Sandhy Sondoro

Photographer : Charlie Hartono Lie


Sophie’s note :

Kapan pertama mengenal penyanyi ini sudah lupa, yang pasti baca namanya pertama kali lewat sebuah situs yang memperkenalkan dirinya. Namanya mungkin tidak familiar bagi pembaca Baltyra, juga bagi diriku. Setelah cari sana sini, ternyata WoW… prestasi penyanyi yang berumur 36 tahun sungguh suatu yang patut dibanggakan.

Namanya Sandhy Sondoro. Menyanyi bukan hal yang baru bagi Sandhy. Lahir dari keluarga yang menyukai musik, salah satu sepupunya adalah penyanyi cilik terkenal yaitu Ira Maya Sopha. Karir musiknya diawali ketika Sandhy bersekolah di German.

Sandhy mulanya bergabung dengan sebuah Band, tetapi band tersebut jarang mendapat kesempatan manggung, sampai akhirnya Sandhy nekad mengamen, bergabung dengan pengamen yang dilihatnya di jalanan. Sandhy tidak hanya mengamen di jalan, tetapi bernyanyi dari bar ke bar dari Berlin hingga kota kota di Eropa.

Sampai pada tahun 2008, Sandhy menerbitkan album berjudul Why Don’t We pada awal april 2008, peluncuran album yang berisi 12 lagu berbahasa english ini memulai debut Sandhy masuk ke industri musik.

Sandhy didorong oleh teman-temannya untuk mengikuti ajang New Wave, sebuah kompetisi musik international di Jurmala, Latvia. Dan Sandhy mendapat kemenangan pertama dalam kontest tersebut, dari 12 juri yang ada semuanya kompak memberikan nilai 10 untuk Sandhy. Menjadi juara pertama, menorehkan nama Indonesia diajang International.

Sony music Indonesia telah menerbitkan album yang berisi lagu Malam Biru, dan End of the Rainbow.

Tgl 4 Agustus lalu, Sandhy berkesempatan manggung di Hotel Le Grandeur Mangga Dua. Acara bertajuk Jazz Moment With Shandy Sundoro, bekerja sama dengan Lite FM 105.8 FM. Jika pembaca menyukai musik jazz, suara Shandy boleh dibilang mempunyai ciri khas tersendiri. Diana Warren yang bertemu dengan Sandhy pada ajang Java Jazz 2010 begitu menyukai suara Sandhy dan mengajaknya bekerja sama.

Semoga Indonesia lebih banyak menghasilkan penyanyi seperti Shandy yang baik suara dan prestasinya patut dibanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.