Bandung Kelabu

Djoko Paisan – Mainz, Jerman


Hallo dunia Baltyra, di mana saja Anda semua berada

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Semoga berkenan dan tidak membosankan, kalau membosankan, lewati saja …. hahahahaha…!!! Ini dia lanjutan  cerita dari”Mudik 2010”

BANDUNG  KELABU….

Mengapa dikau menangis tersedu…???

Tidak kah engkau mampu sedikit tersenyum ???

O… Bandung…berapa lama dikau telah kurindu.

Langitmu tertutup awan yang berduyun-duyun.


Kami basah karena derasnya tangismu.

Ku ingat cerahnya wajahmu dua tahun yang lalu.

Kami datang hanya karena mengingat kasihmu.

Di manakah senyummu yang dahulu…???


Sobat BalTyRa semuanya, maaf kalau Dj. berusaha menulis sedikit puisi (kalau boleh dibilang puiisi) dan yang jelas tidak sebagus puisinya mas Wewe, Peony atau sobat yan lain. Tapi ini hanya sekedar ungkapan hati Dj. semata. Karena dari Ciloto Susi dan Daniel sudah sakit perut dan sesampainya di Bandung langsung ke rumah sakit Boromeus.

Untung ada saudara Dj. yang mana sejak hari pertama mau nungguin / menemani kami sampai jam 23:00 malam. Susi tidak mau tinggal di rumah sakit, olehnya kami pulang-pergi ke rumah sakit dan Novotel. Hanya di ruang gawat darurat, untuk mendapatkan perawatan, obat-obatan dan infus. Kadang kami hanya menyempatkan diri untuk cari makan malam, atau makan siang diluar, kalau ada saudara Dj. yang menemani Susi.

Di bawah ini, Dj. berusaha menghibur Dewi dengan makan siang dan berbelanja di Paris van Java.

Sedikit berbelanja CD yang Dewi anggap sangat murah, dibanding harga di Mainz.

Juga sepatu, tas dan baju Converse untuk adik dan mamanya yang masih berbaring di rumah sakit.

Saat Daniel sudah baikan maka dia juga bisa ikut jalan-jalan menikmati Bandung. Dan saat itu datanglah Linda, menjenguk kami di Hotel. Olehnya kami jalan ke PvJ lagi dan Dewi menemani mamanya di Hotel. Dj. dan Daniel bersama Linda di PvJ.

Hari berikutnya, kami bersama keponakan, diajak sebentar keliling Cihampelas yang mana untuk anak-anak cukup mengherankan. Yang jelas, seperti Cihampelas, tidak ada di Mainz, bahkan tidak ada di seluruh Jerman, adanya hanya di Bandung.

Sore harinya kami diajak keponakan ke Starbucks Coffee. Di sini, anak-anak juga senang bisa menemukan kopi kesayangan mereka, walau untuk Dj. yang tidak minum kopi, tidak tau di mana enaknya….hahahaha…!!! Tapi buat mereka adalah satu kebanggaan dan bahkan bisa beli kenang-kenangan di sana.

Malam itu juga kami diantar keponakan ke Jalan Bungsu, untuk menikmati BaTaGor di Kingslay

Jelas kue pocong kesukaan Dj. tidak Dj. lewatkan dan penjualnya sangat senang saat kami ambil photo.

Dan kami menikmati musik yang dibawakan oleh dua ujang Bandung.

Hanya sedikit kagok, saat Daniel minta lagu ”Bengawan Solo”. Bayangkan, ujang Bandung, harus menyanyikan lagu Bengawan Solo. Tapi rupanya mereka sanggup dan bahkan sangat bagus. Malah hampir saja Daniel mau nyanyi, tapi Dj. cegah, karena takut nanti malah tidak jadi pulang. Hahahahahahaha….!!!

Nah inilah yang  Dj. dan anak-anak dapat selama 4 hari tiga malam di Bandung. Sayang untuk Susi hanya melihat rumah sakit dan kamar di hotel saja yang ditemani kaka ipar Dj.

Tangkubanperahu, Ciater , maupun saung Ujo yang sudah menjadi daftar kunjungan kami, sama sekali tidak mungkin kami ke sana. Karena tanpa Susi, tidak mungkin.

Dan inilah sedikit kisah perjalan kami selama di Bandung, yang sebenarnya banyak harapan kami bisa melihat dan menikmati lebih banyak lagi.

Semoga oret-oretan di atas, tidak menjadikan anda semua bosan membacanya ya….Maafkan Dj. bila banyak kata-kata yang tidak pada tempatnya. Terimakasih untuk kesabaran sobat semua dan terimakasih juga kepada pangasuh BalTyRa, yang telah dan selalu memuat oret-oretan Dj. yang apa adanya ini.

Salam manis kami dari Mainz, untuk anda semuanya. Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, menyerta kita senantiasa….!!!


Tak lupa kami ucapkan, SELAMAT  HARI  RAYA  IDUL  FITRI…!!!

Maaf lahir dan bathin….!!!


Dj. 813

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

487 Comments to "Bandung Kelabu"

  1. Dj.  17 January, 2012 at 22:38

    Silahkan bung Wiguna….
    Terimakasih sudah sudi baca oret-oretan Dj.
    Apa anda ada saudara di Jerman…???
    Karena ada teman yang namanya sama ( Bambang Wiguna ).
    Atau hanya kebetulan sama nama.
    Selam Sejahtera dari Mainz.

  2. Taufan Wiguna  17 January, 2012 at 10:42

    numpang baca pak

  3. Dj.  2 December, 2011 at 23:09

    Mbak Adhe….
    Dj. malah sangat senang, karena ternyata masih ada yang baca….
    Kadang heran, karena setiap hari, ini oret-oretan masih ada yang tengok, bahkan banyak….
    Barusan Dj. sedikit kaget, karena leyeh-leyeh di sofa dan Lap Top pas didekat kepala.
    Taunya bunyi ” TING TONG ” !!!
    Jadi kebangun deh….hahahahahahahahaha….!!!!
    Tapi ada baiknya juga, karena maunya leyeh-leyeh 30 menit, taunya sudah 3 jam….hahahahaha….!!!

    Terimakasih, sudah mampir dan sudah membangunkan Dj., yang mana memang sudah harus bangun, harus beraangkat pitnes….

    Mbak Adhe….
    Susi dan anak-anak, saat itu cukup serius sakitnya, selama 5 minggu liburan, 3 minggu hanya bolek-balik rumah sakit dan hotel..
    Dokter hanya suntik Boskopan dan infus fitamin.
    Ternyta Susi , Dewi dan Daniel kena firus Echerichia Choli ( EHEC ), tapi masih yang normal, yang mana di Jerman sudah dianggap tiidak ada.
    Dewi tidak tahan dan 2,5 minggu, dia pulang duluan ( sendirian ) ke Mainz
    Dan saat kami sampai di Mainz, Susi dan anak-anak di karantina, tidak boleh kerja ( sekolah ) selama 3 minggu, agar tidak nular keorang lain.

    Itu dia yang membuat mereka jadi trauma untuk liburan ke Kuala Lumpur.
    Mudah-mudahan tahun depan, kalau kami mudik, maka suasananya akan lain dan akan lebih baik.

    Sekali lagi…TERIMAKASIH…..!!!
    Salam manis dari Mainz untuk keluarga dirumah…dan semoga sehat selalu ya…

  4. Adhe  2 December, 2011 at 21:17

    Pakde DJ….aku juga baru baca hahaha…..terlalu banget yaaa, baru bacanya sekarang, pasti pakde geleng2 kepala lhaa masih ada lagi yg komen hihihi….padahal artikel pakde yg terakhir edisi “Malorca”, nggak apa apa deh….toh tulisannya tetep asyik dibaca, yaa paling sedih kalo pas jjs kena sakit walah…bener2 deh, tapi syukurlah tante Susi hanya sakit ringan. Bandung memang gak ada matinya….baik wisata alam, wisata belanja dan wisata kulinernya…kap lengkap deh…

  5. Dj.  15 October, 2011 at 21:31

    Ibu Matahari…..
    Terimakasih ya….
    Sudah rekort, masih juga ditengokin lagi…tengokin lagi…
    Yaaaaa….semakin bertambah saja nih….hahahahahahaha….!!!
    Padahal untuk Dj. rekort juga tidak ada apa-apanya….
    Sekali lagi, terimakasih selalu menambah jumlah pengunjung di lapak ini….

  6. matahari  15 October, 2011 at 18:17

    Benar sekali sdr JC…tulisan diatas ernyata thn nya 2010…saya melihatnya kurang hati2…tapi tetap aja merupakn record ya utk jumlah sebanyak itu…

  7. Dj.  15 October, 2011 at 12:26

    Dimas Josh Chen…..
    Selamat Pagi dari Mainz…..
    Terimakasih sudah tolong menjawab…..
    Jadi tambah buanyaaaak isi komentarnya….
    Hahahahahahahaha…..!!!
    Buka LapTop, sampai kaget, kok mmasih ada yang kasi komentar disini.
    Padahal sudah sejak tahu lalu ( 13 bulan ya…. ).
    Apa sudah kelamaan, mungkin perlu dihapus saja, agar tidak ada yang nengok lagi….

    Jujur, Dj. tidak keberatan, lha wong hanya oret-oretan saja, masih bisa bikin lagi….
    Hahahahahahahaha….!!!

    Salam manis untuk keluarga dirumah ya….

  8. Dj.  15 October, 2011 at 12:21

    matahari Says:
    October 15th, 2011 at 05:31

    Tulisan ini telah dibuka sebanyak 67 288 org !!! Benar2 record !!! Dan kalau liat tgl terbitnya…sebulan lalu…artinya 30 hari.lalu ..berarti per harinya rata rata tulisan ini dibuka 2000 orang lebih….
    —————————————————————————————————————————

    Ibu / Bapak / Mbak / Mas MATAHARI…..
    Terimakasih sudah mampir…..
    Dan anda sudah menambah 1 kunjungan dan juga 1 dari dimas Joosh Chen dan juga dari jawaban komentar anda….Wadoooh, jadi makin bertambah ….buaaanyaaaaaaak suekaliiii….!!!
    Dan sampai dimas Josh Chen menjawab komentar anda, Maka komentar Dj. rasa juga rekord…. ada 471 komentar. Dj. sampai heran, lha wong cuma oret-oretan saja, lol ya buanyak yang menulis komentar, mana lagi tidak ada yang negativ…
    Terimakasih untuk BalTyRaer yang telah meramaikan oret-oretan Dj.
    Matur Numun, Hatur Nuhun, Tararengkyu, Danke….!!!!
    Salam manis untuk anda semuanya dari kami di Mainz…..

    Terutama untuk anda ya ( Dj. terka saja….) Ibu Matahari….!!!

  9. J C  15 October, 2011 at 05:40

    Huehehehehe…Matahari, terbitnya benar bulannya September, tapi tahunnya 2010 lho…

  10. matahari  15 October, 2011 at 05:31

    Tulisan ini telah dibuka sebanyak 67 288 org !!! Benar2 record !!! Dan kalau liat tgl terbitnya…sebulan lalu…artinya 30 hari.lalu ..berarti per harinya rata rata tulisan ini dibuka 2000 orang lebih….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *