Baoding Balls

Josh Chen – Global Citizen


Lhaaaa…apalagi ini…hehehe…

Baoding (bacanya: pau ting) balls, sering disebut juga dengan banyak nama lain, di antaranya: Chinese exercise balls, Chinese meditation balls, Chinese medicine balls atau Healthy balls, sungguh sayang sekali bahasa Indonesianya sampai saat tulisan ini diketik, belum ada dan belum aku temukan.

Tulisan iseng ini terpikir untuk ditulis saat aku melihat Baoding balls yang aku miliki sudah bertahun-tahun yang lalu, bahkan aku sendiri lupa belinya di mana…haha…sambil memainkan dan memutarnya, mata tertumbuk pada coretan maobi (baca: mao pi, kuas China) di permukaan bola-bola itu. Sungguh indah dan cemerlang warnanya setelah bertahun-tahun. Memang bola-bola tsb dilapis dengan lapisan khusus, atau dibuat dengan teknik khusus.

Karena ingin tahu lebih jauh, akhirnya aku ngubek internet untuk mencari informasi mengenai bola-bola dalam genggamanku itu.

Baoding balls diperkirakan diciptakan di kota Baoding pada jaman Dinasti Ming dengan tujuan untuk latihan tangan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang. Seorang pandai besi bernama Wang Mengshen yang tinggal di Ganshi Bridge Weaponry menginstruksikan kepada anak buahnya untuk membuat 2 bola baja yang berongga. Dua bola baja itu dikirimkan ke istana dan sang kaisar merasa gembira menerimanya dan menetapkan bola-bola itu sebagai salah satu benda berharga kekaisaran ketika itu.

Di tempat asalnya di Baoding, bola-bola ini disebut dengan bola-bola metal atau bola-bola baja, yang memang dinamakan sesuai dengan bahan pembuatnya. Seiring dengan makin meningkatnya teknik pandai besi, teknik pembuatan bola-bola baja ini semakin tinggi. Bola-bola baja sekarang ini terbuat masing-masing dari 2 bola berongga, di mana yang bola yang satu di dalam bola yang lebih besar. Dengan demikian akan timbul suara seperti lonceng yang asik didengar ketika bola-bola itu diputar di tangan kita.

Bukan itu saja, bola-bola baja kemudian dihiasi dengan lukisan-lukisan tangan yang klasik dan oriental seperti yang aku punya di foto-foto ini. Teknik finishing juga semakin tinggi, sehingga membuat gambar-gambar indah juga terlindungi dengan baik.

Kegunaan dan manfaat bola-bola baja ini adalah untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang jika melatihnya dengan rutin dan benar. Bagi pemula atau yang belum pernah sama sekali menggunakannya, memutar bola-bola baja ini akan menjadi tantangan tersendiri. Ukuran bola-bola baja ini bervariasi, ada yang kecil sampai yang oversize juga ada (70-100mm keliling), tapi kebanyakan seperti dalam foto dan video youtube yang ada di artikel ini.

Pengguna pertama kali akan dengan mudah memutar 2 bola di tangan kanan searah jarum jam atau 2 bola di tangan kiri berlawanan arah jarum jam. Untuk pemula memutar 2 bola di tangan kanan ke arah berlawanan jarum jam dan sebaliknya untuk tangan kiri dijamin akan mengalami kesulitan. Namun jika sudah terbiasa, memutar dengan tangan mana saja ke arah mana saja tidak akan mengalami kesulitan.

Menurut para ahli pengobatan tradisional di China, berlatih dengan bola-bola ini akan meningkatkan vitalitas dan kesehatan dalam jangka panjang. Dipercaya bahwa dengan latihan ini, titik-titik akupunktur di tangan akan mendapatkan tekanan yang memadai dan baik efeknya untuk tubuh kita. Titik-titik syaraf di kesepuluh jari tangan terhubung dengan jantung, 5 organ dalam dan 6 organ metabolisme tubuh.

Kebenarannya bagaimana? Terus terang aku juga tidak tahu karena aku berlatih juga tidak rutin dan yang jelas hanya bisa gerakan putaran standard, belumlah sampai pada level yang ada di 3 video ini…

Berminat mencoba? Di Gramedia banyak tersedia…haha..bukan promosi Gramedia, tapi yang paling gampang dicari ya ke sana, di bagian alat-alat olahraga, tapi jika yang dekoratif, belum tentu ada dan tidak semua outlet tersedia…

Silakan mencoba…

PS: artikel menarik mengenai bola-bola baja ini di http://www.yogichen.org/gurulin/efiles/b0023ev2.html

Silakan ditonton 3 video yang mengagumkan ini – jika menonton 3 video di sini, dengarkan bunyi lonceng yang timbul saat bola diputar.



About J C

I'm just another ordinary writer. Seorang penulis lepas dengan ketertarikan bidang: budaya, diversity, fotografi, ekonomi dan politik.

Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *