Rumah Keramik F. Widayanto

Elnino – Jakarta


Halo sobat Baltyra,

Musim durian eh, musim liburan sekolah telah tiba. Ke mana ya, mengajak anak-anak bermain selain ke mall lagi…mall lagi…atau bioskop? Untuk yang berada di Jakarta dan sekitarnya, mungkin tujuan berikut ini bisa menjadi pilihan: Rumah Tanah Baru (RTB) atau boleh juga disebut Rumah Keramik F. Widayanto.

Rumah Keramik ini di terletak di daerah Tanah Baru, Beji, Depok. Merupakan rumah keramik pertama dan terbesar di Jakarta, terletak di atas tanah seluas 13.000 meter persegi. Rumah Keramik ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Apa sih yang bisa dilihat di sini? Areal RTB ini terdiri dari 3 dataran (berundak-undak) yang dipenuhi dengan aneka pepohonan hijau sehingga menciptakan udara yang segar bebas polusi dan lingkungan yang sangat asri. Tak heran jika banyak yang menyewa rumah ini untuk mengadakan gathering, meeting, pernikahan, pemotretan, shooting dan sebagainya.

Di dataran pertama, setelah kita membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,-/orang, kita akan bertemu dengan bangunan rumah utama. Rumah ini terdiri dari ruang tamu, beberapa kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur dan beberapa ruang duduk serta beranda yang sangat nyaman. Bangunan rumah ini dipenuhi dengan aneka kreasi keramik sang empunya rumah, F. Widayanto, yang memang terkenal sebagai empu keramik di Indonesia. Aneka keramik mewarnai bangunan rumah, mulai dari lantai, dinding, patung-patung hingga peralatan kamar mandi. Bangunan bertingkat 2 ini disewakan dengan tarif berkisar Rp 1 juta/malam. Tapi kalo saya disuruh menginap di sini, sepertinya akan berpikir ulang, ngeri patung-patung itu tiba-tiba hidup di malam hari, hehehe…

Nah, setelah melihat-lihat rumah utama kita dapat menuruni tangga ke dataran di bawahnya. Di sini terdapat restoran yang banyak menyajikan menu tradisional Indonesia, ada pula bangunan toilet yang unik, rumah panggung serta gallery atau showroom aneka keramik. Pengunjung bebas melihat-lihat, memotret ataupun membeli keramik yang disukai.

Puas mengunjungi gallery, saatnya kita kembali naik ke dataran teratas di mana terletak tempat kursus membuat keramik. Dengan biaya Rp 75 ribu rupiah kita akan mendapat segumpal clay/tanah liat seberat kira-kira 150-200 gram. Dengan clay ini kita bebas membuat aneka bentuk keramik yang kita inginkan. Bisa memakai cetakan dengan aneka bentuk yang telah disediakan maupun membuat kreasi sesuka hati.

Akan ada mas-mas instruktur yang mengajarkan proses pembuatan keramik ini. Mulai dari cara mengisi cetakan, mengeluarkannya dan melakukan finishing touch sehingga hasil akhirnya menjadi cantik. Setelah seluruh clay yang diberikan habis terbentuk/tercetak, tugas kita selesai sampai di sini. Tugas selanjutnya akan diteruskan oleh pihak Rumah Keramik, yaitu mengeringkan keramik, mewarnai dengan glazuur dan mengoven keramik yang telah diwarnai. Kira-kira 2 minggu kemudian, kita dapat mengambil kembali keramik yang sudah jadi. Untuk peserta kursus yang berasal dari luar, keramiknya akan dikirimkan.

Gimana? Seru kan kunjungannya? Ayo, buruan ajak anak-anak ke sini. Dijamin asyik….


ALAMAT RTB
Jl. Curug Agung no. 1
Tanah Baru, Beji - Depok
Telp. (021) 775 7685, (021) 775 7686
Fax. (021) 775 7686
e-mail: informasi@fwidayanto.com
TOUR INFORMATION:
8:00 am - 4:00 pm


45 Comments to "Rumah Keramik F. Widayanto"

  1. elnino  4 January, 2014 at 13:19

    Mbak Yui Kirana, saya juga kurang tau nih, berapa harganya.Waktu itu gak nanya… Mungkin bisa hubungi langsung ke RTB-nya di nomor telepon yang saya sertakan di atas ya

  2. Yui Kirana  4 January, 2014 at 09:32

    mau nanya gentong kamar mandi sampe brp ya klo pesan secara saya mau buat kamar mandi dari gentong gterimakasih

  3. elnino  25 January, 2012 at 06:15

    Iya nih om, artikelnya tayang tgl. 15 Juli 2010, kemungkinan om Dj sedang liburan ke Indonesia. Artikelnya gak terbaca tapi kan ketemu langsung sama yg nulis artikel om…hehehe….
    Sepertinya om Dj juga bakal senang main ke sini. Bikin pot, oke2 aja,,, Ngomong2 saya ada simpan satu keramik kodok untuk om Dj. Bukan bikinan F. Widayanto sih, tapi bikinan muridnya yg sdh buka galeri sendiri. Nanti kalo kita bisa ketemu lagi, saya bawa deh…

  4. elnino  25 January, 2012 at 06:08

    ISK yang di Setiabudi sepertinya dominan galeri ya, gak tau ada workshopnya gak. Coba deh ajak MM ke sana. Pasti mereka suka main clay. Tempatnya asyik banget, bisa2 gak mau pulang, hehe…

  5. elnino  25 January, 2012 at 06:03

    Hahaha….ini artikel lama kok bangkit kembali.
    Betul sekali Kornelya, tempatnya benar2 asri, penuh seni dan sejuk alami. Bisa belajar bikin keramik lagi. Si Cempuk udah 3 kali ke sana. Salam manis untuk Jalom.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

Image (JPEG, max 50KB, please)