yg bermentega menghadap atas, taburi dengan bubuk kayumanis.
4). Kocok lepas telur di mangkuk yg besar, sisikan
5). Hangatkan susu di panci dengan api sedang, begitu kelihatan sekeliling susu mulai berbuih kecil, matikan api lalu tambahkan gula+ vanili dan aduk sampai larut.
6). Ambil beberapa sendok susu hangat dan campurkan ke kocokan telur sambil terus di aduk sampai tercampur, ulang sekali lagi kemudian masukkan campuran ini kedalam panci berisi susu, aduk rata (jangan tuang semua kocokan telur ke susu atau tuang semua susu ke dalam kocokan telur karena akan membuat telur matang dan menggumpal).
7). Tuang seluruh campuran susu dan telur keloyang yg berisi roti, tekan2 perlahan potongan roti, biarkan sebentar. Potong tipis bulat pisang dan susun diatas roti.
8).Taruh loyang pudding ke dalam loyang yg lebih besar dan dalam, tuang air panas hingga mencapai tinggi 1/2 loyang pyrex (hati2 waktu menuang air panas, jangan sampai tertuang kedalam loyang pudding), panggang di oven selama 40 – 50 menit. Keluarkan dari oven, biarkan 15 menit baru di potong.

Terima kasih sudah membaca article saya ini dan silahkan dicoba, semoga suka.

Salam

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.