Ini Indonesia Bung!

Dwi Klik Santosa


Perhelatan supremasi sepakbola Asia Tenggara, AFF Suzuki Cup 2010, kembali dipercayakan Indonesia sebagai Tuan Rumah. Tentunya bukan berdasar pada penilaian yang sembarangan. Meski pada debutan tahun 2008 yang lalu tim nasional kita hanya mampu menjadi semifinalis. Dan dikalahkan Thailand 0 – 1 dikandang kita Gelora Bung Karno, Senayan dan kalah lagi 2 – 1 di Bangkok.

Begitupun selama ini Tim Nasional Indonesia hanya nyaris-nyaris saja juara. Terus menjadi Runner Up di tahun 2000, 2002 dan 2004. Tapi semangat itu tidak pudar, meski perjalanan sejarah bola kita makin lapuh saja dituliskan tinta emas. TIDAK! TIDAK! TIDAK!

Harus terus diupayakan. Harus terus diperjuangkan. Kalah dalam Uji coba melawan Semifinalis Piala Dunia 2010, Uruguay, 7 – 1. Memang menyakitkan. Tapi perbaikan dan upaya-upaya terus dimajukan. 3 – 0 kita menang melawan Maladewa. 6 – 0 kita menang melawan Timor Leste. Dan 2 – 0 kita menang melawan Taiwan. Memang juga bukan ukuran akan ada lagi kemenangan melawan tim-tim : Thailand, Malaysia dan Laos yang berada di grup timnas kita.

Faktanya, Thailand bisa disebutkan sebagai momok Asia Tenggara saat kini untuk tim-tim tangguh lain di Asia bahkan dunia. Begitupun Malaysia adalah juara Seagames 2009. Ketika itu dalam final tim negeri jiran ini mengalahkan Vietnam yang merupakan tim topan badai (juara AFF Suzuki Cup 2008 yang dalam final tak terduga menaklukkan tim unggulan, Thailand). Sedang Laos, betapa mengejutkan, sebagai tim underdog selama ini dalam ranah sepakbola, justru berhasil mempermalukan Indonesia di penyisihan Sea Games 2009 dengan sor 2 – 0.

INI INDONESIA, BUNG! Catatan demi catatan, adalah rekam jejak memori. Tapi semangat pergulatan adalah daya bagi pergerakan menuju supremasi itu. Memang negeri kita masih edisi yang runtuh karena persoalan politik yang serba munafik, dan juga penuh keprihatinan karena elegi bencana yang tak berkesudahan. Tapi sekali lagi, INI INDONESIA, BUNG! Negeri yang tak pernah surut mengobarkan élan.

Setiap keringat menetes, adalah keringat kita juga menetes. Mari dukung Tim Nasional kita berlaga. Mari ikut berkoor Indonesia Raya secara hikmat dan selugasnya. Mari bersenada bersama Tim Garuda unjuk taji di lapangan hijau. Mari mendukung dan sinergi. Kalah atau menang, kita temani sebaik-baiknya, sepenuh antusias, upaya anak bangsa ini meraih citra.

Bravo Indonesia!

Pondokaren
27 November 2010
: 16.19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.