Jajan Hot Teok di Seoul

Junanto Herdiawan


Seoul terkenal dengan aneka jajanan kaki lima yang unik dan lezat. Salah satu yang jadi favorit saya adalah Hot Teok. Ini adalah jajanan minimalis, namun rasanya tak terlupakan. Hot Teok umumnya hanya muncul di musim-musim tertentu, biasanya menjelang musim dingin atau musim semi.

Hot teok banyak dijual di seantero Seoul. Mas Kelik, mantan diplomat kita di KBRI Seoul, dulu pernah merekomendasikan daerah Insadong kalau mau cari hot teok yang enak. Sejak itu, kalau mampir ke Seoul, saya selalu mencoba untuk melipir ke Insadong dan mencicipi hot teok. Memang tak salah. Lokasi Insadong yang ramai dengan turis menjadikan hot teok semacam ikon jajanan di daerah itu.

Usai sidang puncak G-20 di Seoul pekan lalu, saya mencoba kembali untuk melipir ke daerah ke Insadong. Sesampai di Insadong, terlihat antrian para pembeli hot teok telah memanjang hingga ke ujung jalan. Memang jajanan ini cukup hip dan happening buat masyarakat Seoul maupun para turis. Kita bisa mengantri sekitar 15 hingga 30 menit untuk mendapatkan hot teok. Harganya juga murah, sekitar 1000 Won atau 8000 Rupiah untuk sepotong hot teok.

Penjaja Hot Teok di Insa Dong / photo JH

Sebagai penganan, sebenarnya hot teok ini tidak terlalu istimewa. Ia lebih mirip kue serabi atau pancake kalau di Indonesia. Hotteok dibuat dari adonan tepung, telur, dan campuran lainnya yang kemudian diisi oleh gula merah atau caramel. Adonan ini dibuat bulat-bulat dengan tangan, kemudian diletakkan di panggangan yang panas mendidih. Penjual hot teok kemudian menekan adonan dengan alat untuk meratakannya hingga menjadi semacam pancake. Setelah berwarna kuning keemasan, hot teok siap disajikan.

Soal rasa, hot teok sungguh enak dicicip sebagai camilan di tengah udara yang dingin menggigit. Tekstur hot teok adalah perpaduan kekenyalan antara roti dengan mochi. Rasanya lembut tapi mengandung unsur chewy yang kenyal-kenyal hangat. Apalagi saat kita menyentuh kelembutan gula dan caramel yang meleleh di dalamnya.

Di tengah udara dingin, hot teok enak dimakan panas-panas. Itulah makanya dinamakan HOT teok. Ho adalah tiruan ungkapan dari orang yang meniup makanan panas.. ho ho ho ….

Selamat mencicipi Hot Teok kalau anda mampir ke Seoul. Salam.

Meratakan Hot Teok / photo JH


Antrian Hot Teok / photo JH


Ikut Antri Hot Teok

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.