Salah Jurusan

Fire – Yogyakarta

Pernahkah suatu kali naik kendaraan umum, lalu ketika sudah duduk ndekem ayem ngglenggem, baru tersadar bila jalan yang dilaluinya beda dengan tujuan kita? Astaga, salah jurusan … Ada yang langsung teriak kadang dengan latahnya, “Copot … eh … copot … Kiri … kiri… kiri ….”, bikin Pak Sopir ikut latah dikirain ada yang kecopetan. Tentu saja kalo nggak kepeneran saat turun masih dikasih bonus omelan dari kernetnya plus grenengan penumpang lainnya.

Untunglah salah jurusannya cuma di bis kota atawa kobutri, coba kalo salah jurusan naik pesawat terbang seperti Macaulay Culkin di Home Alone2, wah bisa-bisa langsung dikasih parasut sama pramugari terus suruh terjun bebas saja ..wakakaka …. Dulu waktu SMP pernah juga saya naik bis kota salah jurusan. Karena belum terlalu hapal jalan yang dilalui, akhirnya saya pilih saja ngikut terus sampe terminal.

Toh dari terminal nanti bisa milih bis apa saja sampe ke tujuan. Yah, kadang-kadang salah jurusan juga bisa dinikmati itung-itung jalan-jalan ngeliat pemandangan, tentu saja kalo kondisi kita tidak sedang dalam keadaan terburu-buru alias kemrungsung. Toh, jauh dekat sama saja, sesuai tulisan di bis kota. Kalo kita sering rutin pergi pada waktu dan tujuan yang sama, kadang kala kan jadi apal ketemu tampang-tampang yang satu tujuan, dari sopir, kernet, penumpang, sampai… copetnya … wakakak …. Jadinya sadar begitu salah jurusan, lho ini copetnya kok beda, konon karena setiap grup copet sudah punya jatah trayek obyekan mereka.

Ada joke soal bis kota yang ngebut sradak-sruduk dan jalurnya nrabas-nrabas tidak karuan. Lalu waktu penumpang di sebelah sopir tanya ke sopir karena khawatir tempat yang dituju tak dilewati jalur bis ini, “Ini bisnya jurusannya ke mana sih?” Jawab sang sopir dengan dinginnya sambil tetep tancap gas, “Ke akhirat …..”

Urusan salah jurusan bukan cuma di angkutan umum, tapi juga di ruang kuliahan. Kalo ini sih ada pengajar yang agak sadis mungkin, bila mahasiswa nampak telmi (mungkin karena minta “tell me” terus yak?), maka tanpa menimbang dan mengingat lagi langsung memutuskan, “Wah, kamu kayaknya salah jurusan nih .. ” Vonisnya memang singkat, tepat, jelas, dan yang pasti … nylekit tuueenaaannnn …. Moga-moga saja sang mahasiswa diberikan kekuatan untuk kembali ke jalan yang benar … hiks …hiks …. Lho?

Ada satu cerita dari ortuku, suatu siang dapat kabar salah satu cucunya di seberang pulau sakit demam berdarah. Tanpa berencana panjang, langsung saja beliau pesan tiket pesawat untuk kesana. Dan sorenya berangkat ke bandara. Lha kok belum berapa lama ortuku balik lagi ke rumah. Jebulnya, tiket pesawat yang dibeli salah jurusan. Entah, siapa yang salah, apakah waktu pesannya salah bilang, atau agen travelnya yang ngantuk. Owalah, namanya juga terburu-buru nggak sempat ngecek lagi. Untung belum jadi naik pesawatnya.

Bagaimana teman-teman, pernah salah jurusan naik kendaraan umum? Atau pernah merasa salah jurusan waktu pilih kuliah? Tapi orang bijak bilang, tidak ada salah jurusan dalam hidup, karena semuanya adalah pengalaman untuk mencerahkan kita (hmmm …. curiga kayaknya yang bilang ini adalah bekas sopir angkot atau tukang jual petromax, wakakak …..).

Baiklah teman-teman, kalo panjenengan terdampar di artikel ini, percayalah tidak salah jurusan, silakan tinggalkan komentar secukupnya kurang lebih tiga sendok makan. Jangan lupa periksa dulu tempat duduk apakah ada barang yang masih tertinggal, sebelum kembali ke jalan yang benar …. wakakak ….

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *