Kota Baru

Dedushka – Eurasia

Dear Baltyra,

Tanggal 29 Desember 2009 kami berangkat ke tempat baru di Eurasia, namun kami sempat terdampar di Bandara Turki kurang lebih 11 jam dikarenakan kesalahan informasi dari pihak kantor suami, kami tiba di bandara jam 11 siang,  sedangkan pesawat baru berangkat jam 11 malam, jadilah seharian itu kami mengelilingi bandara, judulnya tour de bandara  jadi inget film Tom Hanks The Terminal,  segala macam tingkah laku orang jadi perhatian kami hehehehe

Kota baru di Eurasia yang kami tuju adalah Almaty-Kazakhtan, perjalanan dari Turki-Kazakhtan sebetulnya 6 jam, namun dikarenakan perbedaan waktu perjalanan kami seperti 10 jam.  Kami tiba jam 9-an pagi, langsung disambut dengan salju dan cuaca minus 7.

Almaty Airport

Kami tinggal untuk sementara waktu di guest house yg disediakan oleh perusahaan tempat suami bekerja.  Perusahaan tersebut bekerjasama dengan pemerintah Kazakhtan untuk membangun Sanatorium dan fasilitas-fasilitasnya.  Hari kedua kami tiba suami langsung kerja, sedangkan Dedushka sibuk dengan alergi yg datang hehehe hampir tiap saat jadi satria bergitar  obat yg dibawa dari Turki cukup membantu menghilangkan gatal.  Ini sebagian foto lingkungan di guest house:

Sekilas tentang Almaty

Kota Almaty diambil dari bahasa Kazakh yang artinya  Apel (алма), di era Russian-Soviet dikenal dengan nama Alma-Ata dan Verny (Russian: Верный,  sampai1921),  Alma juga dikenal sebagai Apel dalam bahasa Turki begitupun di Hungaria,  kota Almaty sendiri merupakan kota terbesar di Kazakhtan dengan populasi 1, 348, 500 (menurut sensus 1 September 2008), dimana jumlah populasinya adalah  9% secara total di Kazakhtan.  Kota Almaty sebelumnya adalah ibukota Kazakhtan dari tahun 1929 sampai dengan tahun 1997,  yang kemudian berpindah ke Astana,  Almaty sekarang dikenal sebagai kota utama untuk komersial perdagangan di Kazakhtan.  Etnik group di kazakhtan sbb :

Bahasa utamanya adalah bahasa Kazakh dan Rusia.

Di musim panas sangat hangat sedangkan di musim dingin sangat dingin (berdasarkan pengalaman pribadi pernah sampai minus 14 mengkeret deh hehehe).  Di bulan April dan Mei ini kalau boleh dibilang lembab banget, kadang hujan meskipun matahari masih muncul.  Disini jam 7 malam seperti siang jika summer, berbanding terbalik dengan winter jam 7 pagi masih gelap gulita .  Di bawah ini tabel iklim di Almaty:

Tempat-tempat rekreasi di Almaty

Zenkov Chatedral (Gereja Ortodox Rusia) terletak di Panfilov Park, Dedushka ke tempat ini pada saat Victory Day,  wah rame banget, ini ada beberapa foto-fotonya:

Di Panfilov Park banyak patung-patung heroik

Ini veteran perang pada Victory Day,  veteran-veteran ini sangat dihormati,  kaum muda nya membawa bunga untuk veteran veteran ini disertai dengan ucapan terima kasih atas perjuangan mereka.

Medeo:

Medeo terkenal sebagai pusat olahraga di musim dingin, pada tahun 2011 Almaty ditetapkan sebagai penyelenggara Winter Asian Games.

Dedushka ke Medeo di awal Mei, keadaannya sudah berubah lagi:

Kebetulan lagi ada pengantin Kazakh lagi foto foto, sayangnya ga bisa dari depan nie hehe coba bandingkan dengan pengantin Rusia ini :

Ada pemandangan menarik juga di medeo pada saat dedushka kesana, yaitu ada Eagle yang besaaarr sekali beratnya bisa sampai 25 kg, biasanya Eagle ini digunakan untuk berburu kelinci.

Gagah dan sombong banget ya hehehe

Nah kalo ini ama pemiliknya.  Pernah liat dokumentary di NHK World mengenai Eagle ini dan cara berburunya, unik banget.

So sekian dulu untuk saat ini, masih ada tempat tempat menarik lainnya nanti akan coba kirim lagi.  Sebenarnya mo kirim resep juga Cuma ukurannya kalo masak tuh masih ngasal sie

sumber: http://www. kazakhstan. orexca. com/almaty_kazakhstan. shtml

http://en. wikipedia. org/wiki/almaty


3 Comments to "Kota Baru"

  1. Parsan  3 September, 2011 at 18:32

    Salam kenal Mba. Saya dan istri tertarik dengan Khazakhstan dan kota Almaty. Apakah saya bisa mendapatkan alamat kontak pribadi (email) Mba Dedushka? Terimakasih

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.