Nama-nama Jepang dan Mengenal Huruf Jepang

Dewi Aichi – Brazil


Ada ribuan nama keluarga di Jepang. Biasanya, nama keluarga di Jepang yang paling umum, terdiri dari 2 kanji. Sebagai contoh misalnya, TANAKA, terbentuk dari kanji TA yang artinya sawah, dan kanji NAKA yang artinya dalam. Mungkin ada sejarahnya bahwa dulunya nenek moyang Tanaka bertempat tinggal di pedalaman, atau sawah.

Untuk anak laki-laki biasanya diakhiri dengan kata ICHI atau, KAZU yang artinya anak pertama. Contohnya: Junichi, Ryuichi, Kenichi, Masakazu, Toshikazu. Untuk nama yang berakhiran JI dan ZO artinya anak ke dua dan ke tiga. Contohnya misalnya Eiji , Kenzo, Senzo. Namun untuk anak ke tiga dan seterusnya itu sangat jarang, dikarenakan masyarakat Jepang jarang sekali pasangan yang mempunyai anak lebih dari 3.

Untuk nama-nama wanita, biasanya diakhiri dengan KO yang artinya anak. Contohnya misalnya: Aiko, Atsuko, Haruko, Keiko, Masako, Yumiko. ada juga nama-nama wanita yang diakhiri dengan MI yang artinya indah. Contohnya: Harumi, Naomi, Ayumi, Natsumi, Yumi.

Itulah sedikit contoh mengenai nama-nama Jepang. Perhatikan bahwa tidak ada nama-nama Jepang maupun kata-kata dalam bahasa Jepang yang memakai konsonan. Semua huruf, disertai dengan huruf hidup atau vocal. Misalnya saja menuliskan nama Imam, diakhiri konsonan m, maka dalam penulisan Jepang, akan menggunakan huruf katakana, karena Imam merupakan kata asing. Jadi Nama Imam akan tertulis IMAMU dengan huruf katakana. Contoh lagi misalnya nama Esti, akan tertulis ESUTI, jadi konsonan s pada nama Esti, akan diikuti huruf hidup atau vokal u.

Di bawah ini aku sertakan huruf huruf Hiragana dan Katakana untuk sekedar mengenalnya. Huruf dalam bahasa Jepang tidak sesederhana bahasa Indonesia. Jumlah huruf bahasa Jepang terdiri dari 46 huruf yang mewakili 46 bunyi, banyak kan?

Huruf hiragana:

あ い う え お                                              
A I U E O

か  き  く  け こ
Ka Ki Ku Ke Ko

さ し す せ そ
Sa Shi Su Se So

た ち つ て と
Ta Chi Tsu Te To

な に ぬ ね の
Na Ni Nu Ne No

は ひ ふ へ ほ
Ha Hi Fu He Ho

ま み む め も
Ma Mi Mu Me Mo

や ゆ よ
Ya Yu Yo

ら り る れ ろ
Ra Ri Ru Re Ro

わ ん を
Wa N Wo

が ぎ ぐ げ ご
Ga Gi Gu Ge Go

ざ じ ず ぜ ぞ
Za Ji Zu Ze Zo

だ ぢ づ で ど
Da Di Du De Do

ば び ぶ べ ぼ
Ba Bi Bu Be Bo

ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ
Pa Pi Pu Pe Po

きゃ きゅ きょ
Kya Kyu Kyo

ぎゃ ぎゅ ぎょ
Gya Gyu Gyo

しゃ しゅ しょ
Sha Shu Sho

ちゃ ちゅ ちょ
Cha Chu Cho

じゃ じゅ じょ
Ja Ju Jo

にゃ にゅ にょ
Nya Nyu Nyo

ひゃ ひゅ ひょ
Hya Hyu Hyo

びゃ びゅ びょ
Bya Byu Byo

ぴゃ ぴゅ ぴょ
Pya Pyu Pyo

みゃ みゅ みょ
Mya Myu Myo

りゃ りゅ りょ
Rya Ryu Ryo

Di atas adalah huruf-huruf hiragana, yang dipergunakan untuk penulisa bahasa Jepang maupun nama-nama Jepang. Sedang untuk penulisan kata asing, atau selain bahasa Jepang, akan menggunakan huruf katakana. Inilah hurufnya:

Ciri-ciri huruf katakana lebih tegak bersudut dan kaku. Itu saja ke 46 huruf dasar katakana. Untuk cara penulisan huruf Jepang, orang Jepang sangat menghormati urutan penulisan dengan arah yang benar.Jadi perbedaan menyolok antara hiragana dan katakana adalah bentuk bentuknya. Hiragana cenderung banyak lengkungan sedang katakana bersudut.

Jika anda ingin tau bagaimana penulisan nama anda dengan penulisan Jepang, maka aku sertakan linknya di bawah ini, untuk membantu lebih mudah menuliskan dengan huruf katakana.

http://www.japanesetranslator.co.uk/your-name-in-japanese/?forename=Felipe&style=1


Sumber: kamus Jepang Indonesia Goro Taniguchi

Cultura Japonesa

http://id.wikipedia.org/wiki/Hiragana


About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *