Musim Gugur Identik Dengan De Bessen

Nunuk Pulandari


De herfst is identiek aan de bessen

De bessen adalah nama untuk berbagai jenis buah-buahan yang biasanya tumbuh liar di hutan-hutan, di tepi danau, di tepi ladang atau lapangan. Musim gugur di negeri Belanda juga biasa ditandai dengan bermunculannya  berbagai  jenis “de bessen”.

Buah-buahan ini ada sebagian yang bisa dikonsumsi dan  ada juga yang hanya digunakan sebagai “sierbessen”, buah-buahan untuk hiasan.  Misalnya “sierkersen, sierbraam, sierappel”, kersenhias, bramenhias, appelhias. Karena bentuk dan rupanya ada sebagian buah-buah bessen yang disebut dengan menambahkan nama “nep” (palsu) di depannya, .  Misalnya, nepappel (appel palsu), nepkersen (kersen palsu). Hanya beberapa jenis  “bramen” yang bisa dibuat jam atau gelei.

Apakah satu jenis  buah“bessen” bisa dikonsumsi, kita juga bisa melihatnya dari ada atau tidaknya burung yang memakan buah-buahan itu. Kalau burung-burung itu bisa makan buah bessen yang dimaksud, biasanya kitapun bisa mengkonsumsinya. Tetapi kalau anda sempat ke Belanda dan meragukannya, sebaiknya tidak perlu mencicipinya. Siapa tahu racunnya hanya bekerja pada manusia dan tidak pada burung.

Dalam bulan September- Oktober kalau kita bersepeda melewati daerah yang rimbun yang penuh dengan kehijauan, kadang terlihat orang berdiri di sepanjang tepi jalan sepeda, di tepi pagar tanaman hijau  dengan membawa ember dan memegang gunting. Mereka sedang memetik buah-buahan braam (lihat bessen yang berwarna merah dan ungu tua) yang berwarna ungu tua dan manis rasanya. Buah-buahan ini akan mereka olah menjadi jam atau gelei.  Terus terang selama hampir 20 tahun tinggal di Belanda baru 1 (satu) kali saya mencoba untuk memetik buah braam yang ada di sepanjang pagar tidak jauh dari rumah. “Konco ngajeng” memakannya dicampur  dengan yoghurt…Tanpa gula sama sekali.

Salah satu hal yang  juga menarik dari jenis buah-buahan bessen ini adalah nuansa perbedaan warna atau bentuknya.  Seperti yang anda lihat dari jenis buah “bessen” yang  dapat  saya temukan ada warna- warna seperti: putih, merah,  kuning, biru tua, oranje, hijau, paars, merah kecoklatan dan mungkin masih banyak lagi warna yang lainnya.

Dari bentuknya terlihat ada yang bulat,  memanjang, oval. Ada juga bentuk yang menyerupai appel, buah kersen atau anggur.

Untuk buah-buah “bessen” yang tidak dapat dikonsumsi kadang kita bisa temukan kembali dalam bentuk “Kerstkrans “.  Karangan bunga untuk merayakan Hari Natal yang biasanya ditempelkan di pintu depan rumah. Ada juga sementara ratu rumah tangga  yang  menata tangkai-tangkai buah bessen ini dalam vas bunga menjadi rangkaian hiasan buah  yang indah.

Buah appel hias ini dapat kita temukan di antara dedaunan yang berserakan di atas tanah.

Terlihat menyerupai appel, hanya dalam bentuk appel yang kecil dan berwarna kuning dengan sedikit warna merah di salah satu ujungnya.

Dalam salah satu foto anda melihat  satu jenis buah bessen  berwarna putih  yang sempat saya abadikan untuk anda semua. Buah bessen putih yang kalau ada di telapak akan terasa betapa lembutnya kulit buah ini. Melihat sedikitnya buah yang masih tersisa sangat mungkin sekali kalau buah ini dapat dikonsumsi. Tetapi  saya tidak melihat satupun burung yang sedang menyantap buah bessen putih ini , saat saya membuat fotonya.

Buah kersen hias ini tumbuh tidak jauh dari rumah kami. Batang-batang  pohonnya hanya dipenuhi dengan buah-buah bessen yang cukup besar.  Daun-daunnya sudah berguguran. Bentuknya mirip buah delima merah seperti yang dikenal di Indonesia.

Akhir minggu kemarin kami jalan-jalan ke Noordwijk . Proyek  peninggian pantai Noordwijk sudah lama selesai. Anda mungkin masih ingat artikel saya tentang ini dalam Kokinya diajeng Zev almh. Air laut tidak lagi dapat menggenangi  “desa” yang ada. Sayangnya, kalau kita sedang duduk-duduk  sambil makan Pannekoek atau Poffertjes dan minum cappuccino di salah satu restaurant di sepanjang boulevard,  tidak bisa lagi melihat tingginya ombak yang bergulungan menuju ke pantai. .. Jammer. Di sepanjang boulevard selalu  penuh dengan mobil-mobil yang diparkeer. Karena itu, kami selalu  parkeer agak jauh dari pantai.  Daaaan, sambil berjalan di trotoir, mata tidak pernah terlepas dari warna-warna menyolok yang bermunculan di antara hijaunya dedaunan.   Tiga foto’s terakhir saya ambil dari Noorwijk untuk anda semua.

Salah satu buah bessen  berwarna hijau yang terkecil yang menggantung dipohon yang cukup besar yang pernah saya lihat. Memang dalam bahasa Belanda  semua buah-buahan bessen ini memiliki nama tersendiri. Kalau anda ingin mengetahuinya anda bisa memcoba untuk mencarinya melalui komputer anda masing-masing. Dan saya ucapkan:

“Werkt ze en doei”.

Gr. Nu2k



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.