Selamat Hari Ibu

Kuphuathe


Hallo lagi Baltyra -ers…

Sebelum membuat artikel ini, saya sempat merenung dan mengambil nafas untuk siap-siap menggerakkan jari-jari saya untuk mengetik artikel mengenai IBU..

Akhirnya setelah segala kenangan-kenangan masa kecil dikumpulkan, keluarlah ide untuk menulis hehe
TERNYATA….menjadi seorang ibu itu tidak mudah yah Baltyra-ers…

Rasanya hidup ini sibuk sekali setelah menjadi seorang ibu. Dari buka mata sampai tidur, kita tidak ada berhentinya mengurus rumah dan keluarga, belum lagi jika kita bekerja. Betapa beratnya harus juggling dengan keduanya (pekerjaan dan keluarga).

Belum lagi, mulut kita tidak berhenti-hentinya berbicara, menyuruh, mengingatkan, bahkan kadang harus teriak hehe…

“Kamu jangan begini, eh jangan taruh di situ bajunya, coba rapiin kamar kamu, itu coba sepatu ditaruh di tempatnya, makannya cepatan, jangan diemut, haduuuuhhh kamu bisa nyisir rapi gak sih?”

Begitulah contoh-contoh kalimat yang sering keluar dari mulut kita, seorang ibu. Belum lagi keahlian multitasking kita yang dituntut tinggi, ibaratnya sambil menyelam minum air, sambil masak juga bisa sambil mandiin anak..hebat kan…hehe…

Setelah menjadi ibu, membuat saya sangat kagum dengan ibu saya, juga kagum dengan diri sendiri. Rasanya seperti mimpi, wuih dulu saya yang menjadi anak, santai-santai tidak ada pikiran, sekarang malah saya yang heboh mengurusi anak-anak, membuat keputusan setiap saat.

Begitu mulianya seorang ibu, membuat seluruh dunia mempunyai hari ibu setiap tahunnya. Hari ibu ini diprakasai oleh U.S. President Woodrow Wilson, 8 May 1914, ketika dia menandatangani Joint Resolution yang menyetujui setiap minggu ke 2 bulan May akan dibuat sebagai hari ibu.

Tapi tidak semua negara merayakan hari ibu di bulan May. Contohnya Indonesia, hari ibu kita, jatuh tanggal 22 Dec, Perancis: minggu pertama bulan Juni atau minggu terakhir di bulan May, Rusia: November 28, Thailand: 12 Agustus dan masih banyak lagi negara yang merayakannya di bulan yang berbeda.

Australia, merayakan hari ibu (mother’s day) tanggal 9 May tahun ini. Dan di sini, layaknya di negara lain, sangat menghargai hari ibu. Anak-anak sekolah, dari kecil sudah diajarkan setiap tahunnya untuk membuat hasil karya untuk ibu mereka, contohnya saya pernah mendapatkan kalung terbuat dari pasta, kalung dari batu-batuan, bunga dari kertas, kartu ucapan, dan juga kupon hasil karya mereka yang isinya seperti “membantu menyuci piring”, “pijat”, “menjaga adik”, “membereskan kamar”.

Jadi saya bisa memakai kupon-kupon itu sewaktu-waktu saya mau, lucu juga kan hehe…
Sedangkan dari suami, biasanya mereka akan menyuruh istri untuk santai di hari ibu, dengan tidak mengerjakan satu tugas pun di rumah…wow..benar-benar surga di dunia rasanya hari ini..!

Tapi jujur, baru setelah saya tinggal di sini, saya menghargai hari ibu. Waktu di Jakarta, rasanya hari ibu berlalu seperti hari biasa bahkan banyak yang tidak menganggapnya.
Padahal, tidak perlu harus ditandai dengan kado-kado yang indah, tapi dengan kecupan di pipi, atau bahkan sekedar telfon dari seorang anak untuk ibunya, PASTI membuat hati ibu bahagia sekali.

Mereka merasa diperhatikan, disayang, dicintai..

Memang, seringkali ibu tidak pernah berkata apa-apa mengenai perasaannya, hanya senyumnya yang selalu ada untuk menenangkan kita di saat galau – dan dengan cinta dan doanya membuat kita tenteram di mana saja kita berada.

KARENANYA, dengan artikel ini, ijinkan saya mengucapkan selamat hari ibu kepada ibu-ibu Indonesia di manapun kalian berada, dan juga TERIMA KASIH kepada ibu-ibu kita yang telah membesarkan, membimbing dan mencintai tanpa batas.

To all mothers in the world I salute you!

Happy mother’s day Baltyra -ers


Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.