56 Etnis Suku di China: Kazakh Eagle Hunter

Sophie Mou


Note: cerita lain dari salah satu kebiasaan etnis kazakh yang hampir punah dibumi ini, yaitu eagle hunter, berburu bersama elang.

Ada cerita mengenai ketrampilan dari Suku Kazakh, berburu elang. Di Bayan Olgii, Suku Kazakh mempunyai tradisi yang hampir punah, yaitu memelihara elang, menjadi pemburu. Setiap tahun di Bayan Olgii diadakan festival Golden Eagle. Para pemburu berkumpul bersama, seluruh pemburu pemilik Elang.

Sebutan eagle hunter bukan untuk orang yang berburu elang tetapi orang yang berburu bersama elang. Eagle hunter bukan hanya dikenal dalam Suku Kazakh, tetapi di luar negeri eagle hunter dikenal dengan nama Falconer.

Suku Kazakh dikenal sebagai pemburu elang yang tangguh sejak jaman Kubilai Khan. Menurut cerita, Kubilai Khan setiap periode bulan Maret melakukan perjalanan dari utara timur untuk berburu diiringi oleh sekitar 10 ribu eagle hunter. Kebiasaan ini menyebar turun temurun, salah satunya diwariskan ke suku Kazakh.

Eagle Hunter dalam bahasa Kazakh disebut sebagai Burkut. Festival Golden Eagle ini diadakan pada bulan October. Para pemburu datang dari desa-desa di mongolia, mereka ada yang telah berkuda 2 hari 2 malam berturut turut. Sampai di Stadion, pemandangan yang tampak adalah dandanan mereka dengan jubah kulit hewan, kuda dan pelana yang dihias, dan Elang di tangan mereka.

Untuk Elang pemburu, biasanya ditangkap Golden Eagle, salah satu elang pemburu mangsa terbesar. Berat elang pemburu ini mencapai 6,5 kg. Cakar melengkung pada elang dan tajam untuk menangkap mangsa. Terbang mengikuti aliran udara, mencapai kecepatan 20 mil / jam, penglihatan elang ini 8x lebih tajam dari manusia. Mereka bisa mengenali kelinci atau rubah dalam jarak 1 mil jauhnya.

Elang yang digunakan biasanya betina, karena berat mereka hanya mencapai 1/3 dari yang jantan. Elang pemburu hidup mencapai umur 50 tahun, tetapi para pemburu hanya menjaga elang ini sampai berumur 10, dan melepaskan kembali ke alam.

Pada awal musim panas, para burkut ini pergi ke pegunungan menemukan sarang elang, memancing dengan umpan ayam. Elang muda lebih mudah dipelihara dan jinak, tidak menyerang anak kecil, elang yang telah dewasa lebih agresif.

Anak elang dipelihara selama 1 bulan, dibiasakan makan daging dari tangan burkut, dan menjadi terbiasa dengan kehadiran manusia. Pada akhir musim panas, elang tidak diberi makan. Diikat pada sebuah balok, pada saat mereka mencoba terbang selalu jatuh kembali. Setelah lelah dan letih, lapar, Elang siap dilatih. Elang dipancing dengan kulit binatang, setiap elang melakukan serangan, dia diberi hadiah. Sampai akhirnya Elang terlatih untuk berburu kelinci, marmot dan rubah.

Pada awal musim dingin, dianggap sebagai musim terbaik untuk berburu rubah. Biasanya, setelah salju pertama jatuh, pemburu naik kuda, memegang elang di lengan kirinya, dan mengembara di antara salju di puncak gunung tertutup. Begitu pemburu mendapatkan tempat rubah, ia akan mengirimkan elang berburu ke udara. Burung itu pertama naik untuk menilai sasaran dan kemudian terbang di bawah sejajar dengan sasaran, dan dengan cepat cakarnya yang panjang jatuh tepat di punggung binatang yang berusaha melarikan diri. Dia mencengkaram mangsa dengan cakar besi dan menunggu sampai datangnya burkut.

Para Burkut dengan bangga akan mengenakan topi dari bulu rubah selama musim dingin.

Golden Eagle Festival diadakan mulai tahun 2000, oleh asosiasi Burkut di Mongolia. Festival ini dimulai dengan menampilkan setiap pemburu dengan pakaian berburu yang indah dan rumit dihiasi aksesoris. Kemudian, elang berburu dievaluasi untuk keterampilan mereka. Para elang yang dilepaskan dari tebing batu, sementara pemilik mereka berdiri di bawah, mengirimkan sinyal bagi mereka untuk kembali ke tanah pada lengan tuan mereka, seperti yang mereka lakukan selama berburu. Elang dengan waktu tercepat dan teknik terbaik diberikan nilai tertinggi.



Referensi:

Photo by A Jackson, Viacheslav

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.