Suka Duka Menginap di Hostel

Nuchan


Apabila Anda traveling ke luar negeri maka biaya terbesar yang menyedot budget Anda adalah biaya transportasi (pesawat, taxi, dll) dan biaya akomodasi (penginapan). Beruntung kalau Anda punya teman di negara yang Anda tuju dan mereka bersedia menerima Anda menginap secara gratis di rumah atau apartemen mereka hehehe…Tapi anggap saja Anda tidak selalu beruntung punya sahabat di berbagai negara yang Anda tuju, sehingga mau tak mau Anda harus menginap di hotel, hostel atau penginapan biasa dan tentu saja Anda harus siap sedia menguras kocek Anda untuk membayar biaya akomodasi…hehehe…

Untuk saya yang punya budget pas-pasan dan mengharuskan saya traveling sendirian maka pilihan yang memungkinkan untuk menghemat biaya adalah menginap di hostel.

(Hostel : a building that provides cheap accommodation and meals to students, workers or travellers, see also YOUTH HOSTEL, terjemahan ini saya ambil dari Oxford Advanced, sedangkan Hotel : a building where people stay, usually for a short time, paying for their rooms and meals).

Ttapi hotel pun masih ada kelas-kelasnya ditandai dengan ‘bintang’, semakin banyak bintangnya maka kemungkinan harganya pun lebih mahal…biasanya semakin banyak bintangnya semakin lengkap pula fasilitasnya dan letaknya pun biasanya cukup strategis. . hehehe. . bak kata pepatah  ada mutu ada harga hehehe…Tapi nanti dulu jangan terkecoh oleh banyaknya bintang, kadang-kadang ada juga hotel berbintang pelayanannya buruk tak sesuai harganya hehehe. . Jadi berhati-hatilah! Tapi sebaliknya ada juga hotel melati tapi kualitas pelayanannya bak hotel berbintang hehehe…Nach yang begini nie yang selalu dicari ama pelanggan hehe…

Back to the topic, kalau Anda traveling sendirian akan lebih hemat jika Anda menginap di hostel, selain harganya lebih murah dibandingkan hotel, Anda juga bebas memilih mau nginap di dormitory atau kamar khusus. Kalau kamar khusus artinya Anda pakai pribadi tidak berbagi dengan tamu yang lainnya. Sedangkan kalau dormitory, Anda harus berbagi dengan tamu lainnya, sehingga biaya nginap per malam pun dihitung per kepala. Untuk dormitory pun ada berbagai pilihan, setiap hostel berbeda aturannya, ada yang kamarnya dibagi berdasarkan jenis kelaminnya, ada dormitory yang memisahkan kamar ‘female’ dan ‘male’.

Ada juga hostel yang dormitorynya itu hanya menyediakan  mixing room artinya satu kamar boleh cowok cewek. Biasanya satu kamar itu bisa di isi 2-10 orang per kamar, tergantung hostelnya. Semakin sedikit jumlah orang dalam satu kamar, maka semakin mahal pula biaya per kepalanya hehehe. . Yah iyah lah…masak iya donk. . hehehe. . namanya juga patungan. . kekeke…

Suka – duka menginap di hostel

Pertama, selain harganya relatif murah, umumnya terletak di kawasan pariwisata dalam kota. Jadi akan lebih hemat biaya transportasi karena Anda bisa sightseeing di dalam kota dengan cara berjalan kaki. Atau Anda dekat dengan jangkauan transportasi, seperti terminal bus, train, MRT, monorail, dll.

Kedua, berada sangat dekat dengan pusat jajanan atau banyak resto2 di sekitar hostel tsb sehingga Anda tak perlu khawatir kelaparan tengah malam. Kadang-kadang pulang sightseeing sudah hampir larut malam dan perut Anda keroncongan pengen cari makanan.

Ketiga, dekat dengan toko-toko penjualan souvenir (barang khas atau oleh-oleh) dari negeri tersebut. Sehingga Anda tak perlu bingung mencari tempat pembelian oleh-oleh.

Keempat, Anda punya kesempatan ‘making friends’ dengan pria atau wanita dari berbagai negara. Umumnya para backpacker dari mancanegara senang menginap di hostel. Di hostel mereka bisa bertukar-pengalaman dengan sesama backpacker. Bahkan yang lebih asyik lagi, Anda bisa mendapatkan informasi hostel-hostel murah dan bagus di berbagai negara yang sudah mereka kunjungi dari para backpacker ini. Kadang-kadang informasi ini tidak bisa kita dapatkan di internet atau di buku wisata terbitan Lonely Planet. Dan yang lebih unik lagi di setiap hostel biasanya menyediakan kartu bisnis atau info tentang hostel-hostel yang murah, bagus dan punya reputasi baik di berbagai negara. Nach kesempatan dech lho mengumpulkan kartu-kartu bisnis ini, siapa tahu suatu saat Anda butuhkan hehehe…Asyik khan infonya gratis lagi…kekeke.

Kelima, saya senang bisa mengenali ‘men n women behavior’ dari berbagai negara, mulai dari gaya tidurnya sampai dengan kebiasaan makan mereka. . hehehe. . . yang paling heboh lagi, saya baru tahu kebiasaan para lelaki di pagi hari. . hahaha. . haha. . ha…Saya pernah nginap di Inncrowd Hostel Singapore, hostel ini hanya menyediakan dormitory yang mixing room aja hehehe, suka atau tidak suka Anda harus tidur satu kamar dengan para lelaki dari berbagai negara. Nach lho apa yang terjadi ? Bisa enak, bisa sebel, bisa pengen muntah, bisa juga asyik luar biasa hahaha. Enaknya Anda bisa ngeceng juga lah siapa tahu dia single so Anda bisa PDKT. . hahaha…

Sebelnya, kalau Anda sedang apes pes, ada yang tidur ngorok sampai membuat bunyi-bunyi yang menyeramkan hehehe. . ini bisa semalaman Anda dijamin tidak bisa tidur kecuali Anda bawa penutup telinga. . hehehe…Saya punya pengalaman buruk seperti ini ketika nginap di Youth Hostel China.

Saya nginap di dormitory khusus ‘female’ 4 orang sekamar. Malam pertama dan kedua berlalu dengan nyaman dan indah. Malam ketiga super duber horor, salah satu penghuni kamar dari Hong Kong check-out diganti dengan gadis cantik dari Shanghai. Wajahnya cantik jelita bak aktris mandarin Gong Li  tapi pas tidur tengah malam tidurnya ngorok kencang banget kayak mak lampir…semalaman saya tersiksa banget. Besok paginya dia say hello saya cuekkin aja…abiz bete cakep-cakep tidurnya ngorok euy. . :D

Pengen muntah, apabila Anda dapat teman sekamar yang suka teler berat sehingga bau alkoholnya kemana-mana dech. Alhasil Anda yang tak kuat bau minuman keras akan mual perutnya. . iiihhhh serem banget :D

Nach yang asyik ini relatif untuk setiap orang hahaha…asyiknya adalah saya jadi tahu kalau pria itu ternyata bangun pagi « Mr. P » nya nongol hahaha…tentu Anda jadi curiga atau pengen tahu kenapa saya jadi tahu yah? Apakah ketika bangun tidur, saya iseng mengamati mereka satu persatu atau ada alasan lainnya. . hahaha…

Ini sebenarnya secara tak sengaja saya lihat pagi-pagi buta, ceritanya di Inncrowd Hostel Singapore itu di dekat pintu kamar mandi nya dipasang 2 buah komputer slim yang diset di dinding, dan Anda hanya bisa menggunakannya dalam keadaan berdiri, tidak ada kursi, karena memang diset untuk berdiri. Selain komputernya slim monitornya juga lebar 17 inch cukup bagus lah dan kecepatan aksesnya pun cukup cepat kira-kira 3. 5Mbps. Berhubung saya itu pagi-pagi buta sering pengen pipis, jadi saya harus bangun dan kabur ke toilet, maka setelah pipis biasanya saya suka tergiur main internet dulu.

Nach lho ternyata penghuni pria yang lainnya juga punya kebiasaan yang sama dengan saya. . hahaha. . nangkring dulu di depan komputer. Nach pada saat seperti itu lah secara tak sengaja setiap pagi saya lihat beberapa lelaki yang berbeda yang nangkring pagi-pagi di situ sambil akses internet dan hanya pakai celana dalam doank « Mr. P » nya nongol . . hahaha. . Lalu saya tanya teman seperjalanan saya yang pria apa bener kalau pagi2  « Mr. P » nongol yah? Iyah bener katanya. . Ohh gitu yah…saya jadi tahu kekeke. . ini pelajaran gratis kekeke. . .

Untuk teman seperjalanan saya yang pria pun ada keasyikan tersendiri. Wanita bule biasanya walaupun mixing room, mereka buka baju dan ganti bra cuek bebek aja tuch. . . hehehe. . biar dikata ada lelaki di situ dia buka baju aja. . hahaha. . malah ada yang lebih gila tidur malam cuma pakai celana dalam g-string dan bra satu tali hahaha. . . temanku nga tahu dech liatnya naik birahi apa enggak yah?hahaha. . Yang asyik lainnya adalah Anda belajar banyak cara masak  cepat  untuk cepat saji tiap negara. . . Plus gaya hidup sehat ala backpacker. . . Asyik khan?

(http://danny.oz.au/travel/iceland/vik.html)

Nach mulai sekarang cobain dech nginap di hostel tapi ambil yang mixing room hhahahhaa. . . pasti punya pengalaman yang unik dan aneh juga hahhahhaa

[email protected]
Life is so beautiful

Every breath counts, every moment matters. Life is God’s gift to our planet. A lifetime is not enough for us to know ourselves. Yet we waste time in perverse pleasures, unmindful of our own beauty. If you are not living your life to the fullest, you are missing something.

About Nuchan

Apa yah isinya hehehe

Arsip Artikel

2 Comments to "Suka Duka Menginap di Hostel"

  1. Emilia  22 October, 2017 at 21:10

    Wkwkwk…lucuuu bgt sih mbak…asli saya ngakak bacanya itu si Gong Li….makasih share nya mbak..btw utk keamanan brg2 pribadi bgmn ya mbak spt passport ,uang dll?

  2. Asia Hotels Review  1 January, 2011 at 18:49

    Menarik juga losmennya makasih

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.