Pineapple Upside Down Cake

Phie – Midstate


Halo pembaca Baltyra, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat sejahtera ya.

Kali ini saya mau bagi resep yang abis saya praktekin baru-baru ini. Ceritanya duluuuuuuu banget pernah diundang makan ke rumah seorang teman yang salah satu dessertnya kue ini, kok enak ya tapi mau nanya resepnya kok malu hehehe…padahal malu bertanya alhasil ngga bikin-bikin deh…

Nah minggu lalu kok pas di grocery store nemu cake mix ini saya liat kok ada resepnya dan gambarnya persis dengan cake yang saya makan dulu itu, ya sudah lah bergegas masukin ke keranjang belanjaan. Pas malam-malam lagi bengong akhirnya jadilah kue ini…pertama sih ragu-ragu hasilnya gimana yaaaa…eehhh ternyata enak bangeeeeeeeeeeeeddd! (sampe pake ‘d’ deh ah!)….ga sia-sia deh jam 12 malam kelontangan di dapur.

Oya, buat yg ga suka manis kayaknya ini ngga cocok deh….abis emang manis banget (sama sih kya yang bikin…hihihihi)

Bahan:
1 pak cake mix rasa pineapple/nanas
1 kaleng nanas potongan (sliced pineapple), buang airnya
cherry maraschino secukupnya
1/2 cup mentega/butter (saya selalu setia dengan Blue Band, lebih wangi)
1 cup brown sugar (boleh dikurangi jika terlalu manis)

Cara membuat:
1. Cake mix rasa nanas dibuat sesuai petunjuknya, kalau saya selalu ganti veggie oil dengan mentega Blue Band, air diganti dengan susu cair, telor hanya ambil kuningnya. Biasanya supaya hasil kue lebih wangi saya tambahkan vanilla dan rhum (saya pakai merk Captain Morgan, ada di liquor store). Sisihkan adonan.

2. Lelehkan mentega di dasar loyang, taburi dengan brown sugar sampai merata. Lalu letakkan potongan nanas di atasnya. Belah dua cherry maraschino untuk diletakkan di tengah bulatan nanas dengan bagian cherry yang terbelah menghadap ke atas.

3. Tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah diisi nanas dan kawan-kawannya lalu panggang dengan suhu 350 F/175 C selama 35 menit atau sampai matang merata.

4. Setelah agak dingin balik isi loyang di atas piring saji datar.

Selamat menikmati!

Perut kenyang hati senang…la la la la la

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.