Mengenang Thanksgiving Day

Lani – Kona, Hawaii


(kenangan perayaan bersama almarhum suami, Thanksgiving Day 2004)

Hari ini warga Amerika akan merayakan hari Thanksgiving Day. Tepatnya jatuh pada tanggal 25 November 2010.

Di sini aku tidak akan bercerita latar belakang, sejarah mengenai Thanksgiving akan tetapi hanya ingin berbagi cerita dengan semua teman di Baltyra, kenangan ketika merayakan Thanksgiving bersama almarhum, teman/tetangga kami “TM” orang keturunan Italy yang lahir di Amerika, serta anak temanku “T” orang Indonesia yang sedang kuliah di Amerika.

Pertama mengenal perayaan Thanksgiving di rumah pacar paman almarhum suami di New York state, tepatnya di kota Troy. Aku tidak ingat tepatnya tahun berapa, yang masih segar dalam ingatanku rumah pacar paman almarhum besar, rumah tua, bertingkat 3, mereka sebut mansion.

Di pesta Thanksgiving yang mereka rayakan secara meriah, dengan 15 orang tamu, dari lingkungan keluarga, teman, serta tetangga dekat.

Menu utama sudah jelas ingkung kalkun panggang, yang besar/beratnya hampir mencapai 26 pounds.

Pertama kali melihat kalkun sebesar itu rasanya mengerikan, menghidangkannya dengan diiris tipis melebar, antara daging putih biasanya bagian dada (turkey breast) dan dark meat bagian kaki dipisahkan, tamu bisa memilih yang mereka suka.

Perayaan Thanksgiving selanjutnya, tidak setiap tahun kami lakukan mengingat kami hanya berdua saja, kalaupun kami ingin ikut merayakan biasanya beli yang sudah jadi berupa paket lengkap. Kami memilih ukuran kalkun yang terkecil, dan paket terkecil untuk 4 orang. Karena kami Cuma berdua, sisa kalkun biasanya aku olah untuk sup ditambah dengan aneka sayuran, atau dibuat sandwich. Sampai bosen karena makan menu yang sama hingga beberapa hari.

Oleh karena itu ketika tetangga kami orang Italy menawarkan diri untuk memasak untuk merayakan Thanksgiving, dan secara kebetulan anak temanku libur, kami undang untuk datang ke rumah. “T” sangat senang karena ini merupakan perayaan Thanksgiving pertama kali buatnya.

Ide penulisan ini sebetulnya sudah sejak setahun yang lalu, akan tetapi tertunda karena setiap teringat almarhum aku jadi sedih, akibatnya gagal menuangkan dalam sebuah tulisan.

Pada hari ini secara tiba-tiba timbul keinginan untuk menulis dan berbagi dengan teman-teman di Baltyra kenangan ketika merayakan Thanksgiving beberapa tahun yang lalu bersama almarhum suami.

Melalui tulisan ini aku ingin mengucapkan Happy Thanksgiving Day, 25 November 2010, kepada semuanya yang ikut merayakannya.

To my late husband. You are always in my heart. Rest in peace my baberooooo…..

Lani – Kona

The Big Island of Hawaii


Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.