Jepretan Indah

Linda Cheang – Bandung


Pembaca semua,

Kali ini saya ingin memberi apresiasi atas jepretan seorang teman yang baik hati.

Suatu petang, ketika badan sudah penat, mata sudah sayu, saya dengan setengah hati dalam suasana suntuk mengacak-acak isi blog beberapa teman, mencari kalau saja ada yang indah, dan eiiyyyy!  Tatapan mata saya tiba-tiba saja terpaut pada sebuah gambar gedung tinggi berarsitektur kuno, mungkinkah bergaya renaissance? Indah sekali gambarnya!

Saya kontak si pemilik blog lewat pesan personal dan pesan instan, bertanya mengenai gambar itu, sekalian minta izinnya untuk menampilkan gambar itu di media Baltyra ini.  Keterangan dari si pemilik blog, gedung itu diambil gambarnya ketika si pemilik gambar sedang berjalan pada suatu sore, di suatu sudut Paris, menuju ke Menara Eiffel.

Menurut teman saya si pemilik gambar itu (seorang ekspatriat), gambar gedung itu diambil asal jepret saja. Menurut saya, jika asal jepret saja, sudah bagus begitu pada anggapan saya, bagaimana kalau ambil gambarnya sungguh-sungguh, ya? Menurut saya lagi, karena kebaikan hati si penjepret, meski gambar diambil asal, tapi membuat tampilan gambar jadi indah begitu. Bien fait, Monsieur!


Saya suka melihat sudut jatuhnya sinar matahari sore menerpa gedung itu, membuat si gedung kelihatan berkilau, juga serasa romantis. Belum tentu pada sore berikutnya sudut jatuh cahaya akan sama lagi, tergantung kondisi langit dan awan. Apalagi saya juga suka mengagumi arsitektur bangunan, mulai gaya jadoel sampai gaya masa kini yang bersih-minimalis. Sebab saya gagal jadi arsitek, jadi, ya, sebatas mengagumi saja.

Satu lagi yang ingin saya berikan apresiasi adalah gambar yang berikut ini, Monalisa! Iya, yang ada di Musée de Louvre, Paris. Kalau gambar yang ini bukan untuk apresiasi kualitas jepretannya, tetapi objek gambarnya. Signora Monalisa yang terkenal itu, karyanya Maestro Leonardo Da Vinci. Saya memang ingin sekali bisa melihat kondisi lukisan terkenal itu seperti apa, tetapi selama ini juga sulit mencari teman-teman yang kiranya punya gambar Monalisa di Louvre itu.

Hampir saja saya kecewa untuk mendapatkan gambar ini, karena kelupaan si pemilik gambar. Oleh si pemilik ybs pun, Monalisa ini tidak dipasang di blognya. Mungkin karena hasil jepretannya memang gelap. Tadinya saya berpikir si pemilik gambar mungkin enggan berbagi Monalisanya. Beberapa lama menunggu dengan harap-harap cemas. Dikasih, tidak, ya? Dikasih, tidak, ya?  Ternyata satu hari, akhirnya saya diberi juga, asyikk! Melalui pesan instan, beliau sampaikan bahwa kalau saya memintanya,  pasti dia akan memberikan. Baik hati sekali dia! Jika ada emotikon bisa tampil di sini seperti halnya di Yahoo Messenger, saya ingin bisa menampilkan di sini, emotikon love struck, untuk si tuan pemberi yang baik hati itu,  hahaha… Maintenant, vous devez être souriant, mon ami! :D


Gambar aslinya dari si pemilik gambar, kurang jelas kelihatan wajah Si Monalisa karena lukisan tsb diberi kaca gelap, yang kabarnya guna melindungi lukisan tsb dari  kerusakan akibat cahaya blitz dari kamera. Selain itu ada jarak antara kaca gelap dengan pengunjung, sehingga siapapun yang memotret melalui kaca gelap itu, pasti hasil gambarnya kurang kelihatan dan agak blur.  Setelah saya olah sedikit  dengan perangkat lunak fotografi, baru, deh, kelihatan tampangnya Si Monalisa dengan lebih tajam. Saya “kembalikan” lagi Monalisa ini kepada si pemilik gambar, dan saya harapkan si pemilik gambar boleh merasa lebih senang karena sudah bisa lihat Monalisa lebih jelas lagi.


à Monsieur Y, mon bien ami. Merci beaucoup pour m’avoir ont ces belles images. Que Dieu vous bénisse.

À bientôt!

Cordialement,

Linda Cheang

September 2010

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.