Sinterklaas (St. Nikolaustag)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman


Hallo Sobat semuanya…

Hari ini, tgl. 6 Dezember 2010, di Jerman adalah Nicolaustag (Hari St. Claas). Dimana,  banyak anak-anak yang menerima hadiah. Dj. ingat dulu sekali saat masih tinggal di Semarang, tetangga Dj. yang sudah lebih mengenal hari Sinterklaas, mereka juga selalu mendapat hadiah….

Maklum, keluarga Dj. tidak mengenal hal tersebut, jadi kami anak-anaknya ya tidak pernah mendapat hadiah. Kalau diingat, dulu Dj. suka iri, kalau teman Dj. pamerin hadiah yang mereka terima, nah ya…namanya juga anak-anak……

Dan bahkan sampai dewasapun Dj. tetap tidak pernah mendapat hadiah dari Sinterklaas….hahahahaha….!!! Dulu ingat kalau tetangga Dj. anak-anaknya mencari rumput, untuk dimasukan ke sepatu, katanya, kalau Sinterklaas datang dan kudanya, makan rumput yang ditaruh di dalam sepatu, maka Sinterklaas akan memberi hadiah.

Tapi setelah hidup di Jerman, maka budaya tersebut juga ada di keluarga Dj., di mana anak-anak Dj. saat masih kecil, kami pesan Sinterklaas untuk datang dan hadiah sudah kami siapakan di luar pintu. Anak-anak sangat percaya dan mereka heran, darimana St. Nicolaus (Sinterklaas) tau nama dan semua baik buruknya (kenakalan) mereka…..

Kadang lucu, kalau mereka berjanji, tidak akan nakal lagi dan biasanya Nikolaus, minta mereka menyanyikan lagu atau membaca syair…..Setelah itu, baru mereka mendapat hadiah…… dan Nikolaus pamitan pulang dan jelas tidak lupa, bayaran selama 10 menit di rumah kami….hahahahahaha….!!!!

Biasanya dari mereka adalah student, yang mencari uang tambahan dan bisa dipesan seminggu sebelumnya…..

Tapi hari ini, tgl. 6 Dezember 2010, di mana anak-anak juga menerima hadiah….

Dj. pulang ngarit, taunya di kotak post ada kertas, yang menyatakan, bahwa kami ada dapat kiriman packet dari DHL.

Dj. bilang…HEBAT…..!!!  Sinterklaas datang tepat pada waktunya….!!! Hanya sayang tidak bisa diambil segera, harus menunggu jam 19:00 malam dan harus diambil di mesin automat untuk packet. Untung tidak jauh dari rumah, hanya sekitar 200 meter saja. Jelas, saat jam menunjukan poekoel 19:00 kami berdua langsung ke sana dengan membawa kertas bukti….

Nah ya…setelah kertas tersebut discan…. Dan membubuhkan nama dan tanda tangan di screen….

Maka ada kamar kecil di mesin automat yang terbuka dan barang bisa diambil.

Jelas kami berdua sangat gembira, mendapatkan hadiah di hari Sinterklaas…..!!! Susi langsung bilang, apakah kita kali ini, tidak nakal, olehnya kita dapat hadiah…..hahahahahaha….!!!

Lebih gembira lagi, setelah tau dari mana itu hadiah datangnya… HAWAII……!!!! HAWAII….???? HALELUYA……!!!!! TERIMAKASIH  YU  LANI…..!!!!

Kiriman sudah sampai di tangan kami dengan baik dan tidak ada yang rusak….Jelas, sampai rumah, langsung kami berdua buka, seperti anak kecil saja….hahahahahaha….!!!

Ya…. benar ingin tau apa isinya….??? Yaaaaaaahhhh…!!!! Ternyata semua untuk Susi….hahahahahahahaha….!!!

Isinya ada tas, kopi asli Kona, ada Pineapple, ada Macadama nut rum cake, ada dompet untuk uang receh, (semua untuk Susi) lha Dj. tidak minum kopi dan tidak makan kueh….hahahahaha….!!! Ada juga kalung untuk Daniel….

Nah…. Tasnya sudah Susi coba dan besok sudah bisa dipakai kerja…. hahahahaha…!!!

Okay  yu Lani….walau tidak ada yang untuk Dj. namun untuk Susi, ya sama saja yang lihat kan Dj. ya….Sekali lagi… TERIMAKASIH   BUANYAAAAAAAK……!!!!

Kami tidak tau, bagaimana harus membalasnya….Kami hanya bisa berdoa, semoga kebaikan yu Lani, di lihat TUHAN dan Ia akan memberkati yu Lani dengan Berkat dan Kasih yang berlimpah….!!!!

Yu lani adalah Sinterklaas yang sangat baik…..!!! Hayooooo…siapa lagi yang mau kirim packet untuk Dj…..??? Hahahahahahahaha….!!!!  Nggak ding, Dj. tidak mau terima hadiah lagi, karena yang jelas Dj. tidak bisa membalasnya.

Baiklah untuk anda semua yang sudah sudi membaca oret-oretan ini, semoga tidak bosan ya….Maaf bila banyak kata-kata yang tidak berkenan di hati……

Terimakasih juga kepada pengasuh BalTyRa yang selalu memuat oret-oretan Dj.

Salam Sejahtera untuk anda semua, semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya…!!!


Dj. 813

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *