Benda Langit Misterius

Josh Chen – Global Citizen


Benda Langit Misterius di Langit Tangerang

Tulisan ini sudah ditunda sehari semalam sambil menunggu apakah ada berita tentang ini di salah satu media atau di blog tetangga kita si Enigma, tapi ternyata masih belum ada.

Hari Minggu yang baru lewat, 24 Oktober 2010, petang hari itu kami sekeluarga sedang bersiap-siap untuk doa lingkungan bersama. Doa lingkungan ini diadakan 9 hari berturut-turut untuk menghormati bulan Oktober, bulan Maria.

Waktu sedang menata ruang tengah, tiba-tiba kami dikejutkan seruan tetangga depan rumah kami untuk keluar. Di luar kami lihat beberapa orang menengadah ke langit memandangi sesuatu sambil menunjuk-nunjuk.

Waktu saya menengadah juga, terbelalaklah mata karena melihat barisan titik-titik warna merah-jingga-kekuningan berpendar melaju ke arah yang sama. Titik-titik aneh di langit malam tsb berbaris dan berjajar dalam posisi teratur. Dan makin heran waktu melihat titik-titik itu tidak ada habisnya mengalir datang dari satu arah dan melaju ke arah lain. Formasi tertentu, jarak yang teratur, dan keseragaman yang aneh.

Jelas tak mungkin menyia-nyiakan kesempatan langka itu. Saya mengambil kamera dan mulai jeprat-jepret ke langit untuk mengambil adegan langka tsb. Karena langit gelap gulita total dan sumber cahaya hanya titik-titik aneh di langit, kamera aku set ke Night Scene dibantu dengan flash, untuk kompensasi speed yang sedikit cepat karena dengan kondisi seperti itu bukaan lama tidak akan berhasil mengingat objeknya bergerak cukup cepat. Setting yang lain lupakan saja, karena aku coba dan semuanya berantakan.

Benda-benda apakah ini? Entahlah! Saya tidak mau berasumsi yang “aneh-aneh”, misalnya UFO (walaupun sedikit sempat mikir juga), atau hal aneh yang lain.

Apakah pesawat? Rasanya tidak mungkin, dalam waktu bersamaan sekian banyak dalam waktu yang cukup lama. Atau bintang jatuh? Bintang jatuh tidak akan membentuk formasi tertentu, teratur dan dulu saya pernah lihat beberapa kali bintang jatuh, bentuknya tidak seperti itu. Rasi bintang tertentu juga rasanya bukan, karena ini jelas-jelas mengalir.

Benda-benda langit misterius ini terus mengalir sampai sekitar 45-50 menit sampai akhirnya habis. Yang menarik adalah pendar benda-benda ini dalam satu jepretan ke jepretan lain membentuk pola-pola yang berbeda, tapi dalam satu frame jepretan polanya selalu sama. Beberapa jelas sekali di antara atap rumah melesat beriringan membentuk formasi tertentu. Para tetangga berkumpul di luar rumah sambil mengamati benda-benda tsb melintas di langit dengan berbagai komentar. Akhirnya satu per satu membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

Hari Senin pagi saya mengubek banyak media, tapi tidak menemukan satupun berita tentang ini, sampai malam hari saya mencari-cari dengan berbagai variasi kata kunci, berbagai situs berita diubek tidak juga ada satupun tentang ini.

Entahlah, benda-benda apa itu yang terbang melintas di langit Tangerang di hari Minggu malam hari 24 Oktober 2010. Satu-satunya yang terpikir adalah lampion, tapi dari mana, acara apa, entahlah… Beberapa pembanding sempat saya ubek, tapi pola lampion terbang biasanya tak beraturan, dan tidak membentuk formasi dan jarak serta pola tertentu…

(lampion sebagai pembanding, Google Images)


About J C

I'm just another ordinary writer. Seorang penulis lepas dengan ketertarikan bidang: budaya, diversity, fotografi, ekonomi dan politik.

Arsip Artikel Website

75 Comments to "Benda Langit Misterius"

  1. virgia  3 April, 2012 at 13:28

    kalo misalkan belum mengerti yang aku bicarain sebelumnya,,,inbox ke e-mail ku aja,,,saya mau tau,apa pendapat saya itu benar atau tidak

    “kalo misalkan itu lampion,anehnya,lampion kok bisa teratur begitu…kan arah angin itu berubah,,pasti lampion itu akan berpisah-pisah dan gak mungkin berurut begitu,,,mungkin yang saya tulis ini kurang mengerti,tapi,coba dipahami lagi ya”

  2. virgia  3 April, 2012 at 13:26

    kalo misalkan itu lampion,anehnya,lampion kok bisa teratur begitu…kan arah angin itu berubah,,pasti lampion itu akan berpisah-pisah dan gak mungkin berurut begitu,,,mungkin yang saya tulis ini kurang mengerti,tapi,coba dipahami lagi ya

  3. pakdhetimin  29 January, 2011 at 00:49

    obyek di foto yg sperti ular itu menurut saya adalah efek-samping pemotretan malam hari (trail motion cahaya akibat slow speed shutter), obyek yg asli kemungkinan spt titik api, karena bergerak perlahan di gelapnya malam, dipotret dg mode kamera slow speed, menimbulkan trail..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.