Supaholic-I: Sup Keju Aneka Sayur

Peony – Serpong


Dear Sahabat Baltyra di manapun berada…

Semoga semuanya selalu dalam lindungan Tuhan YME ya…


“Supaholic”…. apaan lagi nih???

Istilah supaholic ini Peony dapatkan dari salah satu tulisan rekan kita Alexa, yang kurang lebih artinya…”penggila” sup (mengacu pada “Shopaholic” = gila belanja)…

Peony adalah salah seorang supaholic aka penggila (masak dan makan) sup… kenapa??? Alasannya sih sederhana aja… karena sup itu enak rasanya dan gampang banget dibuatnya ^-^

Beberapa resep sup ala Pawon Peony juga sudah pernah ditayang di rumah tetangga jaman baheula… yang arsipnya bisa dilihat di blog-ku (alamat blog, silakan dicek langsung diakhir tulisan ini ya), di antaranya “Sup Jagung Berawan”, “Sup Jamur Perut Ikan”, “Sup Iga dan Sup Iga Goreng”

dan ada juga yang sudah ditayang di Baltyra yaitu “Sup Jagung Asparagus-Ekonomis”..

Nah, gak pake lama, kali ini Peony mau berbagi salah satu sajian sup ala dapurku… Sup Keju Aneka Sayur…tentunya ala Pawon Peony

Siapkan:

  • 100 gr jamur kuping segar, bersihkan, potong-potong sesuai selera
  • 200 gr jamur merang segar, bersihkan, belah-belah sesuai selera
  • 100 gr wortel, kupas, iris-iris melintang, ketebalan sedang
  • 100 gr kembang kol, bersihkan, potong per kuntum
  • 50 gr makaroni, rendam hingga mengembang
  • 1 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 1 tangkai daun bawang, iris tipis
  • 1 tangkai seledri, cincang kasar
  • 150 gr keju cheddar-quickmelt, potong dadu
  • 2 liter kaldu ayam (dari tulangan ayam)
  • lada, gula sesuai selera
  • garam, hanya jika dirasa perlu (karena sudah agak asin dari kejunya)

Lanjut yukk….

  • Panaskan kaldu ayam, masukkan bawang bombay, daun bawang, keju, jamur merang, jamur kuping, makaroni dan wortel. Aduk-aduk agar kejunya larut. Masak hingga wortel mulai matang.
  • Masukkan lada, gula, ¾ bagian seledri cincang, dan kembang kol. Bila diperlukan boleh ditambahkan sedikit garam.
  • Masak hingga semua bahan matang tapi jangan sampai terlalu lembek ya ^-^
  • Siap disajikan, taburi dengan sisa seledri cincang.

Penampakan sup ini mirip dengan sup krim.. tapi kaldu sup-nya tetep encer gak kental seperti sup krim..

Kalau mengenai rasa…. jangan kuatir, tetep enak lho (maaf selalu muji masakan sendiri :D)

OK, selamat mencoba ya…  Oiya, isian sup ini juga boleh lho ditambah bahan-bahan lain sesuai selera, misalnya kacang polong, irisan baso, irisan daging asap, irisan sosis…

Sampai ketemu lagi di resep-resep berikutnya ya…

Selalu memasak dengan sepenuh hati, Peony


Dear Redaksi Baltyra, terima kasih ya udah ditayang…

Sahabat Baltyra, terima kasih ya udah membaca resep-resep ala dapurku, Pawon Peony (http://pawonpeony.blogspot.com/)




Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.