Butternut Squash

Imeii & Sophie


Hallo sobat Baltyra semuanya, jumpa lagi kita di dapur Baltyra. Kali ini aku dan mpok Sophie akan mengisi ruang dapur, kolaborasi kali ini tidak kita rencanakan, sehingga tidak banyak foto-foto yang terjepret saat mengolah masakan kami ini, adalah suatu kebetulan kami penggemar jenis masakan satu ini..

Bermula dari hobby suami bermain tanah di halaman belakang rumah, tanah seimprit ditanamin macam-macam, kadang-kadang seperti semak tidak terurus, tapi kadang ada keindahannya juga, salah satu yang kusenangi adalah hasil kebun yang rutin ada di counter dapurku, setiap pagi beliau akan masuk ke dapur, menyetorkan hasil kebunnya, salah satunya adalah butternut squash, sejenis labu, ini adalah salah satu labu favorit beliau, walaupun kita jarang beli karena aku malas mengolahnya.

Saat masih di Jakarta dalam percakapan telpon beliau kasih tahu kalo ada butternut squash yang sudah saatnya dipetik dan kujanjiin kalo aku akan memasaknya asal beliau yang mengupasnya (perlu perjuangan mengupas labu ini)


Akhirnya terlaksana juga kemaren, seharian (lunch dan supper) kita makan hasil olahan ini

Bahan:

– butternut squash, kupas, belah dan potong-potong
– beef sausage, (bisa diganti dgn jenis daging lainnya, smocked beef, ham, hotdog ato daging cincang), di brown sebentar
– bawang bombay, iris kasar
– jamur segar, potong kasar
– bumbu: garam, merica, bubuk cabe
– 1 cup air

Cara:

– setelah sausage di brown, angkat, potong-potong, dengan sisa minyak tumis bawang bombay sampai harum, tambahin jamur dan labunya, aduk-aduk dan kasih bumbu, tambahkan sausage, aduk lagi, baru tambahkan air, masak sampai empuk, kalo aku pakai slow cooker, masak selama 2 jam, karena memang rencana mau bikin cream soup dengan sebagian dari labu tsb

– taburkan daun bawang, siap santap, kami gadoin aja tanpa nasi..


Sebagian dari labu yang sudah empuk tsb, aku campurkan sedikit tomat, keju dan susu, terus di blender, taburin keju dan sedikit chives  (dari pot belakang rumah juga), makan dengan roti atau crackers, cocok buat light supper


Okidokie.. sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini, semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat sejahtera

Salam ngebul dari dapur miniku

Imeii


Butternut Squash Daging Kepiting

Sophie

Ide menulis resep tandem dengan Mpok Imeii kebetulan melihat foto makanan yang dipostingkan di Facebook. Di Indonesia, butternut squash kurang lebih sama dengan labu parang. Resep aku kurang lebih tidak berbeda jauh dengan resep di atas.

Bahan :

2 sendok makan mentega
1 Cup bawang bombay yang sudah dipotong kecil
1 Cup apel yang sudah dikupas ( kurang lebih 1 buah )
2 sendok kecil Thyme
Sepotong kecil jahe, kurang lebih 1 cm, dikeprak dan ambil airnya, kalau ada bubuk jahe lebih mudah mengunakan bubuk jahe.
1 buah labu parang atau butternut squash, kira2 yang aku gunakan beratnya 1,5 kg. Labu dikupas dan dipotong kecil.
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh lada
1 Cup heavy cream
2 ekor kepiting, bersihkan dan dikukus hingga matang dan sisihkan, setelah dingin kupas kulit dan ambil daging kepitingnya.
4 Cup kaldu ayam

Cara :

– Dalam panci, lumerkan 2 sendok makan mentega, dan masukan bawang bombay, apel, thyme, jahe, dan masak kurang lebih 5 min, atau sampai apel dan bawang bombay menjadi lunak.
– Masukkan labu ke dalam panci, masak hingga lunak.
– Tuang kaldu ayam dan masukkan lada, garam, masak kurang lebih 15 sampai 20 min. Setelah itu matikan api, dinginkan selama 15 min. Gunakan food processor atau blender, tuang soup dan diblender.
– Tuang kembali ke panci, dan tambahkan heavy cream, masak sampai mendidih dengan api kecil, matikan api.
– Ambil daging kepiting yang sudah matang, dan dikupas lalu susun dipiring atau mangkok, tuang butternut squash soup dan garnish dengan chives atau parsley. Sajikan selagi hangat.


Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.