Mahalo Party

Lani – Kona, Hawaii


11 October 2010 – KING KAMEHA MEHA HOTEL

Aloooha……jumpa lagi Baltyrawan-Baltyrawati di manapun semuanya berada.

Artikel ini merupakan sambungan cerita setelah Iron Man berakhir. Tanggal 11 October, hari Senin sore semua volunteer berkumpul untuk dijamu makan malam bersama.

Makan malam bersama ini dinamakan MAHALO PARTY, pesta ucapan terima kasih atas kerja keras sejak, selama, dan berakhirnya Iron Man digelar di Kona.

Seperti telah kutulis dalam artikel Iron Man, tahun ini jumlah total volunteer 5,000 orang. Volunteer tidak hanya penduduk Kona, akan tetapi datang dari berbagai penjuru seperti turis yang kebetulan datang ke Kona, mereka boleh ikut berpartisipasi.

Pada hari Senin aku masih masuk kerja, dengan memakai T-shirt Iron Man,  merupakan satu syarat untuk bisa datang dan mengikuti makan malam.

Jam 5:15 sore aku tutup toko, segera meluncur kelokasi pesta, sepanjang jalan ketemu dengan volunteer lainnya dengan warna T-shirt yang berbeda, karena berbeda lokasi/divisi tugas masing-masing.

Pesta diadakan di lapangan di belakang hotel KING KAMEHA-MEHA, yang merupakan salah satu hotel untuk menginap peserta Iron Man. Hotel ini lokasinya bersebelahan dengan Kailua Pier, juga digunakan pesta makan malam serta perpisahan untuk semua atlit Iron Man, pada tanggal 10 October.

Sesampai di lokasi, suasananya sangat ramai, sibuk, dengan para volunteer yang berdatangan dari segala penjuru, di pintu masuk diberikan tiket yang harus diisi nama serta lokasi/station ketika bertugas.

Di bagian bawah tiket disobek kemudian dimasukkan ke kotak undian.

Kemudian di jalur pintu masuk, pergelangan tangan dicap dengan tinta merah dengan tulisan “USED” sebagai tanda kalau sudah memenuhi syarat untuk memasuki arena.

Dibagikan ruffle ticket yang bisa ditukarkan dengan Iron Man bagpack, yang telah diisi dengan vitamin minyak ikan OMEGA 3, cereal, semua dibagikan gratis dari sponsor Iron Man.

Foto : 044 Iron Man Bagpack

Bersama dengan volunteer lainnya aku menuju tenda yang sangat besar, ternyata di situlah digelar berbagai jenis menu makan malam, yang telah ditata di dua meja panjang, secara buffet style, tiap orang datang dan melayani diri sendiri. Lupa ambil foto makanan yang terdiri dari 2 macam salad, BBQ teriyaki ayam, Kalua pig, lasagna, dinner rolls, penne pasta, nasi, cous-cous (gak salah tulis ya?, minta dikoreksi kalau salah).

Volunteer mengalir tanpa henti antri mengambil makan malam.  Setelah mengambil makanan aku segera keluar mencari tempat duduk untuk menikmati makan malam, di tengah lapangan ditata ratusan meja, kursi.

Satu tenda lagi di samping tenda makanan, di sana digelar aneka dessert/pencuci mulut dan aneka minuman. Aku tidak ambil dessert karena semua serba manis, aku lihat ada beberapa yang menggunakan kelapa, baik ditaburkan atau dicampur di cake/roti.

Meja, kursi itu ditata menghadap panggung dengan 3 layar besar di tengah. Music berdentum tiada henti, gegap gempita suasananya. Semua bergembira seperti tentara pulang  dari perang membawa kemenangan.

Foto : 039, 040, 041, 042, 043 panggung dengan 3 layar lebar, di tengah, dan di sisi kanan serta kiri

Di panggung pembawa acara mengucapkan terima kasih kepada tiap orang yang ikut terlibat baik yang bekerja di belakang layar, atau yang terjun langsung di lapangan.

Termasuk kata sambutan dari mayor Kona, Billy Kenoi yang ditutup dengan penembakan kanon yang  diisi dengan berbagai macam hadiah seperti tas, botol, topi, yang terlontar dari kanon ketika ditembakkan udara.

Penonton dengan antusias berlarian menangkap semua yang dilemparkan.

Setelah kata sambutan dari Mayor-Kona, dilanjut dengan orang-orang penting yang terlibat dengan acara akbar Iron Man, di tiap akhir kata sambutan dibacakan para pemenang undian dari sobekan tiket di pintu masuk.

Aku sampai kaget, tapi senang ketika mendengar namaku dibacakan. Ketika itu aku sedang menikmati makan malam, antara percaya dan tidak.  Aku ajak bicara volunteer semeja makan denganku, aku katakan : namaku dipanggil mendapatkan hadiah, sambil bertanya di mana aku harus mengambilnya? Dijawab: di sebelah panggung ada petugas yang akan mengurusi hadiah.

Aku menuju sisi samping panggung, langsung ditanya oleh petugasnya nama? Kemudian disodorkan hadiahnya, gift certificate dari Chocolate candy company di Hilo, toko coklat terkenal di Big Island, selain itu diberikan majalah Iron Man.

Foto terlampir: gift certificate, foto majalah Iron Man, foto Iron Man bagpack

048 gift certificate yang aku menangkan, di chocolate candy company di kota Hilo

049 majalah Iron Man

051 tanda petugas volunteer yang disematkan diatas T-shirt dengan nama masing-masing

Setelah hadiah aku terima, aku duduk membelakangi panggung pengatur music, dan cahaya, tepat menghadap panggung. Diumumkan jangan meninggalkan tempat sebelum melihat film pertandingan Iron Man, yang akan diputar di penghujung penutupan, serta film yang diambil ditiap lokasi di mana para volunteer bertugas.

Pertunjukkan pemutaran film adalah bagian yang sangat menarik buatku, seperti yang telah kuceritakan di artikel sebelumnya, aku mengenal salah satu kameraman “E” yang mengambil video di tenda kami bertugas.

Ketika bagian itu ditayangkan aku tertawa ngakak-ngakak sendiri, hingga orang yang duduk di sampingku bertanya: is that you in that movie? Kujawab: yes! Dijawab lagi: great! How fun!

Satu yang tertinggal belum aku tulis di artikel Iron Man, aku sempat diwawancari oleh kameraman lainnya, entah mewakili apa, darimana, dan akan diputar di mana, lupa tidak sempat bertanya. Ditanya: bagaimana kesan, pesan, selama bertugas jadi volunteer, apa saja tugasmu, senang apa tidak?

Satu demi satu orang memberikan sambutan di panggung, diseling dengan pembagian hadiah yang dilemparkan dari atas panggung, atau dengan naik ke meja ditempat penonton. Hadiahnya bermacam-macam, topi, t-shirt, tas, botol minum, aneka permen, cereal, volunteer dengan antusias saling berebut, aku tidak berminat hanya melihat saja tingkah laku mereka yang saling berebut.

Acara lain yang menarik adalah ketika diadakan pemilihan fashion show di antara para volunteer yang kreatif mengubah T-shirt mereka menjadi berbeda, dipotong menjadi pendek, ada yang model halter, ada yang dibentuk kepang, pita-pita, ada yang ujungnya digantung manik-manik berwarna warni, off shoulder, ada yang berlubang-lubang di belakang punggungnya. Pemenangnya mendapatkan hadiah.

Mahalo party ditutup tepat jam 8:00 malam, dengan harapan semuanya akan kembali menjadi volunteer untuk Iron Man pada tahun 2011. Aku siap untuk  kembali dan membantu para atlit. Sampai jumpa Iron Man 2011.

Lani – Kailua Kona The Big Island of Hawaii 2010

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *