Marathon di Mainz

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

Hallo Sobat Baltyra semuanya…

Dj. harap ada sehat semua ya….Ini hari Minggu dan sekalian hari ibu….

Nah ya…setelah sarapan bersama anak-anak, maka Dj. melarikan diri ke kota dengan bis…

Emang Dj. mau ke mana….??? O ya…hari ini di Mainz ada Marathon, yang mana pesertanya di atas 10.000 orang. Dan apa anehnya Marathon…???

Okay…okay… memang tidak ada anehnya sih…di mana-mana di setiap kota besar, apalagi New York (kampungnya Kornelya), adalah impian setiap pelari marathon. Dj. juga pernah mimpi hal ini, siapa tau satu saat bisa ikutan marathon di N.Y.

Nah ya…karena semalam mendengar, bahwa udara kurang bagus dan malah akan turun hujan…maka Dj. pikir, mana mungkin mereka lari hujan-hujanan…Kalau hujannya seperti di Indonesia mah…anget…Tapi kalau di Mainz hujan, dinginnya sampai ke tulang, mana lagi kalau lari kan ada anginnya….. DINGIIIN….!!!

Nah…benar saja, bangun tidur lihat keluar jendela… HUJAAAAN….!!! Sampai di kota, masih juga hujan…Tapi jalanan sudah ditutup, maka Dj. masih harus jalan kaki sekitar 2 Km lagi.

Akhirnya Dj. sampai di dekat “START”….karena memang sedikit O’on…maka Dj. ikutan sama orang yang bergerombol ambil foto…Taunya mereka adalah wartawan dan karena tidak ada yang nanya, maka Dj. asyik..mulai jepret sana dan jepret sini….

Malah sedikit ngedumel, karena tidak mudah juga bawa dua kamera (satu tele dan satunya lagi Weitwinkel = Wide angel lens) sekaligus pegangin payung…. hahahahahaha…..!!! Entah berapa kali payung Dj. terbang kebawa angin….. Jelas kamera agak basah…hahahaha…!!!

Okay…start pertama oleh para penyandang cacat kaki, jadi mereka menggunakan sepeda yang diontel dengan tangan…

Sepuluh menit kemudian para pelari yang unggulan sampai yang hanya sekedar ikutan dan bisa sampai ke Finish.

Yang ini special Dj. ambil buat mas Anoew……

Ini juara pertamanya Jerman mas…., tapi hari ini dia hanya juara ke dua, karena ada yang dari afrika yang lebih cepat dari pada F4. Kurang ajarnya si Afrika…F4 sekitar  200 meter dari Finish dikasi ke depan, seolah si Afrika tidak mampu lagi.

Tapi sekitar sisa 50 meter, dia kejar….Sampai F4 geleng-geleng kepala….hahahahahaha…!!!

Dj. wartawan gadungan, berdiri di tengah jalan, sambil ambil foto….

Di bawah ini ada yang dari Hawaiiiii….mungkin tetangganya Yu Lani….

Dan pemenangnya adalah orang Afrika juga….

Ingat dulu ada orang Indoseia yang ikutan, malah Dj. yang daftarin…pelari yang cukup top di Indonesia (Eduard Nabuname) asal Timor (Kupang). Sayang di KM 24 dia kesleo…ya…terpaksa harus keluar jalur….

Ya…mungkin ingin kasi tunjuk, malah jadi sakit, padahal asal sampai di “Finish” saja, langsung dikalungi medali.

3 Wanita cantik yang siap mengalungkan medali, bagi semua peserta yang melewati garis finish.

Dj. minta agar mereka mengangkat medalinya…e…. mereka nurut juga….

Mereka mungkin sangka Dj. wartawan beneran….hahahahaha….!!!

Penyandang cacat yang menggunakan sepeda melewati finish….

Nah di sini Dj. ketahuan kalau bukan wartawan…ya…..langsung diminta keluar pagar…..hahahahaha…!!!

Nah ya…demi Baltyra, siap jadi wartawan gadungan….mungkin lain kali minta sama dimas Josh Chen, kartu (Certifikat) sebagai wartawan Baltyra…hahahaha…!!!

Nah ya…karena sudah di luar pagar, maka Dj. pikir, tidak lucu lagi dan mau pulang… E…taunya masih ada start untuk anak-anak sekolahan….Nah…anak-anak sekolahan ini ternyata lebih bersemangat….Begitu start dibuka, mereka langsung lari kejar-kejaran….

Akhirnya Dj. kedinginan juga dan kerena masih sekitar 1 jam dan 50 menit lagi, nunggu sampai yang pertama lewat garis finish, maka Dj. pikir, lebih baik kembali pulang ke rumah.

Sisanya Dj. lihat di TV saja, hangat dan bisa sambil makan kueh….hahahahaha….!!! Dan dari TV, ada dikasi lihat peserta tertua 70 tahun dan anaknya umur 42 tahun.

Si ayah yang 70 tahun dan dia bisa mencapai 3 jam 4 menit lebih beberapa detik… Jelas anaknya,walau dia bisa lebih cepat dari ayahnya,tapi mereka lari berdampingan.

SALUT…..!!!

Okay….

Mohon maaf ya…bila mana ada kata-kata Dj. yang kurang berkenan…Semoga Berkat dan Kasih TUHAN senantiasa menyertai kita semua….

Salam manis dari Mainz……

Dj. 813


Saat Dj. dilatih oleh Domingus, pelari dari Jayapura…yang sedang sekolah untuk lisensi pelatih di Mainz….

Pernah ikutan 1/2 marathon karena dibiayai kantor…… 2004


About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *