Catatan dari Kona (4)

Lani – Kona, Hawaii


Hello temans nyambung obrolan suka-suka yuuuuuuk…….

What a day! Itu kata pembukaan untuk apa yang kualami sepanjang cruise day kemarin hari Rabu, 17 Nov’ 10.

Seperti biasanya Kona selalu dikunjungi kapal turis seminggu sekali, pada hari Rabu, hal ini menunjukkan betapa ekonomi Amerika masih terseok-seok, sebelum tertimpa krisis Kona selalu dikunjungi 3-4 kapal turis/minggunya.

Jadi bisa ditebak, tiap hari Rabu semua pebisnis di Kona selalu menyambut dengan penuh antusias, kadang memang mendongkrak pendapatan pada hari itu, tapi bisa juga sebaliknya memble!

Yang ingin ku sharingkan di sini pengalamanku kemarin, begitu sampai di tempat kerja baru aja bukak byaaaak! Belum sempat bikin kopi untuk sample orang udah berdatangan berduyun-duyun, aku mbatin : modiaaaaaaaaar gini ini caranya, aku gak mampu menangani sendirian……

Horeeeeeee………1/2 jam kemudian satu teman pegawai, dan boss mencungul mak-nyeeeeeeessssssssss! Lega dapat bala bantuan……

Sehari itu aku gak sempat duduk, gak sempat makan, gak ingat blasssssss……….karena toko rameeeeeeee banget! kadang mbatin, kok ya ada yang beli la wong harga 1 pound 100% Kona coffee itu gak murah je start $ 36 and up mencapai $ 52.00 kok ya ada yang beli, malah ada yang memborong katanya buat kado Natal heheheh…….

Tiap pembelian minimal $ 100, dapat shipping & handling free bisa kami urus pengirimannya tapi only in the USA!

Biasanya aku cuma bikin sample coffee cukup 2 thermos saja untuk seharian, kemarin aku bikin sampai 6 thermos!

Kemarin seharian jalan kesana kemari di toko, sambil mulut ndak brenti nyrocosssss…….sampai bengoren wakakakak…….! Karena harus kasih tau ini itu, juga menjawab pertanyaan dari customers……..kadang pertanyaan mereka lucu-lucu, aneh-aneh, gak masuk akal, kadang memang betul-betul seperti culun hahahahha……

Aku jawab sejauh aku bisa, tahu, kalau tidak tahu aku langsung ngomong sorry, I wish I can answer your question, but I am afraid I can’t……..aku selalu jujur tapi gak keliatan bodoh gitu lo………

Kemudian nanti di balik layar aku tanya ke boss ku, karena dia yang lebih ahli tentang dunia perkopian Kona, boss seusiaku, ce filipin, yang baru aja divorced untuk kedua kalinya, hehehe……opo hubungane yo?????

Aku dan boss memang cuooooooocoooookkkkkk! Mathuk thok-lah……dia orangnya kecil mungil, tingginya sama, dan la iki yang paling jossssss………sama-sama seneng tampil sexy geboiiiiiiii………..tapi aku masih kalah berani sama dia lo kkkkkkk…edyaaaan to? Dia kalau pake hotapant cekak banget, apalagi kalau pake baju wis mini sampai bokong-e ngintip-ngintip juga belahan dada amiiiiiiiiiiiiir! Heheheh……

Baru aja cerai, langsung disamber jokondo-kondo…….joko tuek ngono, polisi airport, langsing, gantenk buat cowo seusia dia 60+++

Pernah liat mereka ketika night out wohoooooooo wessssssss……..jian! Aku mbatin, nanti aku saingi kalau sudah dapat juga yang lokal sini…Kok njuk nglantur, ok back to my story……

Setelah agak sorean, toko udah rada sepi soalnya penumpang kapal udah harus naik kapal jam 5 dan kapal melanjuntukan perjalanan ke KAU’AI.

Ada beberapa kejadian menarik, pertama masuk turis dari CZECH rep. cowo mungkin 50++, biasa omong punya omong jadi ngobrol selain dia njajal kopi juga…….

Dia aku tanya asalmu dari mana, dijawab kemudian dia tanya balik la kamu? Thailand ya?

Aku geleng-geleng, dia nanya lagi dari mana to, aku kan udah kasih tau kamu…..

Sambil nyengir kuda, aku jawab Indonesia. Dia samber aku udah pernah ke negaramu, Bali, Lombok……..sangat indah……aku jawab: negaramu juga indah kok wlu aku belum pernah kesana satu saat nanti. Dia jawab: kamu tau to di mana itu Czech? Jelas tau dunk aku melek atlas je ngakak……

Aku tanya, udah brp kali ke Hawaii, travel dengan siapa? Dia bilang udah ke Hawaii 2 kali, travel sendirian, my wife is working, I’ve one son 13 years old.

Kemudian dia asking me: may I take pictures of you? Langsung aku samber: of course, why not……..let’s do it!

Aku bergaya ria di toko sambil megang kopi di tangan kanan dan kiri, seperti model iklan wakakkaak…….

Dia ceprat-cepret beberapa kali……

Aku minta untuk mengirimkan via email, end up tukar email address.

Dia ternyata guru ekonomi, tapi titelnya engineer, istrinya guru languages wes pasangan yang pinter!

Dia kasih bisnis card dengan pesan jugan lupa kalau nanti balik ke Eropa, let me know……kalau kamu mampir ke Czech rep kontak aku, kamu boleh tidur di rumahku……..

O, wow! What a nice warm welcome………jelas aku ora bodo, kalau travel ke sana ajak konco to……emoh ah dewean, ya kalau bener dia di rumah ada istri, anak, kalau single heheheh…..ngalamat masuk mulut buaya daratan to?????

Akhirnya dia harus segera munggah kapal, dan baru akan nyampe Czech seminggu yad…..nanti kalau foto-fotonya dikirim aku share dengan kalian ya…….wait!

Kedua masuk sepasang suami istri buleleng…ramah orangnya….dan mereka beli kopi, pasangan ini 6 bulan tinggal di CA, 6 bulan di Honolulu, mereka punya rumah di 2 state.

Istrinya tiba-tiba ngomong: kami celebrate datang ke sini lagi dan akan balik jalan-jalan ke Indonesia, karena aku baru aja dinyatakan bebas cancer! Langsung aku tawarkan hugs, aku crita sedikit kalau aku kehilangan suami karena kanker……tiba-tiba suaminya: saya pernah tinggal di Indonesia ………tuing……….tuing…….tenk! Kaget hampir kejengkang aku……..sampai melotot!

Woalah…….dunia kok semangkin sempit ae to…..kemudian aku langsung balas pakai bahasa Indonesia, istrinya cuma ndlongop koyok sapi ompong kkkkkk……..

Aku tanya ngapain di Indonesia, berapa lama, di mana dst……dia bilang: kuliah di ITB ambil jurusan politik selama 6 bulan……aku samber what? Politik? Emank apa yang menarik study politik Indonesia? Gumun wae lah aku sing wong Indonesia wae ora ketarik blasssssss……….la wes politik kalau koyok Gayus……..cakil……..orang-orangnya buat apa? Rugi thok  to?

Segera sang istri ngasih bisnis card, dan kita memproklamirkan jadi teman, sang istri buka topinya kasih liat kalau rambute rontok karena treatment chemonya.

Tiap kali aku ngajak ngobrol pake bahasa Indonesia, aku kudu ngrangkep dadi penerjemah agar istrinya melu mudenk…….

Kami akan mulai email2-an……ketika mau pisah, aku bilang: sampai jumpa lagi……si suami malah balik dan aku di hugs serta dicium cipika-cipiki………hehehe

Well, sebenarnya di Hawaii itu sangat ramah orangnya, belum kenal cuma ketemu mereka langsung hugging, cium kanan kiri, tapi kadang milih-milih bukan milih sing ayu, gantenk………tapi yo kadang iyo je…..yang utama emoh ah kalau di hug sama orang yang gojos-gojos kringeten! Biasanya aku jaga jarak, cuma ngacungke tanganku salaman, sak dowo lenganku jadi gak deket-deket banget, sebaliknya kalau buleleng muda, gantenk dan segerrrrrrrr………..ngakak aku sama nulis iki……langsung sikep krakettttt……..seperti kena lak-ban dasar subo edyaaaaaaaaan!

Eman-eman to kalau tidak sampai kraket, gak bisa ngrasak-e kekekaran badan buleleng tsb…….

Ketiga, ada cowo buleleng mungkin late 30’s masuk tanya-tanya tentang kopi, seperti biasanya end up ngobrol, dia dari CA tapi tiap bulan ke Hawaii karena dia sales tehnisi alat-alat kedokteran……..

Wajahnya menarik hehehe……..cuma aku tau dia gak single, jadi ora iso disamber…….liat dari jari manis tangan kiri ada cincin kawin melekat tapi yo emboh dink sapa tau cuma hobby pakai di jari manis ya kan……

Dasar gak iso kalem kalau lihat cowo rodo kinclong! Kudu ditelusuri asal muasalnya…….mmmmmm…..inilah keuntungan kerja sebagai sales ya? Gak iso meneng, nyrocos terus koyok bakul obat di pinggir jalan………

Setelah cowo ini pamit aku segera tutup toko, beberes……jam 5:45 sore toko aku kunci, melanjutkan kerja di tempat satunya sampai jam 8 malam, untung juga di toko satunya ada sepasang turis dari UK, masih muda yang cewek kulitnya merah bak kepiting direbus, kami juga ngobrol agak panjang…….mereka plesir ke big island selama 3 minggu ini pertama kali ke Hawaii……. tapi mereka cuma milih ke satu pulau, mereka bilang Hawaii sangat indah, kami iri sama kamu yang matahari selalu mencungul, nanti kami balik sudah dinginnnnnn……aku ketawa sambil ngomong: ya, memang beginilah aku untung tinggal di sini, karena memang gak suka winter…….sambil tanya-tanya kapan saat pulang tepat ke UK cuaca anget? Mereka bilang Juni is best! Untung hehehe……selalu bawa mas untung, malam itu jualanku juga laku ada 2 pasang turis datang dan membeli…….tapi tetep aja toko kopi is best kemarin karena bisa mencapai $ 1,500/hari! Coba kalau ekonomi balik seperti dulu, wah cepat sugih iki bossku, tapi jelas aku juga ingin dapat salary tambah wekekeke……..la pegawai kayak gini pinternya (sombong ya?!) kalau gaji gak naik yo iso mlayu lah……..dan biasanya mereka gak ingin aku keluar, tenan iki.

Itu saja sharing crita kemarin……

Saat ini mataharinya wis mencorong……..mau mandi, kemudian diajak teman jalan-jalan karena hari ini start kerja jam 5 sore sampai toko tutup.

Salam selalu dari Kona…


Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

99 Comments to "Catatan dari Kona (4)"

  1. Lani  11 January, 2011 at 22:55

    MAMIKATISHA: mahalo udah mampir, dan komentar……ok, sorry about boso Jowo……pertanyaanku, kamu asal darimana? ok, nanti japri aja ya…….

  2. mamikatisha  11 January, 2011 at 16:35

    wallllaaaah lani my dear…bc tulisanmu yg iki mengerniyt jidatku krn boso jowo aq ora ngertiii…tpoverall isolah…nebak2..gile jg yaa…km kerja dua tmpat…

  3. Lani  8 January, 2011 at 03:35

    ROSDA : mahalo…..wes mampir, dan komentar………ya gitulah tujuan-e biar yg baca santai……..ndak stress heheeh……..kdg ora ngerti bosone, ya boleh nanya……..baru aja dirimu kutanyakan di artikel mas Monggo……….malah saiki mencungul di artikelku………..iki wis jilid 4……….msh nyambung terus………hehehe

  4. Rosda  8 January, 2011 at 03:31

    Mbak Lani, critamu boso ne campur-campur…tapi jadi enak kayak gado-gado, segar dan legit….hahahahaaa

  5. Lani  8 January, 2011 at 02:46

    NEV : salaaaaaaaaaah nganggo banget! kamis, dan jum’at aku liburrrrrr……..kok malessssss lari? wah mengko gembul tuh peruttttttt……….wis ora iso turu tenan kowe dimaz……..kowe tak senggol di artikel mas DJ……

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *