Nessun Dorma – Tidak Tidur Yang Bukan Insomnia

Linda Cheang – Bandung


Sobat Baltyra semua,

Gara-gara beberapa malam saya tidak bisa tidur dengan nyenyak, otak saya menghubungkan kondisi ini dengan Nessun Dorma, salah satu score opera terkenal dari Opera Turandot, gubahan Giacomo Puccini.

Saya yakin sebagian besar dari Anda pernah mendengar setidaknya sekali, lagu Nessun Dorma. Mulai yang dibawakan Mario Lanza (hallo Oom Dj di Mainz, masih tahu Mario Lanza, khan?), kemudian oleh Placido Domingo, Jose Carreras, Lucianno Pavarotti, Andrea Bocelli sampai di suatu edisi  British Got Talent, lagu ini dibawakan Paul Potts yang membuat seorang juri sarkastis seperti Simon Cowell sampai ternganga-nganga, dan mengantarkan Potts menjadi juara.

Saya tidak bahas Opera Turandot secara keseluruhan karena begitu banyak bagian menarik, sehingga saya bingung, bagaimana memulainya. Tetapi ini saya hanya bahas khusus untuk Nessun Dorma. Terjemahan bebas Bahasa Indonesia saya berikan untuk para Pembaca memahami isi dari Nessun Dorma. Hal yang membuat saya menyukai opera ini adalah pandainya Puccini membuat kisah cinta antara lelaki dan perempuan dibuat pertandingan intelektual mencari yang menang dan yang kalah, sampai akhirnya kekuatan cintalah yang mengatasi semuanya. Itu adalah gambaran singkat mengenai opera ini.

Tentu tidak asyik kalau tidak menyertakan apa yang dipertandingkan antara Turandot, putri cantik yang dilambangkan bagai batu kemala namun berhati dingin, dengan Orang Asing alias Pangeran Tak Dikenal alias Calàf putra Timur dari Tartar – Persia,  alias Sang Cinta. Pertandingannya dimulai dengan Turandot mengajukan tiga teka-teki. Ketiganya itu adalah :

1.      Apakah yang lahir setiap malam datang namun mati ketika fajar menyingsing?

2.      Apakah sesuatu yang merah, yang dapat panas membara namun bukan api?

3.      Apakah sesuatu yang bagai es tetapi bisa membara?

Tiga teka-teki tersebut diajukan Turandot dengan sumpah, kepada siapa saja lelaki bangsawan yang ingin menyuntingnya, namun setiap lelaki yang gagal menjawab dengan benar, mendapat hukuman berupa penggal kepala pada saat bulan purnama.

Singkat kisah, Pangeran Tak Dikenal menjawab dengan mudahnya tiga teka-teki Turandot. Pertama dijawab : la Speranza (harapan)!  Turandot terkejut, tetapi masih dengan angkuh, menantang atas teka-teki kedua. Dan Si Pangeran Tak Dikenal menjawabnya dengan mudah : il Sangue (darah)! Kembali Turandot terkejut dan menantang untuk teka-teki terakhir yang dijawab dengan lugas oleh Pangeran Tak Dikenal : Turandot! Di kali ini, Turandot benar-benar tak berdaya!

Walah sudah kalah, Turandot masih emoh dinikahi Pangeran Tak Dikenal. Turandot yang merasa terpojok akhirnya malah meminta Pangeran Tak Dikenal untuk pergi meninggalkannya karena Turandot tak sudi terpaksa dinikahi seorang pangeran Persia, Sebab Turandot serasa diperlakukan bagai budak. Namun Sang Kaisar Putra Kahyangan, ayah dari Turandot mengatakan, jika kesucian sumpah harus dijalankan. Sang Kaisar bahkan yakin, ketika pagi tiba, Si Pangeran Tak Dikenal pasti akan menjadi menantunya.

Pangeran Tak Dikenal begitu tulus mencintai Turandot dan yakin kalau cintanya mampu mengubah kebekuan hati Turandot. Dikisahkan, Pangeran Tak Dikenal berbelas kasihan kepada Turandot, bahwa dia tak ingin Turandot menikahinya karena terpaksa. Disebabkan Turandot dan rakyat Peking masih belum tahu nama sebenarnya Si Pangeran, maka gantian Pangeran Tak Dikenal memberikan pe-er kepada Turandot. Yaitu Turandot harus menyebutkan dengan benar siapa nama sebenarnya Si Pangeran Tak Dikenal sebelum fajar menyingsing. Jika Turandot berhasil, maka ketika fajar terbit, Pangeran Tak Dikenal bersedia mati di tangan Turandot.

Nah, Pembaca,

Di bagian inilah lagu Nessun Dorma mulai dikumandangkan. Kisahnya, atas perintah Turandot, seluruh rakyat di Peking tidak boleh tidur (Nessun Dorma) untuk mencari tahu siapa nama sebenarnya Si Pangeran Tak Dikenal itu sebelum pagi datang. Score ini dimainkan pada babak ketiga bagian pertama. Dimulai dari sekumpulan suara sayup – sayup menyanyikan lirik Nessun Dorma, lalu karakter Pangeran Tak Dikenal menyanyikan Nessun Dorma. Score ini juga termasuk yang memiliki tata instrumentasi yang amat indah didengar. Berikut liriknya dalam Italiano dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia (karena ini karya seni, jadi terjemahan Bahasa Indonesia pun diusahakan memakai gaya puitis)


(Voci lontane) (suara-suara di kejauhan)

Nessun dorma! Tiada yang terlelap!

Nessun dorma! Tiada yang terlelap!

(Il Principe Ignoto) (Pangeran Tak Dikenal)

Nessun dorma! Nessun dorma! Tiada yang terlelap! Tiada yang terlelap!

Tu pure, o’ Principessa begitupun engkau, oh, Sang Putri

nella tua freda stanza dalam dinginnya peraduanmu

guardi le stelle  che tremano memandangi bintang-bintang nan berkelip

d’Amore e di Speranza. untuk asmara  dan harapan.

Ma il mio misterio è  chiusa in Me Rahasia misteriku kan selalu di dalam ku

il nome mio nessun saprà tak seorangpun kan tahu namaku

No! No! Tak kan! Tak kan!

Sulla tua bocca lo dirò Pada mulutmu kelak kan kuungkapkan

quando la luce   splenderà! ketika terang berpendar!


Ed il mio bacio scioglierà il silenzio Dan kecupanku kan pecahkan keheningan

che Ti fa mia! serta membuat mu menjadi milikku!


(Voci di donne) (suara para perempuan)


Il nome suo nessun saprà Tak seorangpun kan tahu nama dia

E noi dovrem, ahimè morir…morir! Dan, aduh, kita harus mati….mati!

(IL Principe Ignoto) (Pangeran Tak Dikenal)

Dilegua o’ notte! Segera beranjaklah malam!

Tramontate, stelle! Terbenamlah, bintang-bintang!

Tramontate, stelle! Terbenamlah, bintang-bintang!

All’alba, vincerò! Saat fajar nanti, ku kan menang!

Vincerò! Vincerò! Ku kan menang! Ku pasti menang!

Pembaca semua,

Ada interpretasi yang mengatakan bahwa lirik pada  Nessun Dorma tsb merupakan cara Pangeran Tak Dikenal “mengejek” Turandot karena yakin Turandot tak akan dapat memenuhi tenggat waktu. Tetapi buat saya secara pribadi, lirik  Nessun Dorma tsb sesungguhnya merupakan pernyataan cinta Si Pangeran Tak Dikenal untuk Turandot dan bahkan di situ ada petunjuk nama sebenarnya Si Orang Asing.

Singkat kisah, Pangeran Tak Dikenal dengan cintanya berhasil menang dan bahkan mampu mengubah Turandot yang berhati dingin menjadi melunak. Turandot bahkan untuk pertama kalinya menangis karena hatinya tersentuh tapi Turandot meminta agar Si Orang Asing pergi meninggalkannya bersama misterinya.

Pangeran Tak Dikenal tak mau pergi. Dia memilih membuka misterinya, dan mengatakan kepada Turandot, bawa dia adalah Calàf putra Timur. Demi melihat Turandot, bahkan meski Calàf menang, dia masih bersedia menyerahkan nyawanya kepada Turandot. Namun Turandot juga mengatakan bahwa dia sudah tahu nama Sang Pangeran. Bahwa namanya adalah :  Cinta.

Kisah berakhir dengan bersatunya Turandot dan Calàf.

Kepada rekan Pembaca yang lebih paham Italiano, diminta bantuannya kalau sekiranya terjemahan Bahasa Indonesia interpretasi saya sendiri di atas, kurang berkenan.

Pembaca,

Semoga Pembaca semua berkenan dengan ulasan saya ini. Silakan Googling untuk mencari beberapa sinopsis lebih lengkap mengenai Opera Turandot ini. Dan supaya para Pembaca bisa juga merasakan keindahannya, berikut saya lampirkan link Nessun Dorma di dalam pertunjukkan Turandot, karakter Il Principe Ignoto menyanyikannya, dimainkan oleh Placido Domingo. Di pertunjukan ini, Domingo memainkannya dengan baik dan adegan ini salah satu bagian yang saya sukai. Saya berharap, untuk bisa menyaksikan langsung Opera Turandot, syukur-syukur dimainkan di setting aslinya, Beijing. Dan  industri fllm di Hollywood atau Walt Disney bisa membuat versi filmnya yang layar lebar seperti The Phantom of The Opera atau versi kartunnya untuk Opera Turandot ini.

Ciao!

Linda Cheang


PS :

Semoga setelah selesai mengulas Nessun Dorma ini, saya benar-benar bisa tidur nyenyak setiap malamnya. :D

About Linda Cheang

Seorang perempuan biasa asal Bandung, suka menulis tentang tema apa saja, senang membaca, jalan-jalan, menjelajah dan makan-makan. Berlatar pendidikan sains, berminat pada fotografi, seni, budaya, sastra dan filsafat

My Facebook Arsip Artikel Website

5 Comments to "Nessun Dorma – Tidak Tidur Yang Bukan Insomnia"

  1. Aida  11 September, 2019 at 19:44

    Baru tahu makna dibalik lagu nessun dorma ternyata menghanyutkan :’

  2. rere nuna  15 August, 2019 at 17:55

    keren teteh

  3. Kofi  19 May, 2019 at 18:32

    Terima kasih, sudah menjelaskan tentang lagu Nessun Dorma… Luar biasa….

  4. Linda Cheang  10 February, 2019 at 18:51

    Riznan terima kasih sudah mampir di oretan saya ini. Kalo saya sempat, saya coba cari video clip lagunya band heavy metal tsb di YouTube atau lagunya saja dari platform lain.

  5. Riznan  2 February, 2019 at 18:59

    Sungguh kisah yang hebat, ironisnya saya tau lagu itu dari sebuah band Heavy metal bernama Manowar di albumnya yang berjudul Warriors Of The World.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.