Advent dan Pasar Natal

Djoko Paisan – Mainz, Jerman


Hallo Baltyra-er…di mana saja anda berada…

Salam Jumpa dengan oret-oretan Dj….

Jujur, untuk tahun ini, Dj. sudah kehabisan ide untuk menulis oret-oretan, karena yang Dj. kirim, hampir semua sudah ditayangkan di hari Selasa….hahahahahaha….!!! E…taunya Hennie, minta agar Dj. kasi oret-oretan yang menyinggung tentang masa Advent….!! (http://baltyra.com/2010/11/30/cookie-time/)

Hennie Triana says:

Minggu pertama Advent tahun ini dimulai pada tanggal 28 November. Mengenai Advent saya tidak mengulasnya berhubung kurang pengetahuan mengenai hal tersebut. Mungkin mas Dj. Paisan yang pasti lebih mengerti dari saya bisa berbagi… (maaf..saya yang menagih tulisannya).


Okay…Dj. tidak akan membahas agama Kristen aliran Advent, tapi “mungkin”, hanya kata advent itu sendiri. Jadi setau Dj., kata Advent berarti menanti, atau menunggu. Terus apa yang ditunggu….????

Benar….!!!

Menanti kedatangan Juru Selamat, untuk orang yang beragama Kristen, Juru Selamat itu adalah Yesus yang adalah Kristus.!!! Jadi…… bukan Yesus Dias tetangganya mbak DA di Brazilia….

Okay…untuk orang Kristen yang bukan penganut aliran Advent, maka kata Advent itu juga ada, karena Yesus pernah berkata, bahwa Dia akan datang kembali, untuk yang keduakalinya. Jadi menanti kedatangan Yesus Kristus untuk keduakalinya.

Nah apa yang Hennie maksud dengan tgl. 28 Nov. adalah masa Advent, adalah masa dimana 4 Minggu sebelum hari Natal. Yang mana umat Kristen mengingat akan kedatangan Yesus 2000 tahun yang lalu dan sampai abad ke 21 ini masih juga dirayakan oleh umat Kristen di seluruh dunia…

Nah tahun 2010 ini Advent pertama (tgl. 28 Nov) kami umat Kristen ditandai dengan menyalakan 1 lilin, kami berdoa bersama-sama dan juga menyanyikan pujian…

Biasanya anak-anak membawakan syair….

Advent..Advent… ein Lichtlein brennt…..!!!  (Advent…Advent…satu lilin kecil menyala)

Erst ein… dann zwei…dann drei…dann vier…. (Pertama 1…kemudian 2…kemudian 3…. kemudian 4…)

Dann steht das Kristkind vor der tür…..!!!  (Kemudian datanglah Baby Yesus di depan pintu….)

Ini photo Advent Kranz yang kami miliki, sedikit lain dari yang biasanya (bundar), tapi kami bikin memanjang, yang penting adalah 4 lilin yang setiap minggu akan bertambah yang dinyalakan. Kalau sudah minggu Advent ke 4, maka semua akan menyala dan anak-anak tau, kalau Natal sudah di ambang pintu.

Dan di mana-mana, ditoko-toko saat ini sudah mendekorasi dan menyajikan suasana Natal dan menjual barang peralatan Natal, serta hadiah-hadiah untuk saling menukar kado….

Banyak juga dijual pohon Natal, karena saat ini masih banyak pilihan, tapi kalau sisa beberapa hari sebelum Natal, biasanya sudah sulit mendapatkan yang bagus…

Di samping itu, di setiap kota, selalu ada pasar Natal, mereka tidak hanya menjual bahan-bahan untuk perayan Natal, tapi juga banyak yang lainnya seperti juga makanan dan minuman penolak rasa dingin….

Nah….di bawah ini, Dj. pamerkan pasar Natal di Mainz tahun 2010, yang Dj. ambil hari Sabtu yang lalu (27 Nov,´10). Kebetulan si ragil pulang, jadi kami bertiga jalan ke Pasar Natal di Mainz…

Nah ini pasar Natal di Mainz dan Dj. harus manjat pager agar dapatkan ini photo…Agar kelihatan sedikit dari atas….hahahaha…!!!

Photo di bawah ini, figur yang mengingatkan kita saat kelahiran Yesus di kandang di Bethlehem. Figuran ini dibikin dari kayu, sebesar sama dengan manusia….

Teruntuk saudara-saudara Dj. yang menganut aliran Kristen Katholik, maka Dj. persembahkan hasil lukisan  Dj. (gambar bakar) ” Bunda Maria bersama Baby Yesus… “

Nah…dari gubug-gubug penjualan barang-barang, baik untuk hadiah, juga untuk peralatan dekorasi Natal.

Lilin yang dibikin sangat kreativ…. Tapi mahalnya maaaak…!!!

Juga figur-figur dari kayu yang lucu-lucu…

Sebelum kita lanjutkan, ayo…siapa mau makan kentang yang sebelumnya diparut dan dicampur dengan tepung dan digoreng….. Hhhhhmmmmm… karena udara yang dingin, walau saat itu masih 0°C, membikin makan kentang goreng yang cukup panas ini sangat nikmat….!!! Dimakan dengan gellee dari apfel…(Apfelmus dingin).

Ini Dj. belikan minuman dari anggur merah yang direbus dengan dibubuhi kayu manis dan gula….Orang Jerman menyebutnya Glühwein, tapi tidak setiap Glühwein sama rasanya, karena setiap orang yang bikin, memiliki resep sendiri-sendiri, entah apa saja yang ditambahkan dalam Glühwein tersebut. Panas dan membuat badan jadi anget….

Bagaimana mas Anoew…. Penjualnya cantik atau tidak….???

Nah…cangkirnya bisa untuk kenang-kenangan saat anda di pasar Natal di Mainz…..(dengan bayar € 1,50).

Nah…setelah banyak jalan, maka….mari kita makan malam dengan Schwenkbraten (Daging bakar). Mau dimakan dengan roti, seperti punya Susi dan Daniel, tapi juga bisa demakan dengan kentang goreng, seperti Dj. punya…

Nah ya….setelah makan kenyang dan puas…maka kamipun pulang.

Minggu sore jam 15:00, kami berangkat antar si ragil ke Trier….Di samping banyak barang bawaannya, sekalian ingin lihat pasar Natal di Trier….

Puji TUHAN….!!!

Dalam perjalanan tidak banyak salju dan jalanan (aspal) bebas salju, jadi kami bisa berjalan dengan lancar….Tidak bisa dibayangkan kalau hari itu turun salju seperti hari Seninnya…..Pasti kami akan merambat dengan kecepatan tidak lebih dari 60Km/Jam.

Puji TUHAN…!!!

Kami sampai di kota Trier jam 17:00 kurang sedikit, tapi sudah gelap seperti malam hari….

Kami langsung mencari gedung tempat parkir dan menuju ke pasar Natal….Pasar Natalnya kecil, tapi rapi dan tidak unyel-unyelan (desak-desakan). Dan untuk mengambil photo juga lebih gampang, walau tidak semua gubuk boleh diphoto…hahahaha…!!!

Mengapa Dj. tertawa, karena pernah ada yang punya gubuk marah dan Dj. pura-pura tidak tau apa yang dia katakan….Dj. terus ambil photo, sampai didorong, suruh jalan terus….hahahahaha….!!! Nah ya, demi BalTyRa, harus mau berkorbankan…???

Dan inilah hasilnya, Dj. sengaja tampilkan lebih banyak yang di Trier daripada yang di Mainz…..Tidak jadi soal kan…???

Bola-bola dari kaca, untuk hiasan pohon Natal dan yang ini tidak dibikin di pabrik, tapi masih hand made. Atau dengan kata lain, mereka tiup dengan mulut….

Ada tulisan (Alles aus Holz) artinya, semua dibikin dari kayu…..Dan Hand Made, olehnya harganyapun sangat mahal….

Bentuk lilin yang dijual di sini, sedikit lain dari yang dijual di Mainz….

Saat di kota Trier, kami tidak makan dan minum di gubug, tapi lebih memilih ke Cafe, karena sangat dingin di luar…Kami makan Pizza dan minum anggur panas (Glühwein) di dalam Cafe. Maaf……., saking laparnya…Sudah selesai makan baru ingat photo….sialan…!!! Hahahahahahahaha….!!!! (Uuupssss…maaf…!!!)

Puji  Syukur kepada TUHAN….!!!, malam itu juga, kami pulang ke Mainz dengan selamat….Dan pagi-pagi mau ngarit, lihat mobil sudah tertutup salju, walau tidak terlalu tebal, tapi cukup bikin susah. Karena harus bersihin, tidak hanya kacanya saja, tapi juga salju di atas mobil…

Karena kalau ada pemeriksaan, akan kena denda….nah ya, olehnya enakan yu Lani di Hawaii dan anda semua yang hidup di tanah air, atau yang tinggal di negara yang suhunya selalu hangat ya….. Jadi iri nih dan kalau sudah dingin begini, inginnya mudik….hahahahaha….!!!

Sorry ya, kalau Dj. mengeluh….!!! Sekali-kali boleh dong ya…. atau tidak boleh…???

Okay…okay….Sudah kebanyakan ya…..???

Terimakasih kepada pengasuh BalTyRa, yang selalu memuat oret-oretan Dj. Juga terimakasih kepada anda semua yang selalu setia membaca oret-oretan Dj. serta mau melihat photo-photo yang Dj. pamerkan….Mudah-mudahan Hennie tidak kecewa dengan apa yang Dj. sajikan di sini ya…

Semoga Hennie dan anda semua boleh dipuaskan dengan oret-oretan Dj. di atas…

Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati anda, terutama soal arti kata ” Advent “.

KASIH  DAN  BERKAT  TUHAN  KIRANYA  SELALU  MENAUNGI  KITA  SEMUA….!!!


Salam manis dari mainz…

Dj. 813

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.