Goa Maharani

Djoko Paisan – Mainz, Jerman


HALLO  DUNIA  BALTYRA……!!!

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Semoga belum bosan ya….

Lhoooo…..ini goa kok nyelonong saja, tanpa permisi….Maaaaaaf….  ya sobat semua, karena dia merasa teringgal, jadi dia tidak mau kelewatan lagi….hahahahaha….!!!

Ada di antara sobat yang tau, di mana letak dari ini goa Maharani ini…??? Jelas di Indonesia ya…ya..ya…, tapi di Indonesia di mana…??? Di Jawa Timur….o…jadi sudah tau ya…???

Di Jawa Timurnya di mana, tepatnya…..??? Dj. yakin mbak HN, mas Iwan pasti tau atau Yu Lani yang pencinta alam….??? Jujur Dj. sudah 2X ke sana, tapi yang pertama kali, tidak dengan keluarga, saat menengok Ibu Dj. sakit.

Nah ya, kesempatan kali ini, tidak Dj. sia-siakan, terutama mengingat Dewi ngajar Biology, jadi Dj. pikir…harus ke sana….!!!

Puji TUHAN…!!! Walau kesehatan mereka belum 100% saat itu, tapi mereka sudah semangat mendengar dongeng yang Dj. ucapkan. Saat adik Dj. yang jemput sudah datang, kami baru mau pakai sepatu, jadi pagi itu dimulai dengan ritual memakai sepatu….hahahahahahaha….!!!

Nggak ding, ini kebetulan kami sama-sama pakai sepatu dan adik Dj. ambil photo, sebelum berangkat dan adik Dj. merasa aneh, sekeluarga sama-sama pakai sepatu. Hanya satu kebetulan saja…

Nah…perjalanannya cukup lama juga, syukur kami telah sampai dengan selamat.

Jelas…beli karcis dulu, baru boleh masuk. Tapi karcisnya tidak dibedakan, baik untuk turist asing, maupun turist Indonesia, harganya sama.

Setelah melewati loket, maka ada seperti kebun binatang yang kecil, katanya akan menjadi besar dan lengkap, semua binatang akan ada di sana. Daniel mengamati Bangku yang sangat antik bentuknya.

Banyak Iguana, sangat menarik perhatian Dj.

Sampailah kami ke pintu masuk goa, karena memang inilah tujuan kami kemari, bukan untk melihat binatang.

Dan saat masuk kedalam goa, maka baik Susi maupun anak-anak sangat tercengang. Karena meraka belum pernah melihat yang demikian, banyak stalakmit dan stalaktit. Sungguh menherankan, betapa kayanya tanah air kita Indonesia.

Ini saja baru satu goa dari berapa ribu, dan belum keindahan alam yang lainnya. Hebat kan…??? Nah…sampai sekarang anda belum tau di mana letak goa ini ???

Sabar ya, silahkan lihat lagi, masih banyak photo yang Dj. ambil, walau mungkin hanya beberapa saja yang Dj. kirim di sini.

Daniel ambil lebih dari 200 photo, karena dia amat senang dengan pemandangan yang dia lihat langsung. Dan bukan di acara TV atau pilem.

Lihat yang itu, juga sangat bagus…Waaaaaaw….!!! Indahnya…!!!

Okay…okay..segera aku ambil photo… (kata Daniel)

Maaf, kami sudah harus keluar, karena udara di dalam memang cukup pengap, tapi masih okay. Di dalam Musium batu, tidak besar sih, tapi cukup bagus, batu-batu yang diambil (ditemukan di goa tsb).

Setelah keluar dari Musium, maka kami harus melewati kebun binatang lagi. Dan kali ini, anak-anak tertarik sama kandang burung yang cukup besar dan kami masuk ke dalam kandang yang besar tersebut. Di situ ada banyak burung betet kecil yang sangat lucu, tapi juga jinak. Kami, oleh penjaga diberi kacang-kacangan untuk makan burung, Dj. nanya berapa harganya…???

E…dibilang gratis, sudah termasuk ticket masuk. Silahkan lihat sendiri, betapa indahnya ini ciptaan TUHAN….!!! Cantik kan…??? Di tangan Dewi, selalu hinggap dua burung. Sedang di tangan Daniel, hanya satu burung.

O ya…ada burung merak juga, tapi hari itu, dia sedang malas mengembangkan ekornya.

Nah ya…setelah cape dan saat makan siangpun tiba, maka kami singah ke warung-warung yang ada di sana. Jelas, kami sangat berhati-hati dan hanya pesan makan yang direbus atau dibakar, seperti sate.

Ada kejadian yang lucu, di saat kami di sana. Untuk Susi dan anak-anak, karena mengingat mereka belum sembuh benar, maka kami pesan sate tanpa bumbu.

Karena kami kurang yakin, apakah bumbu kacangnya dicairkan dengan air matang, kalau dengan air mentah…??? Nah, kami pesan 3 porsi yang tanpa bumbu, untuk Susi, Dewi dan Daniel.

E…datang pesanan, semua pakai bumbu, maka adik Dj. bilang, tidak jadi soal, dia yang akan makan. Dan kami pesan 3 lagi yang tanpa bumbu….e…lagi-lagi datang pesanan sate dengan bumbu.

Jelas adik Dj. sedikit nervous dan keluarlah bahasa Maduranya….hahahahaha…!!!

Nah saat mau pesan lagi, dibilang sudah habis dan mesti pesan ke warung sebelah, okay…tolong pesankan. Nah saat datang pesanan dari warung sebelah, ternyata pakai bumbu juga…hahahahahahaha…!!!

Tapi mereka ngaku salah dan mau mengambil kembali dan mau ganti dengan yang baru. Hanya Dj. bilang, tidak usah, biar Dj. dan adik Dj. yang makan. Kasihan juga itu tukang bakar satenya sudah dimarahi dan mereka untung juga tidak seberapa….

Entah berapa porsi sate Dj. dan adik Dj. makan, untung satenya tidak terlalu besar ukurannya, jadi masih muat.

Coba kena satenya Jerman, bisa klenger…hahahahahaha…!!!!

Nah… Goa ini letaknya juga tidak jauh dari Pantai….Ada yang sudah tau….???  Belum juga…???

Okay, karena dekat pantai, maka kota kecil ini, terkenal dengan hasil lautnya, terutama terkenal akan sejenis kepiting, yang mana mereka sebut Rajungan. Kami juga membelinya, karena pesanan kaka-kaka Dj. dan Dj., sendiri kurang suka, karena ribet membukanya.

Sampai di rumah kaka Dj. maka kami makan malam bersama. Tapi Dj. milih gurami bakar yang sangat mak nyuuus…. saja !!!!

Jelas, saat itu ngumpul kaka-kaka dan adik-adik Dj. dengan keluarganya, maka ramailah malam itu. Nah ini photo kami, kaka-kaka dan adik-adik kandung Dj.

Dari kiri, adik nr. 10, 9 , 8 (Dj.), 7 (sudah meninggal), 6 (kaka yang sembuh dari kanker), 5 dan 4 , sedangkan nr. 3, 2, dan 1 juga sudah meninggal.

Tapi kami mendapat banyak saudara baru, seperti photo di bawah ini, saudara baru.

Okay…okay…Dj. tau sudah kepanjangan ya….??? Tapi anda belum juga tau di mana itu letaknya goa Maharani kan….??? Nah untuk itu, agar satu saat anda semua bisa berkunjung ke sana, maka anda harus ke Surabaya dulu dan dari Surabaya baru dengan kendaraan ke kota…. daerah Lamongan, kalau dari Surabaya, sebelum kota Pacitan tidak jauh-jauh amat, masih di pantai utara Jawa Timur, arah ke Tuban.

Selain di sana ada goa Maharani, di sana juga banyak dijual ” WINGKO ” Dj. rasa mungkin dari kota Babat. Hanya yang dijual disana wingkonya kecil-kecil, jadi ada baiknya juga, sekali diemplok cukup. Karena lebih hygienisch, kalau besar dan tidak habis harus dikemanakan…??? Dibuang…??? Sayang kan..???

Benar kan, kalau kecil, sekaligus masuk mulut (di emplok), kalau kurang bisa buka satu lagi…hahahahaha…!!! Silahkan anda piknik ke sana, pasti tidak akan kecewa.

Dulu jaman Dj. SMP di Bandung, di dekatnya rumah Linda di Cibeureum juga ada goa, walau tidak sebesar goa Maharani. Entah apa saat ini masih ada atau tidak.

Mungkin Linda bisa kasi informasi yang lebih jelas, seandainya anda tidak bisa ke goa Maharani.

TERIMAKASIH  kepada pengasuh BalTyRa, bila oret-oretan ini layak dimuat. Terimakasih juga kepada anda semua yang dengan sabar, mau melihat-lihat photo yang Dj. pajang. Maafkan Dj. bila kebanyakan photo yang Dj. pajang, walau ini hanya beberapa % saja dari yang Dj. ambil. Maaf juga bila ada kata-kata yang tidak berkenan.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, menyertai kita senantiasa.

Salam manis dari kami sekluarga di Mainz, untuk anda semua….!!!


Cherio….!!!!

Dj. 813


About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *