Pepes Telur Asin

Linda Cheang – Bandung


Halo Sobat Baltyrans,

Salam sejahtera untuk semua!

Kali ini saya juga mau dong, unjuk masak, membuat masakan yang sederhana saja. Pepes Telur Asin. Masakan kali dibuat semata untuk memanfaatkan 5 butir telur asin mentah yang tersisa dan dengan bahan yang seadanya. Telur asinnya dibeli dari Rengasdengklok dalam kondisi mentah, tetapi sudah terbalut dengan tanah liat bercampur garam selama satu bulan, jadi rasa asinnya cukup dan kuning telurnya akan masir mengeluarkan minyak.

Hidangan ini selain sederhana juga lembut di lambung. Cocok sebagai menu buka puasa. Saya bisa katakan ini karena saya juga berpuasa. Setiap minggunya ambil 2 hari untuk puasa. Bedanya jika para umat Muslim puasa dari mulai Imsak sampai beduk maghrib dibunyikan, umat Kristiani umumnya berpuasa mulai sejak makan malam terakhir Pk 18.00 dan akan berbuka pada Pk 12.00 esok harinya. Bahkan bila kuat, ada jemaat Kristiani yang buka puasanya pada Pk 15.00 bahkan jika memang kuat, tepat berpuasa sehari penuh sampai buka Pk 18.00 lagi.

Baiklah sekarang kita sediakan bahan-bahan pembuatnya. Selain telur asin, bahan yang diperlukan adalah daun kemangi dan bawang merah secukupnya diiris tipis-tipis. Untuk penyedap rasa, dapat ditambahkan gula pasir sedikit saja. Setiap satu butir telur siapkan pincuk dari daun pisang batu yang kualitasnya bagus.

Buat pincuk dengan tusuk sate, tusuk gigi atau dengan staples yang paling praktis tetapi tidak artistik. Supaya tidak tumpah, pincuk yang setengah jadi letakkan di atas mangkuk.

Letakkan daun kemangi dan irisan bawang merah banyaknya sesuai selera, dan pecahkan sebutir telur bebek ke atasnya.

Tutup pincuk dan kukus sampai matang. Pepes telur buatan saya ini dimasak dengan cara ditim menggunakan gunakan panci presto. Supaya hasilnya benar-benar empuk dan lembut.

Jadilah makanan sehat dan bebas kolestrol.

Sajikan bersama nasi hangat.

Selamat berbuka puasa.

Salam

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.