Empek-empek Palembang

R. Wahyu


Sambil terus mengisap dalam  nafasku, kuusap keringat  yang akan turut memberi rasa cuka  menjadi sedikit asin keringat, hmmmmm  benar  benar nikmat,  rasa pedasnya yang  tajam , rasa ikannya yang  gurih dan kenyal, khas Palembang.

Biasanya aku suka bikin sendiri, tiga tahun tinggal di sana membuatku sedikit pandai mengolah camilan ini, apalagi anakku doyan banget dengan makanan yang berbau ikan. Tapi beberapa kali makan di Japanese Food pulangnya pasti muntah… he he…

Empek- empek banyak macamnya di antaranya:

–          Empek- empek Lonjor (berbentuk lonjoran)

–          Empek -empek telur (di dalamnya diberi kocokan telur)

–          Kapal selam (empek-empek telor tapi jumbo, biasanya telornya bulat utuh tanpa dikocok),

–          Empek- empek kerupuk / keriting (bentuknya seperti mie berbentuk bulat, seperti kerupuk bulat bola)

–          empek-empek bulat (seperti bakso) ,

–          Empek- empek isi (berisi tumisan papaya)dan

–          empek-empek Kulit (dibuat dari sisa kulit ikan yang dihaluskan, caranya mirip membuat empek-empek daging ikan , ditambah  bawang merah goreng dan irisan  daun bawang)

Dapurku mungil, sementara kalau mengolah empek-empek pasti aromanya amis dan perlu ruangan yang luas agar  tak eneg  sebelum matang.

Mudah saja membuatnya kok, apalagi kalau tersedia daging ikan giling, tambah ringan deh prosesnya..

Cukup sediakan Bahan:

–           1   mangkok daging ikan (Ikan gabus biasa di pakai di Palembang, aku biasanya menggunakan ikan tengiri).

–           1  mangkok  tepung kanji

–           1  mangkok  air  (atau boleh setengahnya, sesuai selera)

–            1 butir  telor

–           Garam, gula, penyedap rasa (tanpa penyedap juga gak apa- apa)

Bahan Cuka :

–          250  gr. Gula Merah

–          8 siung Bawang Putih

–          100 gr Asam jawa /

–          2  sendok makan cuka  (pilih salah satu, atau campur sedikit , sesuai selera)

–           100 gr Cabe rawit (sesuai selera)

–          Ebi (udang kering)

Caranya :

–          Campur garam, gula dan penyedap dalam air

–          Siapkan  rebusan air dalam panci

–          Uleni daging ikan giling sampai lembut, boleh dicampur air sedikit demi sedikit.

–          Setelah lembut beri telur, uleni lagi sampai tercampur.

–          Beri sedikit demi sedikit tepung kanji, lanjutkan sampai adonan bisa dicetak.

–          Cetak sesuai keinginan

–          Setelah jadi masukkan satu persatu dalam air mendidih

–          Tunggu sampai mengambang, itu berarti empek-empek sudah matang

–          Tiriskan.

–          Goreng dan sajikan bersama cuka dan irisan mentimun.

–          Untuk empek-empek kulit biasanya langsung di goreng saja.

Membuat Cuka ;

–          Rebus gula, asam dan bawang putih geprek sampai agak mengental

–          Cabe rawit yang sudah digeprek juga masukkan dalam larutan gula

–          Biarkan sampai mendidih

–          Angkat dan saring

–          Beri ebi yang sudah dihaluskan, didihkan kembali.

Eits lupa… empek-empek yang kunikmati kali ini bukan buatanku sendiri , tapi oleh-oleh dari sahabatku, jangan ditanya, pasti rasanya lebih enak dari buatanku karena gratis..tis…

Empek-empek dalam kemasan paket bisa tahan sampai 2 hari, bukan dengan bahan pengawet namun biasanya hanya dilapisi tepung kanji.

Sebelum diolah cuci sampai bersih dan langsung digoreng. Cuka kemasan biasanya kental, kita cukup merebusnya dengan ditambah sedikit air.

Untuk yang ukuran besar cukup dipotong sendiri sesuai selera, baru di goreng.

Ini nih yang sudah siap santap…yummmmy…haaap !!

Selain empek–empek ada juga otak-otak , kalau yang ini sudah banyak yang enak rasanya selain di Palembang

Silahkan mencoba membuatnya, selain enak, kandungan gizinya tinggi karena bahan dasarnya adalah ikan, bagus buat camilan dan bekal sekolah.

Buat ngrumpi dengan teman juga oke, rasa pedas cukanya membuat kita sering ketagihan.


36 Comments to "Empek-empek Palembang"

  1. Evi Irons  6 November, 2011 at 00:44

    Enaknya. Semalam saya order Mpek-Mpek online, krn gak Ada yg jual dekat rumah, 2 potong harganya $21,94 termasuk ongkos kirim, gak apa-apa deh yang penting kesampaian.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.