Hari Batik Indonesia

Nuchan


Dear temans Baltyra,

Berhubung hari ini 02 Oktober 2010 jatuh sebagai hari peringatan Hari Batik Nasional Indonesia, mungkin kita bisa memposting kembali seputar Hari Batik Indonesia ini hehhehee…Saya punya kisah seputar menjelang Hari Batik kita ini hehhehe…


Belum punya persiapan sama sekali

Untuk menyambut Hari Batik Indonesia 02 Oct 2009, saya sama sekali  belum memiliki persiapan khusus. Walaupun beberapa sahabat saya yang sangat perhatian dengan warisan budaya Indonesia ini jauh-jauh hari sudah mengirimkan e-mail  dan menghimbau saya untuk memakai Batik Indonesia pada hari istimewa ini 2 Oct 2009.  Rasanya saya sudah bongkar semua lemari baju saya tapi saya tak menemukan pakaian Batik yang cocok buat saya pakai besok. Duch mau tidak mau saya harus pergi ke mall untuk berburu baju Batik.

Euphoria
Pukul 16:30 tepat saya sudah cabut dari kantor saya, balap menuju mall terdekat hehehe. Sampai di mall saya langsung menuju counter Batik Keris Indonesia. Wadoh gawat ternyata orang yang senasib dengan saya banyak sekali, para pembeli sudah ramai memenuhi counter Batik Keris Indonesia. Alamak gimana caranya nih menemukan baju yang cocok. Alih-alih cari baju Batik, saya justru sibuk mengabadikan para pembeli Batik ini dengan kamera saku saya hehehe…yang unik adalah para pembeli ini banyak yang orang Indonesia berdarah Tionghoa, terlihat ayah dan anak sedang bersemangat memilih-milih motif yang cocok buat anaknya.

Ada juga para guru dan murid-murid  dari Sekolah Pelita Harapan dan Don Bosco sedang tertawa ceria memilih berbagai baju Batik yang dipajang di Batik Keris Indonesia hehehe. Saya tahu mereka dari seragam baju yang mereka pakai malam itu. Dan juga beberapa muridnya yang berteriak gembira sambil berseru memanggil gurunya dengan Sir!Sir! saya dapat motif yang bagus, sambil dengan wajah sumringah memamerkan ke gurunya. Terlihat teman-temannya pun setuju bahwa motif itu bagus. Saya sampai kaget dan terharu juga ternyata kalangan Civitas Akademika pun tampaknya perduli dengan masalah warisan budaya Indonesia ini.Semoga ini bukan hanya euphoria sesaat saja  atau panas-panas taik ayam katanya hehehe.

Akhirnya Kumenemukanmu
Sibuk memotret orang lain, koq saya malah lupa dengan kepentingan saya sendiri, bahwa saya belum menemukan baju Batik yang cocok. Akhirnya saya coba turun ke lantai 1 di dekat bagian pintu masuk mall ternyata ada pameran Batik Indonesia. Di sini pun sudah ramai dengan pengunjung. Saya coba sibak satu  persatu baju yang dipajang, belum juga ketemu yang cocok, duch saya koq jadi resah jadinya. Saya coba putar lagi ke counter yang di pojok, sibuk memilih-milih motif yang cocok, setelah satu jam penuh berkutat memilih-milih yang cocok akhirnya saya putuskan membeli satu buah yang bermotif kotak-kotak di tengahnya ada kembang-kembang kecil dan berwarna dasar hitam. Lumayanlah motifnya agak tradisional banget  menurut saya, motif OK dan harganya juga tidak terlalu mahal buat kocek saya. Hehehe. Saya jadi lega karena besok 2 Oct 2009 saya bisa pakai baju Batik Negeriku Indonesia horeeeee!

Siaran TV pagi
Bangun pukul 6 pagi 2 Oct 2009 menyalakan TV, semua penyiar TV saya lihat memakai Baju Batik Indonesia. Sedang menyiarkan berita di berbagai pusat perbelanjaan di beberapa kota di Indonesia Jakarta, Bali, Surabaya, Jogyakarta, Pekalongan dan Medan dan beberapa kota lainnya dibanjiri para pengunjung yang ingin berburu pakaian Batik Indonesia juga hehehe..Duch ramai sekali beritanya yah, sama hebohnya dengan pemberitaan gempa bumi di Sumatra Barat dan Jambi. Sedih gembira beritanya campuk-aduk dech…Semoga kegembiraan kita menyambut Hari Batik Indonesia ini tidak mengesampingkan arti penderitaan saudara-saudara kita yang ada di SumBar dan Jambi. Maaf ya saudara!

Hari Batik Indonesia 2 Oct 2009
Dan hari ini 2 Oct 2009, secara resmi Batik sudah diakui dan disahkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Betapa lega dan bahagia sekali. Terutama Kota Pekalongan sebagai kota Batik akan membuat pesta besar-besaran atas hari istimewa ini. Saya  pun hari ini bekerja menggunakan Batik Negeriku Indonesia. Teman-teman yang lain pun sama juga. Lucu juga yah motifnya beraneka macam…wuih ini menandakan orang Indonesia itu kreatif yah..abiz motifnya nga ada yang sama boo..walaupun dasarnya sama hitam juga tapi motifnya kaya sekali..hehehe…Luar biasa! Okay dech selamat buat semua sahabat dan handai taulan “ Selamat Berbatik-Ria” dan “Hidup Batik Indonesia”! Jaya Negeriku di Laut, Darat dan Udara! Kekeke…

[email protected]
Hidup Batik Indonesia


Artikel terkait: http://baltyra.com/2009/10/02/soeharto-pemantik-batik/

About Nuchan

Apa yah isinya hehehe

Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.