[Lomba Menulis] Wajah Asing Mendominasi Dunia Hiburan Indonesia

Muhammad Faris


Jika kita berbicara tentang Indonesia, salah satu yang terlintas di benak kita pasti adalah “surga bagi mereka yang berwajah indo atau bule untuk mencoba yang peruntungan di dunia hiburan”. Rasanya istilah tersebut tidak berlebihan mengingat beberapa tahun belakangan banyak sekali wajah-wajah indo bertebaran menghiasi berbagai media hiburan di Negeri ini, khususnya dalam bidang akting, presenting, dan iklan.

Banyak sekali film, sinetron, maupun iklan produksi tanah air yang rata-rata menghadirkan pemain yang berwajah indo, malah ada juga beberapa stasiun televisi yang menghadirkan wajah “bule asli” sebagai bintangnya  karena mereka dianggap lebih “menjual”.

Hal ini menunjukkan bahwa sepertinya saat ini dunia hiburan tidak lengkap rasanya jika para pelakonnya tidak ada yang berwajah indo, tapi rata-rata mereka hanya mengandalkan penampilan semata, tanpa ditunjang dengan kualitas yang mumpuni, salah satu saja contohnya, bagaimana mungkin seseorang dengan logat Bahasa Indonesia yang belum fasih saja dapat dengan mudah mendapatkan peran dalam sebuah film atau sinetron?  Sedangkan warga pribuminya saja yang tentunya sudah lancar berbahasa Indonesia terkadang harus menerima penolakan berulang kali dalam mengikuti sebuah casting hanya demi mendapat sebuah peran hanya karena mereka tidak memiliki wajah dan fisik layaknya “bule”.

Sungguh kenyataan yang sangat ironis sekali bukan? Padahal dulu wajah-wajah pribumilah yang mendominasi dunia hiburan tanah air ini, tetapi seiring berjalannya waktu dan masuknya pengaruh westernisasi ke Indonesia membuat semua hal ini terjadi.  Terkadang saya merasa salut pada Negara-negara seperti Jepang, Cina, India, dan Korea yang begitu bangga akan wajah aslinya. Jarang kan kita lihat serial televisi maupun film dari Negara tersebut yang berwajah selain wajah pribumi? Kalaupun ada paling hanya sedikit sekali. Itu bukti bahwa mereka sangat menghargai budaya bangsa sendiri, sangat kontras dengan Negara kita yang cenderung mendewakan orang-orang selain warga pribumi sebagai warga “kelas satu”.

Mulai sekarang, sudah saatnya kita lebih menghargai bakat yang dimiliki oleh bangsa pribumi kita, berikanlah kesempatan pada wajah-wajah “asli Indonesia” yang memiliki kualitas yang baik untuk menggapai impian mereka. Bukan berarti saya anti terhadap “bule-bule” tersebut, pada kenyataanya banyak juga sebenarnya dari mereka yang berbakat dan berkualitas baik. Jangan sampai tercipta opini bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang kurang menghargai budayanya sendiri gara-gara hal tersebut. Mari kita tunjukkan identitas kita sebagai bangsa yang menghargai budayanya sendiri!


Ilustrasi: gadis.co.id


Note Redaksi:

Selamat datang dan selamat bergabung Muhammad Faris, semoga kerasan ya…make yourself at home dan semoga ada sharing yang lain lagi.

2 Comments to "[Lomba Menulis] Wajah Asing Mendominasi Dunia Hiburan Indonesia"

  1. Suriyani  22 May, 2019 at 20:18

    Gimana caranya dapat data bahwa dunia hiburan didominasi oleh mereka yg berwajah Indo ?

  2. Sazu  8 February, 2011 at 19:10

    Di pantai-pantai Jawa, bangsa-bangsa berdesak-desak.
    Mereka berganti-ganti seperti awan-awan di langit.
    Terus menerus mereka berdatangan dari seberang lautan
    Hanya orang Indonesia yang tidak pernah menjadi tuan di rumah mereka sendiri~

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.