Bistik Ayam

SU – Bumi


Saya dari kecil memang sudah disuruh bantuin mama di dapur. Ini salah satu masakan pertama yang dimasak sendirian tanpa bantuan mama.

Yang lucunya pas saya selesai masak ini sepupu saya datang ke rumah selesai memancing bersama teman kami…..cowo ini lagi saya taksir saat itu  Terus mama bilang ke mereka, “ Tuh si Vivie baru selesai masak bistik. Kalian mau makan sekalian ga di sini?” Saya mau pingsan rasanya denger mama bicara demikian. Soalnya sepupu saya itu tukang ngeledekin saya, terus ini ada cowo yang saya taksir pula. Ini saya baru masak bistik ini pertama kalinya tanpa dibantuin mama kan, gimana kalau sepupu kasih komen yang bikin saya malu berat didepan si cowo ini.

Puji syukur, ledekan sepupu ga terlalu lama dan dia akhirnya bilang,”Boleh juga, Ie (tante) masakan si Cao Lang.” Ya nama panggilan saya dulu pas kecil dan remaja ga ada bagus-bagusnya semua. Ga nyalahin soalnya dulu tabiat saya ga bagus juga sih*smile

Ini resepnya ya (saya ambil takarannya dari salah satu buku masaknya Ibu Siska)

Bahan:

500 g daging ayam (boleh paha, boleh dada. Suka-suka aja deh), iris tipis. Balur dengan 1 sdm baking soda dan biarkan 10 menit (ini gunanya supaya setelah digoreng ayamnya tidak jadi keras. Kalau tidak mau dibalur dengan baking soda juga tidak mengapa sih). Setelah itu cuci bersih dan tiriskan.
50 g tepung sagu
Minyak


Untuk saus:

2 sdm minyak (apa saja deh. Asal jangan minyak angin atau minyak nyong-nyong)
1 sdm mentega
1 buah bawang Bombay ukuran sedang, iris memanjang tipis-tipis
150 cc air
1 sdm kecap inggris
4 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
2 sdm kacang polong dan jagung pipilan beku


Pelengkap :

Wortel rebus dipotong-potong berbentuk stik
Buncis, rebus, dipotong-potong sesuai selera
Kentang goreng /dipanggang


Cara membuat:

1.       Goreng potongan ayam di minyak panas.
2.       Saus:  panaskan minyak dan mentega, tumis bawang Bombay sampai harum, masukkan air, kecap inggris, kecap manis, saus tomat, garam dan merica bubuk, didihkan. Setelah mendidih, kentalkan dengan larutan maizena. Tambahkan rebusan jagung dan kacang polong, masak sebentar, angkat.
3.       Sajikan panas-panas dengan pelengkap.

Untuk 4 orang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.