[Lomba Menulis] Konversi di Bulan Puasa

Linda Cheang – Bandung


Salam Sobat Baltyrans semua,

Perayaan hari merdekanya Indonesia pada tahun ini pas jatuh di bulan puasa. Mumpung masih bulan puasa dan biasanya di bulan puasa ini ada yang unik-unik, terutama yang hanya ada di Indonesia, maka saya mencoba mencari salah satu keunikan bulan puasa di sini. Kamera saya bawa karena hal-hal unik bisa saja terjadi dengan tiba-tiba.

Satu pagi ketika saya sedang dalam perjalanan pulang, saya melewati sebuah jalan kecil yang bisa mempersingkat jarak menuju rumah saya. Tidak biasanya saya dengar sebuah delman lewat di jalan yang biasa saya lalui itu. Lagipula tidak biasa jalan itu dilalui delman.

Saya menoleh ke belakang dan, yah, ada satu unit delman yang sarat dinaiki anak-anak kecil yang menikmati libur puasa. Rupanya Pak Kusir Delman sedang memanfaatkan delmannya, dikonversi untuk mencari rejeki dengan menerima permintaan anak-anak kecil menaiki delman dan dibawa satu putaran mengelilingi kompleks sekitar perumahan padat itu. Setiap anak saya perhatikan membayar seribu rupiah kepada Si Pak Kusir dan saat itu suasananya memang riuh dengna anak-anak yang berebutan naik dan turun delman.

Saya berpikir, ini termasuk unik juga dan hanya ada di bulan puasa dan belum tentu ada juga di luar Indonesia, maka saya segera keluarkan kamera Digital Saku Lan Ringkes yang ada di tas saya dan… ealah, si kuda tiba-tiba saja meringkik seperti menertawakan saya beberapa saat sebelum saya menjepret mengambil gambar.

Ada-ada saja.

Salam klik!

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *