Ada Berapa Banyak Indonesia?

Andi Gunawan


Bulan Agustus menjadi bulan penting bagi Indonesia. Nuansa merah-putih membauri Nusantara dengan gegap gempita semangat nasionalisme yang entah mengapa mendadak menyala di satu tanggalnya. Banyak orang gembar-gembor soal kemerdekaan. Antara sebuah perayaan atau sekadar kebiasaan.

Jutaan ucapan untuk bangsa ini terpampang di segala ruang. Pun di Baltyra. Mata saya dibuat lelah membaca kalimat seragam di sini di sana di mana-mana: “Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Ke-65″ atau “Selamat HUT Indonesia Ke-65″

Indonesia ke-65? Bukankah itu berarti ada 64 Indonesia lainnya? Di mana 64 lainnya itu? Saya hanya tahu ada satu Indonesia. Koreksi jika saya salah. Setahu saya yang “ke-65″ itu adalah tahun kemerdekaan kita, bukan jumlah Indonesia. Saya kira penggunaan HUT-pun agak kurang tepat. Akronim dari Hari Ulang Tahun ini biasanya diasosiasikan dengan hari kelahiran. Bukan Indonesia sudah ada sejak sebelum 17 Agustus 1945?

Apa yang sebenarnya sedang kita peringati? Kemerdekaan Indonesia? Ulang tahun Indonesia? Atau jumlah Indonesia yang sudah mencapai enam puluh lima? Entahlah, saya hanya ingin mengucapkan: Selamat Hari Kemerdekaan Ke-65 Republik Indonesia.

———————————————————————

*logo 65 Indonesia oleh Bisri Mustova (http://mustova.com)

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.