Camilan Tanah Liat

Sophie

Sedang asyik2 baca buku, tiba2 cell phone berbunyi, dari keponakan suamiku.

WY ” Tante, mau tanya memangnya di IND ada camilan dari tanah liat ? “

Me ” Hah? ngak pernah tau tuh, lagian tanah liat dijadikan camilan “

WY ” Beneran kog, aku baru baca ceritanya disalah satu koran, coba deh lihat “

Waduh, seumur umur jadi orang IND belum pernah tahu ada yang namanya camilan dari tanah liat. Dengan semangat 45 langsung lari ambil koran yang dimaksudkan. Begitu buka ke halaman ke 3, langsung mataku tertuju dengan artikel soil snack.

Ampo atau cemilan dari tanah liat itu berasal dari Tuban. Cemilan ini disukai oleh wanita yang sedang hamil. Ampo dipercaya dapat meredakan rasa sakit dan bermanfaat bagi pertumbuhan bayi didalam kandungan.

Dibuat dari tanah liat, dan bukan semua tanah liat dapat dibuat menjadi Ampo. Hanya tanah liat yang dari persawahan yang tidak berbatu dan kadar airnya sedikit. Tanah liat itu dipotong dengan pisau atau dikikis kecil kecil, lalu dipanggang diatas bara api. Jadilah ampo dalam waktu kurang dari 20 min, ampo ini dijual dengan harga 3000/ kg.

Kalau di dunia ini makanan yang aneh, nah inilah makanan yang paling aneh. Tanah liat kog dimakan ya ? apa enaknya ? apa sudah tidak ada makanan lain lagi ?  Tapi ini masalah selera..ampo sudah dikenal di Tuban sejak jaman nenek moyang.

Siapa pernah makan ampo ?

Sumber : chinadaily


Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.