Plus Minus Tinggal di Indonesia

Edy Harjito – Doha


Yang membuat Indonesia enak ditinggali adalah:

  1. Makanan yg murah, meriah dan nggenah ada di mana-mana siang dan malam. Untuk urusan lidah, walau sudah melanglang buana tetap saja sambel terasi tidak ada yg menandinginya.
  2. Bisa makan rambutan, duku, duren, mangga, manggis sekenyangnya di saat musimnya.
  3. Bisa bersama-sama dengan keluarga besar.
  4. Bisa menghadiri  kondangan, sunatan, kawinan  saudara/teman.
  5. Kalau ada apa-apa dengan keluarga, tidak repot dan mudah mencapainya
  6. Banyak dan mudah didapat dvd film/ music bajakan
  7. Ke salon, kepala di’creambath sekaligus kaki dipijat refleksi oleh 2 orang yg berlainan dengan biaya yang murah, bisa juga tangan dipijat oleh orang ketiga sekalian dgn tambahan 15,000. Jadi serasa jadi raja minyak , dipijat oleh 3 orang sekaligus dengan biaya tidak sampai 100,000.
  8. Ngomong dengan mudah karena 1 bahasa, jadi kalau lagi marah dengan orang  bisa bicara apa adanya dan puas, coba kalau marah pakai bahasa inggris kan agak susah.
  9. Tidak bayar pajak tinggi
  10. Mau minum teh botol sosro bisa didapat di mana-mana
  11. Nonton sepak bola kelas dunia/ F1/ NBA di TV gratis
  12. Bisa hire pembantu dengan murah
  13. Banyak concert music dan murah tiketnya
  14. Banyak tempat pemancingan di darat maupun di laut dengan biaya murah dan hasil yang menggembirakan
  15. Dalam bekerja tingkat toleransinya tinggi, maksudnya kerja nyantai pun bisa mencapai sampai usia pensiun.
  16. Mau jalan-jalan luar kota tidak perlu repot ngurus visa dan terjangkau.
  17. Banyak tempat rekreasi gunung, pantai, laut, mall dll.
  18. Dll, diteruskan ya menurut versi dan acceptance masing-masing..

Yang membuat Indonesia tidak enak ditinggali adalah:

  1. Jalanan macet dan banyak yang tidak mulus
  2. Banyak motor, ada teman di FB bikin status ` andai motor boleh di tabrak` saking stress nya nyetir mobil saat ini di Jakarta.
  3. Tidak bisa driving mobil ngebut, kecuali mau tengah malam.
  4. Transportasi umum tidak comfortable
  5. Mau gak mau ikutan budaya korupsi, entah bikin KTP, SIM dan urusan-urusan dengan pemerintah lainnya
  6. Banyak demontrasi
  7. Banyak tayangan TV yang tidak mendidik spt shitnetron, film horror, kriminalitas
  8. Intrik politik ditayangkan di TV
  9. Internet mahal dan lelet
  10. Kriminalitas tinggi dan was-was di jalanan saat tengah malam
  11. Suka kebanjiran , kalaupun rumah aman paling tidak mobil harus menerjang banjir di jalanan
  12. Banyak ancaman kena demam berdarah, diare.
  13. Ancaman narkoba tinggi.
  14. Kasian melihat anak-anak sekolah memanggul buku sampai deyek-deyek saking beratnya bawaan.
  15. Ancaman terorisme tinggi, suka was-was kalau di tempat keramaian.
  16. Ke dokter mahal  dan suka terancam dapat obat palsu di apotik.
  17. Banyak yang mau tau urusan orang lain saja alias usil.
  18. Banyak pedagang asongan, pengemis, preman saat di jalan/lampu merah.
  19. Gaji kecil.
  20. Bensin mahal.
  21. Dapat jatah cuti cuma sebentar.
  22. Dll, diteruskan ya menurut versinya masing-masing.

Lho ternyata banyak gak enaknya tingal di Indonesia. Point-point di atas menurut versi saya ya, bisa jadi ada yang suka nonton check and recheck dan itu justru membuat hidup di Indonesia enak.

Salam…

Picture : eztravelasia, merdeka, prima online, dspeedking, kaskus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.