A Day Out at Exbury Garden

Little Wiltshire – Inggris


Sengaja saya memilih jalan desa yang kaya akan pemandangan alam, dan eloknya cottage-cottage tua yang dapat membantu menyejukan mata. Tak terasa pula saya telah menghabiskan waktu 1.30 jam dalam perjalanan dari utara Wiltshire ke arah selatan Hampshire. Kali ini tujuan saya hanya ke satu obyek wisata Exbury Garden, yang berada ditengah-tengah jantung taman nasional New Forest.

Taman bunga yang dibuka sepanjang tahun ini, semula adalah milik Lord Forster karena panggilan tugas yang bergengsi di Australia sebagai Governor General maka dijuallah salah satu harta kekayaannya tersebut pada Lionel de Rothschild, yang tak kalah kayanya dari keluarga perbankan dan anggota politik partai konservatif pada tahun 1919.

Di samping kesibukannya pada pekerjaan diatas tersebut, Lionel dikenal juga sebagai plant hunter fanatik, maka banyak waktu luangnya dihabiskan untuk berpetualang ke Himalaya dan sudut-sudut dunia yang lain untuk mencari bibit dan jenis tumbuhan baru yang belum dia miliki, untuk dikembangkan dan disilangkan.

Di taman yang luasnya 100 hektar yang dikenal kepopulerannya dengan koleksi Rhododendrum, Azalea, Nerine, camellia, Magnolia, primrose, aneka shrub dan tanaman besar pengunjung tak perlu merasa takut tersesat, karena di setiap sudut akan terlihat papan penunjuk jalan yang mudah ditemui. Juga pada saat membeli tiket pengunjung secara cuma-cuma dibekali peta taman.

Merasa lelah berjalan berkeliling jangan ragu untuk sejenak duduk di bangku-bangku kayu diantara kontrasnya warna bunga, dan dengarkan senandung merdu kicau burung yang hampir tak pernah berhenti. Bagi mereka yang kurang beruntung atau menyandang cacat, tak perlu malas untuk bertandang kesini, karena banyak disediakan kursi roda, dapat juga mengatur kunjungan secara khusus sehingga pekerja ditempat ini dengan suka rela akan mengantar menemani berkeliling.

Untuk mereka yang berusia lanjut, anak-anak atau siapa saja yang enggan kakinya pegal, dengan menambah sekitar 4 poundsterling dari harga tiket dapat menumpang buggy tour dengan supir yang merangkap sebagai guide berkeliling taman selama 45 menit.

Rupanya saya telah menghabiskan waktu seharian di taman yang dikunjungi ratu Elizabeth di tahun 2008, sebelum beranjak kepelataran parkir saya sempatkan diri untuk sekedar menghirup hangatnya teh Earl Grey, dan melongok ke toko souvenir serta pusat tanaman hias untuk membeli azalea mini. Saatnya memilih jalan bebas hambatan yang kadang ramai dengan lorry gandeng bernomor polisi luar negeri untuk pulang ke rumah, berhubung hampir tak ada lagi energi yang tersisa.

Salam Baltyra,
Little Wiltshire


Note Redaksi:

WOW! Selamat sudah memutuskan “berhenti” jadi Silent Reader di Baltyra…selamat datang, make yourself at home dan semoga kerasan ya…let’s welcome…Little Wiltshire dari Negeri Lima Sekawan…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.