New Heart: Jantung Baru, Hidup Baru

Dwi Astini


Memperhatikan dokter membedah jantung merupakan pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Dan pengalaman ini bisa kita dapatkan dalam film serial Korea “NEW HEART” yang dirilis pada akhir tahun 2007 lalu. Film ini sempat mengundang kontroversial, karena ada beberapa pihak yang menuding film ini merupakan gabungan dari “Grey Anatomy” dan “Surgeon Bong Dal Hee”, dua serial terdahulu yang juga berkisah tentang dunia rumah sakit. Namun secara prinadi, saya memberikan “two thumbs up” untuk rating film ini.

Film ini menceritakan kisah tiga orang dokter bedah yang bekerja di Rumah Sakit Universitas Gwanghui, pada satu departemen yang sama yaitu Department of Thoracic and Cardiovascular Surgery. Di antaranya mereka adalah Choi Kang Gook, Lee Eun Sung dan Nam Hye Suk.

Dokter Choi, seorang dokter yang jenius,  sangat tegas, keras kepala, dan tidak perduli akan kebijakan dan peraturan rumah sakit. Ia berprinsip bahwa keselamatan pasien lebih utama daripada apapun. Namun karena sikapnya yang keras, sampai melawan direktur rumah sakit mengenai perbedaan persepsi dalam penanganan pasien. Karena sikapnya yang “kurang sopan” seperti itu, ia dimutasikan ke rumah sakit lainnya.

Bahkan saking idealisnya sebagai seorang dokter, ia rela mengobankan apapun, termasuk keluarganya. Tekad dan dedikasinya dapat dilihat dalam adegan di mana, ia menggunakan nama dokter lain untuk mengoperasikan Off Pump Coronary Artery Bypass (OPCAB) di Rumah Sakit Universitas Gwanghui. Namun ia tidak sendirian, rekan-rekannya yang sesama dokter pun ikut membantu. Padahal ia tahu apa yang akan terjadi jika direktur rumah sakit tersebut mengetahui permasalahan ini. Di mata beberapa orang, Choi adalah dokter yang sempurna, namun ada juga yang menganggap sebagai orang yang sok hebat dan ingin menjadi pahlawan.

Pemeran utama yang kedua adalah Dokter Lee. Lee berasal dari lulusan universitas yang tidak terkenal. Selain itu, dia juga seorang yang sederhana, dengan ilmu pengetahuan yang biasa saja. Setelah lulus dari praktik dokter umum, ia bingung memilih bidang spesialis yang mana. Sampai suatu hari ia menangani seorang pasien yang terluka karena mabuk. Tak lain dia adalah Dokter Choi.

Lee awalnya tidak tahu bahwa pasiennya adalah seorang dokter jenius yang melakukan operasi pencangkokan jantung pertama di Korea. Dengan santainya ia menceramahi si pasien. Bahkan ia bertanya “Kenapa tidak berani telpon ke orang terdekat? Wah pasti takut kena marah istrinya ya?”. Choi membalas “Mulutmu gak bisa diamkah?”. Lee hanya tersenyum menanggapi jawaban dari Choi.

Seorang Lee mempunyai pribadi yang cukup unik. Selain dedikasinya yang sangat tinggi, ia juga selalu berpandangan positif, dan senyum setiap saat. Pasien-pasien yang dekat dengannya pasti senantiasa merasa bahagia, senang, dan semangat untuk melanjutkan hidup mereka. Hal ini dapat ditemukan di salah satu adegan drama tersebut, dimana seorang pasiennya terpaksa berhenti bermain basket karena penyakit yang diidapnya. Padahal basket adalah kehidupan sang pasien. Selain mencintai basket, ia juga termasuk salah satu pemain nasional. Harapannya harus lenyap ketika ia mengetahui penyakit yang ada dalam tubuhnya.

Lee yang mengetahui hal tersebut, selalu dan selalu membujuknya, dan memberikan semangat pada sang pasien. Bahkan sifatnya yang periang inilah yang membuat Choi luluh, dan menjadi lebih semangat dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang dokter. Di saat semua orang melawan Choi, hanya Lee satu-satunya yang sangat merespect dan tetap mendukung “guru” Choi.

Dan yang terakhir adalah Dokter Nam. Hampir tidak ada kekurangan dalam perannya. Nam, seorang wanita yang pintar nan cerdas, bahkan lulusan universitas ternama di Korea. Dan juga terbukti dengan prestasinya yang menjadi peraih nilai sempurna dalam ujian kedokteran tingkat nasional. Namun, ia sangat dingin dan terkesan tidak mau tahu mengenai hal sekelilingnya, kecuali yang berhubungan dengan pasien.

Awal mula ketika Nam mengenal Lee, ia sangat tidak menyukainya dan bahkan sangat meremehkannya. Karena ia merasa tidak layak disamakan dengan seorang lulusan universitas desa, bahkan bisa direkrut menjadi anak didik Dokter Choi. Padahal dari segi kualitas, pengetahuan, dan pengalaman, Nam jauh di atas Lee. Dan seharusnya dengan standar Choi yang begitu tinggi, Lee tidak bisa menjadi anak didiknya Choi.

Setiap episode selalu ada kejadian yang baru dan kasus yang unik. Bahkan sebagai penonton, kita tidak akan merasa bosan dan jenuh, walaupun cukup banyak episodenya (23 episode). Karena di saat para dokter sedang melakukan operasi, kita bisa menyaksikannya langsung bagaimana jalannya operasi.

Uniknya, adengan operasi tidak hanya disyuting mengarah ke para dokter. Tapi organ dalam tubuh pasien, khususnya bagian jantung juga direkam. Inilah yang membuat New Heart begitu popular dan mendapat sambutan hangat dari seluruh dunia khususnya Korea. Selain itu, sering juga muncul soal perebutan pasien, perseturuan sesama dokter serta perebutan kekuasaan, dan terkadang disisipi adegan romantika Lee Eun Sung dan Nam Hye Suk.

Namun serial ini selain dikritik sebagai gabungan dua serial kedokteran terdahulu, dianggap juga menyajikan data yang kurang akurat. Seperti dalam adegan dimana seorang dokter takut akan cipratan darah seorang penderita AIDS saat operasi. Serial yang ditayangkan MBC ini juga mendapat protes dari para praktisi medis tradisional Korea, karena ada adegan tentang seorang dokter yang berpendapat mengkonsumsi obat tradisional bisa membuat liver rusak dan melempar bungkusan obat tradisional itu.

Memang membuat serial medis bukanlah perkara gampang. Untunglah kerja keras para kru – di antaranya penulis naskah Hwang Eun Kyung kuliah lagi di divisi jantung Samsung Seoul Medical Center – terbayar,  mengingat serial ini masih menjadi acara TV yang menyedot banyak penonton.

Sisi lain yang dapat kita temui dari film ini adalah bagaimana seseorang menjaga profesionalisme dalam pekerjaan yang ia geluti. Sekecil apapun masalahnya, tak bisa kita remehkan. Bisa dibayangkan, jika seorang dokter lalai dan melakukan kesalahan baik dalam mendiagnosa ataupun melakukan operasi, maka resikonya adalah nyawa seseorang. Dedikasi juga sangat dibutuhkan.

Peranan Choi, dan 2 anak didiknya merupakan tonggak dalam kehidupan Rumah Sakit Universitas Gwanghui. Sebagai dokter, Choi tak tamak harta, bahkan ia mengorbankan apapun yang dimilikinya termasuk keluarga, demi kehidupan baru pasien. Apabila sang jenius, tidak mempunyai dedikasi yang tinggi sebagai seorang dokter bedah jantung, dapat dibayangkan berapa banyak jiwa yang tak akan selamat.

Secara keseluruhan, film ini disuguhkan dengan alur yang sangat jelas dan menarik. Jika pembaca penasaran akan keseluruhan ceritanya, silahkan nonton New Heart sekarang juga!

NB: Saya pribadi sudah menonton lebih dari 2 kali untuk serial ini. Selain adegan yang menegangkan, background musiknya juga sangat menarik. Bahkan sudah saya download semua lagunya.

Title: 뉴하트 / New Heart
Chinese title : 新心 / 医疗先锋
Genre: Medical, romance
Episode : 23
Broadcast network: MBC

Cast

Jo Jae Hyun as Choi Kang Gook, Ji Sung as Lee Eun Sung, Kim Min Jung as Nam Hye Suk, Lee Ji Hoon as Lee Dong Gwon

Extended Cast

Sung Dong Il as Lee Seung Jae, Jung Dong Hwan as Park Jae Hyun, Lee Ki Young as Kim Jung Gil, Jung Ho Geun as Min Young Kyu, Kang Ji Hoo as Woo In Tae, Jang Hyun Sung as Kim Tae Joon, Shin Dong Mi as Jo Min Ah, Lee Chang Joo as Lee In Ho, Son Yeo Eun as Choi Hyun Jung, Shin Dae Eun as Kim Mi Mi, Park Chul Min as Bae Dae Ro
Park Kwang Jung as Kim Young Hee, Kim Jun Ho


Note Redaksi:

Dwi Astini, selamat datang dan selamat bergabung di Baltyra! Make yourself at home ya… terima kasih sudah berbagi dan memerkaya khasanah tulisan di Baltyra…

31 Comments to "New Heart: Jantung Baru, Hidup Baru"

  1. J C  21 January, 2012 at 20:21

    Maynita, salam kenal dan selamat datang. Cara download, silakan pakai browser Firefox, install plugin Download Helper, there you go.

  2. maynita  21 January, 2012 at 20:12

    kayak mana sih cara download
    video ji sung waktu dance

  3. maynita  21 January, 2012 at 20:08

    wah perlu di tonton
    seluruh dunia nih
    soal nya flm yg stu nie bgus bnget
    saya saja pengen nonton ulangannya
    atau part 2 nya (klo ada kasih tau ya)

  4. Yuss  18 March, 2011 at 20:29

    drama ini bangus banget………………g bosen….
    sebenarnya aq kurang suka Kdorama coz identik ma nangis….
    tapi Kdorama 1 ini beda banget, g bosen n sepanjang nonton hati serasa bagai nano-nano

    bagi yang belum nonton q saranin dech pasti ketagihan pengen nonton lagi dan lagi….

  5. Dewi  15 March, 2011 at 03:54

    Mbk, aq penasaran ma ending na. Gimana seh ntr ending na drama korea new heart ini??
    Aq dah nyari dvd or cd na d daerah q lum ada.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.