Gili Air Lombok

Bayu Winata


Gili Air, merupakan salah satu bagian dari Tiga gili yang terdapat di Pulau Lombok.  Di Lombok, terdapat kawasan wisata dunia yang dikenal dengan nama Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Di kawasan Gili Air ini, terdapat Spot snorkeling dan diving yang sangat sayang untuk dilewatkan. Gili Air merupakan pulau dengan luasan 170 Ha, dan berpenduduk yang jarang. Pulau ini merupakan tempat wisata favorit bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin lebih terlibat secara interaksi sosial dengan penduduk asli pulau ini.

Menjejakkan kaki di pulau  ini,memberikan suasana yang menarik, sinar matahari, pasir putih dan biru nya air laut menyambut kedatanganku kali ini.  Kali ini aku berjalan menikmati keindahan Pulau Gili Air. Sebuah pulau yang terletak di Lombok. Pulau yang merupakan kawasan wisata favorit bagi para traveler dan backpacker yang ingin menyendiri dan menikmati indahnya suasana pedesaan khas Lombok.

Baru saja aku berjalan dari pelabuhan Gili Air, aku sudah disambut dengan senyuman ramah masyarakat Pulau ini, senyuman ucapan selamat datang di indah nya Pulau kami. Suasana damai dan kekeluargaan di pulau ini, memberikan rasa nyaman bagiku, seolah-olah aku merupakan bagian dari mereka.

Berjalan menikmati indahnya sepanjang pantai di Gili Air,memberikan gambaran betapa cantik dan luasnya negeri ku. Hamparan pasir putih yang membentang luas, air laut yang jernih berwarna biru, barisan terumbu karang dan ikan ikan karang yang selalu bermain dan menemani kita menjelajah alam mereka, laut negeri ku memang indah.

Selain pantai yang indah, di pulau ini, terdapat beberapa operator selam yang akan menemani kita dalam pengembaraan dunia bawah laut. Mereka juga  menawarkan memberikan kursus singkat untuk mengenal dunia bawah laut.  Tempat snorkling yang dapat kita kunjungi ada di bagian timur dari Gili Air, lebih tepatnya di bagian Timur dari pantai ini.

Kita akan dimanjakan dengan  tarian ikan-ikan karang yang akan menemani kita selama kita melakukan snorkeling. Tempat untuk melakukan snorkeling  sangat mudah untuk kita capai, hanya perlu berjalan menuju bibir pantai. Dan, voila. Ikan-ikan karang akan menemani kita.  Kawasan snokling ini memiliki kedalaman sekitar 1 meter 50 cm sampai dengan kedalaman 3 meter,  sedangkan untuk lebih dalam di kawasan ini, sudah di pasang pengaman berupa tali. Tali ini berfungsi sebagai penanda agar kita tahu bahwa kita melewati kawasan yang aman untuk melakukan snorkeling dan tali tersebut dapat juga digunakan sebagai alat bantu pegangan untuk kita jika dalam keadaan panik, karena kita sudah melewati kawasan aman untuk snorkeling.

Di pulau air ini, tidak banyak terdapat hotel ataupun penginapan, layaknya Gili Trawangan,  bisa dikatakan pulau ini cukup sepi keadaanya. Tetapi kita bisa mendapatkan penginapan di kawasan ini, di hotel berbintang, guest house ataupun rumah penduduk. Hotel berbintang dengan mudahnya dapat kita temukan.

Setelah kita mendaratkan kaki di pulau ini, dekat dengan pelabuhan, terdapat penginapan berbintang yang memiliki bangunan menyerupai bungalow, kita dapat menyewa  penginapan ini, dan kita akan disuguhi dengan pemandangan langsung laut yang cantik dan indah,  karena posisi penginapan yang sangat dekat pantai dan laut. Selain itu, tidak jauh dari penginapan, terdapat operator selam yang bisa langsung kita hubungi untuk menemani untuk penjelajahan dunia bawah laut. Di samping hotel berbintang, kita bisa mendapatkan suasana liburan yang berbeda, yaitu dengan  menginap di rumah penduduk lokal yang berada di Pulau Gili Air ini.

Penduduk di pulau air ini sangat ramah, mereka dengan tangan terbuka akan menerima kehadiran kita. Mereka menyambut kedatangan kita sebagai tamu. Namun, tentu saja dengan terlebih dahulu mengenalkan kan diri kita, berperilaku sopan serta tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma lokal masyarakat Pulau Gili Air. Memberikan sedikit buah tangan dan uang yang dapat di katakan sebagai uang kebersihan untuk si pemilik rumah merupakan salah satu bentuk penghargaan kita sebagai seorang tamu yang datang untuk menginap. Kita akan  lebih merasakan suasana backpacking, dengan menginap di rumah penduduk, tidur  di rumah penduduk lokal, makan bersama dengan mereka, dan juga melihat aktivitas mereka.

Pulau Gili Air ini, merupakan kawasan yang ideal untuk menyendiri. Sepi, hanya bertemankan suara ombak dan burung camar yang sedang mencari ikan di laut. Pasir pantai yang putih bersih. Menambah indah nya nuansa liburan yang ditawarkan dari pulau ini. Interaksi sosial dengan masyarakat lokal, turut menambah suasana liburan. Menjauhkan diri dari hiruk pikuk Ibukota dan mengasingkan diri di pulau ini, merupakan pilihan yang menarik.

Sebagai informasi untuk tarif dan juga bagaimana mencapai kawasan Gili Air:

1.      Jika kita juga ingin mengunjungi Gili Trawangan, kita menuju kawasan pelabuhan Bangsal. Dari pelabuhan Bangsal ini terdapat kapal menuju Gili Trawangan. Dengan harga tiket Rp 10.000 kita sudah bisa menyeberang kawasan ini dan menikmati juga keindahan Gili Trawangan.

2.      Dari Gili Trawangan, tersedia kapal untuk kembali ke Gili Air ini, dengan harga tiket sebesar Rp 8.000, kapal ini memberangkatkan penumpang dengan tepat waktu pukul 08.00 WITA. Dan kapal terakhir untuk berangkat dari Gili Air menuju pulau Gili Trawangan , pada pukul 15.00 WITA.

3.      Tetapi, jika kita terlambat bertemu kapal tersebut, kita bisa menyewa perahu boat sebesar Rp 235.000 dari Gili Trawangan  dan akan mengantar kita  menuju Gili Air.

4. Untuk mendapatkan suasana yang berbeda, maka kita dapat menyewa kapal yang bisa menyuguhkan kita pemandangan bawah laut, dengan harga Rp 315.000  

5.      Untuk penyewaan alat snorkeling hanya terdapat di Gili Trawangan dengan harga Rp 35.000, tidak tersedia di Gili Air.

6.      Penginapan di  Gili tersedia dengan tarip 65.000 sampai dengan Rp 500.000 per malam, tergantung jenis penginapan apa yang kita inginkan.

7.      Jarak tempuh antar Gili Air dan Gili trawangan sekitar 25 menit.

Note Redaksi:

Selamat datang dan selamat bergabung, Bayu Winata. Make yourself at home, semoga akan terus sharing keindahan Nusantara seperti ini.

About Bayu Amde Winata

Penggemar fotografi dan petualangan. Menuangkan pikiran dan apa yang dilihatnya dari seluruh Nusantara melalui jepretan-jepretannya. Bergaung ke seluruh dunia dengan lensa via BALTYRA.com.

My Facebook Arsip Artikel

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *