Perjalanan Sehari ke Ha Long Bay – Vietnam

Agatha – Jakarta


Salam kenal dan salam hangat buat semua Baltyransss, semoga sehat dan berbahagia.

Musim panas sepertinya cukup tepat untuk berkunjung ke Ha Long Bay. Jika pas musim gugur, kami khawatir hujan disertai angin kencang di tengah laut, sedangkan kami bukan perenang handal. Dan juga, kami sudah tidak sabar ingin bermain kayak keliling bebatuan karang di Ha Long.

Begitu tiba di airport HaNoi: Noi Bai International Airport , kami memutuskan untuk ikut trip satu hari dan pesan paket tour di perwakilan Vietnam tourism board. Karena berlima, kami dikenakan USD30 perorang (Hasil nego yang cukup alot, haha.. )

Termasuk bus (return) dari HaNoi ke Ha Long City, ticket kapal, kayak, makan siang di kapal, dan tour guide yang bisa bahasa Inggris untuk menemani keliling gua berstalacktites-stalagmites.  Minuman selama perjalanan kapal, tidak termasuk dalam paket. Sebagai perbandingan, info di internet diperkirakan biaya khusus backpackers cukup bayar USD24 – USD 27 perorang. Tidak termasuk biaya  bus dari HaNoi ke Ha Long City.

Perimbangan kesulitan bahasa lokal dan waktu yang terbuang, kami memilih paket dari tourism rep tersebut.  Ternyata perlu sekitar 3 jam perjalanan dari Ha Noi ke Ha Long City.

Sepanjang perjalanan, pemandangan sawah dan rumah penduduk silih berganti. Terlihat pabrik susu (& yogurt)  dan showroom mobil Jepang ternama dan sawah dikejauhan. Wooow… Alam yang masih asri dengan tanaman padi, jagung dan tebu. Terlihat kolam lotus sedang berbunga… serta ternak sapi berkeliaran di sekitar sawah dan rumah penduduk.

Perjalanan kapal dari Ha Long City ke Ha Long Bay pulang-pergi, kurang lebih sekitar 4-5 jam. Termasuk kunjungan ke Kampung Nelayan Terapung dan “kayak” keliling gugusan bukit batu serta ke Goa yang ada stalacktites & stalagmites.

Perjalanan kembali ke HaNoi sekitar 3 jam dengan bus. Cukup larut malam ketika tiba kembali di Hanoi. Kita bisa saksikan penduduk HaNoi melakukan aktivitas olahraga, jalan santai, ngobrol dan kumpul di taman-taman kota. Berkelompok anak kecil dengan orang tuanya, para lanjut usia, dan anak-anak muda.

Tips untuk menikmati perjalanan ke Vietnam:

1. Tentukan tujuan perjalanan: untuk belanja atau untuk nikmati alam dan budaya lokal. Ada pilihan paket tour harian sesuai tujuan tsb.

2. Sebelum berangkat; coba nikmati kuliner asli dari negara yang akan dikunjungi untuk test kecocokan selera pribadi.

3. Perkirakan semua biaya berdasarkan info dari internet/travel agent dan teman. Kurs USD 1= 18,900 VND ( Vietnam Dong, per June 2010)

4. Reservasi ticket pesawat, hotel melalui web, dan perkirakan jarak tempuh jika ada pergantian kota.

5. Ransel untuk sepatu/sandal yang nyaman untuk segala tempat, Topi, kacamata, sunblock cream, botol air mineral, Tissue, T-shirt cadangan, dan payung lipat(u/ hujan dadakan walau di musim panas)

6. Jangan khawatir akan jadi belang kulitnya, nikmati jalan-jalanan berliku dan kuliner pinggir jalan di pasar tradisional bersama dengan penduduk lokal.

7. Semangat bersenang-senang dengan hal baru.

8. Tip untuk tour guide dan senyum manis untuk semua penduduk lokal yang ditemui


Selamat berlibur.



http://www.hanoitourism.gov.vn/home

http://www.hanoitourism.gov.vn/halong-bay

http://halongbaytravels.com/

http://wikitravel.org/en/Ha_Long_Bay

http://en.wikipedia.org/wiki/Halong_Bay


Note Redaksi:

Selamat datang dan selamat bergabung, Agatha! Setelah sekian lama silent reader, sekarang sudah jadi yang tidak silent lagi… Make yourself at home…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.