Capoeira

Dewi Aichi

Salah satu bentuk seni bela diri yang berasal dari Brazil adalah Capoeira. Capoeira ini merupakan olah raga bela diri yang dikembangkan oleh para budak yang dibawa dari Afrika. Bentuk seni bela diri yang menggabungkan elemen-elemen dari seni bela diri, musik dan tarian.

Menurut sejarah tentang Capoeira ini, awalnya adalah bentuk penyiksaan-penyiksaan yang dilakukan oleh Portugis kepada budak-budak yang datang dari Angola. Hingga saat ini ada dua jenis aliran Capoeira yaitu Capoeira de Angola dan Capoeira Regional. Masing masing mempunyai ciri khas tersendiri.

Gerakan-gerakan pada seni bela diri Capoeira menitikberatkan tendangan, gerakan akrobatik, memutar tubuh sambil melayang, dengan gaya kaki yang siap menendang ke arah lawan. Untuk permainan bela diri ini, biasanya akan disertai musik khas wilayah Bahia. Untuk mengawali sebuah permainan, mereka akan membentuk suatu lingkaran,kemudian disusul dengan masuknya peserta ke tengah-tengah, dengan sedikit perdebatan, dan selanjutnya memulai pertarungan.

Musik yang dipakai untuk mengiringi permainan Capoeira disebut “jogo”. Untuk pertarungan ini biasanya diadakan ditempat terbuka seperti pantai, lapangan atau hutan. Dalam bahasa asli penduduk Brazil disebut “caá-puêra , itulah awal dari kata Capoeira. Pemain Capoeira tidak hanya dituntuk hanya bisa bermain bela diri, tapi seni musik dan menari, sangat mendukung untuk menjadi capoeirista(sebutan untuk pemain capoeira). Sedang maestrus adalah sebutan bagi para master Capoeira asal Brazil.

Capoeira yang dikategorikan juga sebagai tarian khas rakyat Brazil selain samba, ini mengutamakan gerakan tendangan, memutar tubuh, akrobat dan menyerang. Tidak sulit ditemukan sekelompok anak muda di jalanan yang memainkan Capoeira, mereka berkelompok membentuk lingkaran, dan mereka juga yang menyanyi dan memainkan musik.

Selain Capoeira, di Brazil juga dikenal seni bela diri Brazilian jiu jitsu, penciptanya adalah orang Jepang bernama Mitsuyo Maeda. Jepang memang sangat terkenal sebagai negara pencipta seni bela diri. Dari sekian banyak seni bela diri, kebanyakan berasal dari Jepang, sebut saja karate, jiu jitsu,ninjutsu,jujutsu,aikido,judo.

Dari negara lain, Korea mempunyai tae kwondo, Cina terkenal dengan kung fu.

Bisa dibilang bahwa hampir setiap negara mempunyai seni bela diri yang khas. Pencak silat sangat dikenal di Indonesia.Bahkan wushu juga sudah banyak diikuti di Indonesia.

Kembali ke Capoeira, perbedaan Capoeira sangat tajam dibanding dengan seni bela diri yang lainnya.Dalam Capoeira, selain unsur pertahanan diri, musik, dan nyanyi dan akrobatik juga bagian dari setiap gerakan. Tadi di awal sudah disebutkan nama musiknya biasanya disebut jogo, nama lain dari berimbau yaitu semacam alat musik yang bentuknya seperti busur panah,tetapi hanya memiliki satu dawai. Gerakan yang sangat sulit yaitu gerakan kepala di bawah atau koprol. Mirip dengan gerakan breakdance.

Latihan Capoeira terkesan lebih santai, dan menyenangkan. Beda dengan olah raga bela diri lainnya yang dituntuk untuk konsentrasi dan serius. Namun justru inilah yang membuat para peminat Capoeira semakin tinggi,karena lingkungan dan suasana latihan yang menyenangkan.

Referensi: wikipedia

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.