Made in Indonesia

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

Hallo Pengasuh Baltyra dan Anda semua…

Salam Jumpa kembali dengan oret-oretan Dj. Semoga anda semua ada sehat dan bahkan selalu dalam naungan Kasih TUHAN  ALLAH….!!!

Kali ini Dj. ingin sedikit bercerita ttg anak-anak Dj. Mungkin belum ada yang pernah cerita tentang putra dan putrinya ya….Nah…kalau ingat dulu saat anak-anak masih kecil, mereka sangat bangga, kalau dibelikan pakaian yang ada tulisannya ” Made In Indonesia”, atau mereka bahkan mencari yang ada lebelnya “Made In Indonesia” apakah itu sepatu olahraga, atau pakaian untuk Jogging….

Nah di satu pagi yang cerah, saat kami mau sarapan, tau-tau si ragil (Daniel) memanggil Dj. untuk datang ke kamarnya: “Pa datanglah kemari, aku mau kasi lihat sesuatu….”.

Nah ada apa lagi….. ??? Ini anak idenya sangat buanyak, setiap hari ada saja yang dia ceritakan. Tapi yang namanya anak,walau dia hampir berumur 20 tahun, dia juga bangga, kalau Dj. Mengagumi apa yang dia bikin. Dj. hanya berharap, mudah-mudahan bisa memberi dia semangat, agar bisa maju. Kami kadang tidak seperti orang tua, lebih cocok dibilang seperti teman….

Okay…memang anak-anak kami, sudah sejak mereka kecil, setiap kali kami ajak ke Gereja dan kalau mau sarapan dan apapun yang akan kami kerjakan, Dj. selalu mengingatkan, agar berdoa sebelumnya. Mereka juga kami ajarkan sopan santun ala Indonesia , harus bisa menolong yang lemah dan menghibur yang sedih.

Hanya saja mereka tidak ada yang tertarik dengan alat musik (main musik). Padahal di rumah ada Orgel, ada suling dari perak, ada Arcodion dan beberapa Gitar….Tapi tidak ada sama sekali yang berminat untuk belajar… jangankan belajar, pegangpun, mereka tidak pernah….

Padahal dari gitar klasik… yang cukup terkenal di Spanyol, dan sudah sangat tua, mungkin 25 tahun umurnya. Tapi suaranya…??? Jangan ditanya….

Satu saat Dj. beli lagi Western gitar listrik… Dengan harapan, mungkin ada yang tertarik….

Nah tahun lalu, Dj. sengaja beli lagi, akustik gitar yang juga sangat bagus…

Tau-tau bulan lalu si Daniel nanya Dj. Apakah Dj. mau bantu, kalau dia mau beli Bass gitar…Maksudnya dalam hal keuangannya….

Dj. seperti disambar petir….Lha main gitar saja tidak pernah, kok minta dibelikan bass gitar….??? Kamu nglindur atau bagaimana…???

Dengan tenang dia cerita, kalau dia sering latihan di rumah temannya. Lha kok di rumah tidak pernah gunakan gitar papa….???

Dia jawab, lha gitarnya papa kan mahal-mahal, kalau rusak….??? Okay…akhirnya Dj. tanya kakaknya, apa dia tau kalau Daniel bisa main gitar…??? Kakaknya mengiakan….dia juga sering main di rumah kakaknya.

Okay…akhirnya Dj. tanya, dia punya uang berapa dan kurang berapa….??? Akhirnya kami pergi berdua ke toko gitar (Musik Alexander) Syukur dia masih tau diri dan tidak minta yang mahal…hahahahaha…!!! Nah inilah yang akhirnya dia ambil, apa anehnya….???

Well….setelah selesai ujian SMA nya selesai, dia malah sering keluar dengan bawa bass gitarnya…..Kemarin dia cerita, kalau dia dan groupnya akan main di Restaurant temannya. Ini membuat Dj. tambah heran, tapi dia menenangkan Dj. ini restaurant teman di mana mamanya mau ke Thailand, sebagai pesta perpisahan…kalau salahpun tidak apa-apa…hahahahaha…..!!!

Okay…kembali dengan panggilannya tadi, yang mana dia mau kasi lihat sesuatu….

Pasti anda sudah bisa terka, apa yang dia mau kasi lihat kan…??? Nah ini dia yang dia ingin kasi lihat Dj. yang membuat dia sangat bangga. Sambil senyum-senyum…. dia bilang, itulah sebabnya kok aku tertarik dengan bass gitar ini…

Ternyata di belakang gitar ada ditulis….

(Maaf fotonya sedikit buram, karena ini tulisan sangat kecil, jadi kamera goyang dikit, sudah bikin buram)

Made In Indonesia inilah yang membuat dia bangga….!!!

Hingga mamanya juga ikut bangga, karena anaknya bangga….Oya…yang Western Gitar ( yang hijau ) itu juga Made In Indonesia….Kalau Ukulelenya made in China….

Nah ya…semoga kita yang masih cinta tanah air, juga mau bangga dengan kata-kata ini…

MADE  IN  INDONESIA….!!!!

Bukan hanya made in L.N. saja…Tapi angkatlah derajat bangsa, dengan membanggakan buatan rakyat Indonesia….!!!

Okay….

Semoga oret-oretan ini sedikit akan mengganggu pikiran anda….Karena dengan demikian, anda mau kembali menggunakan produk dalam negri sendiri…

Sekali lagi  TERIMAKASIH….kepada pengasuh Baltyra yang tidak jemu, menerima oret-oretan Dj. Semoga jerih payah anda, akan mendapat Kasih TUHAN….!!!

Terimakasih juga buat semua Baltyraer yang setia membaca oret-oretan Dj.


Salam Sejahtera dari Mainz…..

Dj.


Nb.

Maaf nambahi dikit… Barusan si Ragil (Daniel) pulang sekolah, sambil cengar-cengir, Dj. pikir dia mau minta sesuatu …Taunya dia bilang, tadi di sekolah, didiskusikan soal ujian mathematikanya. Dia yakin akan dapat nilai 1 ( 10 di Indonesia )

Nah ya, mudah-mudahan saja… Orang Jerman bilang, tidak baik makan sop yang masih sangat panas, lebih baik nunggu sebentar lagi….

Okay…

Cherio….!!!


About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *