Square Watermelon

Dewi Aichi – Brazil

Dulu sekali, pada awal mengenal dunia chatting, pernah aku dijuluki semangka kotak oleh teman-teman mayaku he he, ini gara-gara aku pamer , bahwa aku baru saja beli semangka kotak di supermarket Jusco(nama salah satu supermarket di Jepang). Maklum wong ndeso yang pertama kali sampai Jepang, ketika melihat semangka berbentuk kotak untuk yang pertama kalinya,wajar saja kalau gumun (kagum).

Nah..kali ini tiba-tiba saja aku ingat tentang semangka kotak. Jadi aku pengen share sedikit mengenai semangka kotak. Tapi tolong jangan juluki aku semangka kotak ya! Karena aku sudah berantakan gara-gara kaos putih. Lagian berita tentang semangka kotak kan sudah basi.

Salah satu kota kecil di Jepang, yaitu Zentsuji (Kagawa), ini masuk wilayah Shikoku, menjadi sangat dikenal karena dari tempat inilah awal diproduksi semangka kotak. Petani setempat, yang sudah mempunyai Koperasi selama 27 tahun, sebenarnya sudah lama berhasil membuat semangka dengan format baru yaitu kotak.

Ide ini dikarenakan semangka yang tidak mungkin dihasilkan sepanjang tahun. Sehingga ketika saatnya panen semangka, mereka para petani bisa menyimpan semangka dengan lebih mudah dikarenakan bentuknya yang kotak.

Orang pertama yang mempunyai ide membentuk semangka yang bulat, menjadi kotak yaitu Takashi Yamashita(82 th), yang saat itu menjabat sebagai dirut koperasi. Untuk membentuk menjadi kotak, diperlukan beberapa tahapan, tetapi pembentukan buah dilakukan sebelum buah matang. Untuk lebih jelasnya, aku sertakan link berikut ini langkah-langkah membentuk semangka kotak:

http://www.instructables.com/id/Grow-a-square-watermelon/?download=pdf

Kenapa Jepang mempunyai ide untuk merubah bentuk semangka menjadi kotak? Alasannya, dengan keterbatasan tempat penyimpanan, dan kesulitan dalam menyimpan semangka yang berbentuk bulat, maka diubahlah bentuk bulat menjadi kotak. Hal ini akan memudahkan dalam penyimpanan buah semangka.

Harga satuan untuk semangka kotak rata-rata mencapai Y.2.200-Y.3.000(untuk harga sekarang mohon infonya bagi yang berada di Jepang). Akan tetapi banyak pendapat bahwa, semangka yang telah diubah formatnya menjadi kotak, akan kehilangan rasa manisnya. Sehingga, akhirnya kurang banyak diminati. Yang jelas, sekarang hanya dinikmati karena format yang tidak lazim, apalagi semakin banyak variasi untuk menjadikan buah semangka ke dalam berbagai bentuk.

Dengan tujuan dekoratif, penyimpanan yang mudah, dan lebih awet hingga bisa bertahan sampai 1.5 tahun. Sehebat-hebatnya Jepang mempunyai ide merubah bentuk semangka menjadi kotak, tetap saja kalah dengan Indonesia, yang bisa menciptakan semangka berdaun sirih (Broery Marantika).

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

57 Comments to "Square Watermelon"

  1. Dewi Aichi  21 November, 2011 at 20:33

    Mba Seroja, rasanya sama saja kok, bahkan cenderung hambar, kurang manis…

  2. Seroja  21 November, 2011 at 19:20

    wew..semangka kotak, rasanya sama mba sama semangka yg bulet? *pasang wajah lugu..gkgkgkgk

  3. Dewi Aichi  21 November, 2011 at 17:09

    Ayo para ahli, siapa yang mau diajak, Roni Lantang nih…Tia Yuliantari, pak Handoko???

  4. roni lantang  11 November, 2011 at 03:09

    ide yang sangat menarik..
    dari sini aku jadi punya ide “agrosculpture”
    agrosculture adalah penggabungan antara ilmu pertanian dan ilmu patung
    siapa yang mo diajak kerjasama ya…

  5. windy ceamoutz  26 March, 2011 at 14:00

    AneCh2 Ja ………..
    TaPiE3 nGEmNg-NmEnG wRnAnYa G MnRk C5 cKlIe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.